7 Cara Membersihkan Casing HP Agar Kembali Bening

Maret

23

0 comments

JETE Indonesia – Membersihkan casing HP secara teratur adalah langkah penting untuk menjaga penampilan smartphone kamu tetap bersih. Dengan melakukan perawatan yang tepat, kamu dapat mengembalikan kilau dan kebersihan casing HP seperti baru. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan casing HP yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan casing yang bening.

Penyebab Casing HP Kuning

cara membersihkan casing hp
Sc: Bisnis

Sebelum kamu memahami cara membersihkan casing HP, pahami terlebih dahulu beberapa penyebab casing HP menjadi kuning. Berikut penjelasan selengkapnya!

1. Sinar Matahari 

Penyebab yang pertama adalah karena sinar matahari. Casing yang terpapar sinar matahari secara berlebihan dapat mengakibatkan perubahan warna yang menjadi lebih jelas, terutama pada casing bening. Hal ini dikarenakan sinar matahari bisa merusak pigmen dan material yang digunakan dalam casing.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Keringat Tangan 

Selain sinar matahari, casing menjadi kuning juga bisa disebabkan oleh keringat tangan. Saat kamu menggunakan HP, keringat tangan yang terbawa saat bersentuhan dengan casing bisa menyebabkan penumpukan kotoran dan kelembaban. Terlebih lagi, jika kamu menggunakan cream atau lotion yang dapat meningkatkan kelembaban dan menyebabkan casing lebih cepat kotor dan menguning.

3. Meletakkan HP di Tempat Kotor

Penyebab yang terakhir adalah meletakkan casing di tempat yang kotor. ketika HP disimpan di tempat kotor, seperti saku yang berdebu atau meja yang tidak terlindungi. Casing akan rentan terkena debu, tetesan air, atau abu rokok yang mengakibatkan perubahan warna menjadi kuning. Terutama untuk casing HP bening yang rentan terhadap noda dari lingkungan sekitarnya.

Baca juga: 7 Aplikasi Produktif yang Wajib Kamu Coba Di Kehidupanmu

7 Cara Membersihkan Casing HP

cara membersihkan casing hp
Sc: Berita99

Setelah kamu memahami penyebab HP berwarna kuning. Mungkin kamu penasaran bagaimana cara membersihkan casing hp yang menguning. Terdapat beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi casing kuning. Selengkapnya simak artikel berikut!

1. Pemutih Pakaian

Cara membersihkan casing hp yang menguning dapat kamu lakukan menggunakan pemutih pakaian. Campurkan pemutih ke dalam air hangat dan aduk hingga larut. Selanjutnya, rendam casing ponsel kedalam larutan tersebut selama beberapa menit sampai warnanya kembali transparan. Pastikan juga untuk menggunakan sarung tangan dan celemek karena bisa berbahaya bagi kulit ketika terkena cairan pemutih.

2. Hand Sanitizer

Kamu mungkin tidak menyangka bahwa hand sanitizer dapat digunakan untuk membersihkan casing HP yang kotor dan bernoda. Caranya sederhana, cukup tuangkan cairan hand sanitizer ke bagian casing yang kotor dan gosok perlahan menggunakan kapas. Hand sanitizer efektif untuk menghilangkan noda dan kotoran pada casing HP, namun pastikan untuk membersihkannya dengan lembut agar tidak merusak permukaan casing.

3. Pasta Gigi

cara membersihkan casing hp
Sc: Berita99

Selain hand sanitizer, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkan casing hp yang menguning. Caranya juga cukup mudah, oleskan pasta gigi ke permukaan casing yang menguning, lalu gunakan sikat gigi bekas untuk menggosoknya hingga noda menghilang. Setelah itu, bilas casing dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa pasta gigi dan kotorannya, kemudian keringkan dengan kain bersih dan casing siap dipakai.

Baca juga: 7 Aplikasi Produktif yang Wajib Kamu Coba Di Kehidupanmu

4. Sabun Cuci Piring

Cara membersihkan casing HP yang menguning juga bisa menggunakan sabun cuci piring seperti yang digunakan untuk membersihkan peralatan makan. Caranya mirip dengan mencuci piring, cukup teteskan sedikit sabun cuci piring ke dalam spons atau kain microfiber, lalu gosok casing HP hingga bersih. Pastikan untuk membilasnya hingga bersih dan keringkan dengan kain bersih sebelum menggunakan casing.

5. Minyak Kayu Putih

Kamu dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkan casing HP yang menguning. Caranya cukup teteskan minyak kayu putih ke kain microfiber dan gosokkan ke bagian casing yang menguning sampai bersih. Setelah itu, lap casing dengan kain hingga kering dan tidak lengket. Meskipun tidak memberikan hasil yang sangat optimal, minyak kayu putih dapat mengurangi noda pada casing HP dengan cara yang mudah dilakukan.

6. Garam

cara membersihkan casing hp
Sc: Halodoc

Berbeda dengan sebelumnya, bumbu dapur seperti garam juga dapat kamu jadikan sebagai cara membersihkan casing hp bening. Campurkan satu tetes odol, sabun cuci piring, satu sendok teh garam, dan ½ cangkir cuka putih ke dalam air bersih. Rendam casing dalam campuran ini selama 15-20 menit, lalu bilas dan keringkan.

7. Penghapus

Cara membersihkan HP yang terakhir adalah menggunakan penghapus. Kamu dapat menggunakan penghapus untuk membersihkan casing HP yang kotor, terutama pada casing dengan finishing matte. Caranya cukup gosokkan penghapus ke bagian casing yang kotor dan casing akan kembali bersih.

Baca juga: Kenapa HP Tidak Bisa Buka Link? Ini Penyebabnya!

Penutup

Demikian cara membersihkan casing HP yang dapat kamu coba. Pastikan untuk mengikuti tips di atas menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari. Sehingga kamu dapat mengubah casing-mu menjadi bening kembali. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan skin cover hp yang tersedia di official Jete store Indonesia untuk melindungi casing HP dari kotoran dan paparan lingkungan yang dapat menyebabkan perubahan warna.

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 9, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb