7 Aplikasi Produktif yang Wajib Kamu Coba Di Kehidupanmu

Februari

29

0 comments

JETE Indonesia – Dalam segala urusan baik itu sekolah, kuliah, dan kerja. Semua itu pasti memiliki tanggung jawab dan perannya masing-masing, terutama ketika ada urusan tugas maupun kegiatan yang sangat padat. Seringkali, kebanyakan orang kerepotan untuk menyelesaikan semuanya. Namun, di zaman yang serba digital sekarang ini ada aplikasi produktif yang bisa membantu aktivitas keseharianmu, baik itu mengatur tugas dan kegiatan yang padat.

Aplikasi penunjang produktif tentunya memiliki kelebihan untuk membantu kamu menjalani kehidupan yang lebih efektif dan efisien. Mengingat banyak juga aplikasi yang tersedia dengan fitur kelebihannya masing-masing. Maka, di artikel berikut kami akan membahas seputar aplikasi penunjang produktif yang wajib kamu coba. Simak terus artikel berikut!.

Apa Itu Aplikasi Produktif?

Aplikasi Produktif
sc: Freepik

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang aplikasi penunjang produktif, kamu perlu mengenal terlebih dahulu apa itu aplikasi produktif? Aplikasi produktif adalah perangkat lunak yang dibuat khusus untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kinerja dalam menjalankan tugas sehari-hari. Aplikasi ini juga bisa digunakan oleh siapapun dan digunakan di berbagai bidang, seperti pekerjan, perkuliahan, sekolah, bahkan kehidupan sehari-hari.

Umumnya tujuan aplikasi ini adalah untuk mengoptimalkan penggunaan waktu, meningkatkan efisiensi, mengurangi stres, dan mencapai hasil yang lebih baik. Selain itu, keefektifan aplikasi ini juga tergantung seberapa mahir kamu dalam memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia.

Baca juga: 7 Aplikasi Olahraga Terbaik Agar Hidupmu Semakin Sehat

Manfaat Pakai Aplikasi Produktif

Aplikasi Produktif
sc: Freepik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, aplikasi produktif memiliki tujuan untuk membantu suatu pekerjaan lebih mudah. Bahkan, aplikasi penunjang produktif juga bisa menjadi partner dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh jika menggunakannya, diantaranya:

  • Meningkatkan efisiensi dalam menyelesaikan tugas yang berulang
  • Membangun kerjasama yang lebih solid antar tim
  • Memahami batasan dan kemampuan pekerjaan kamu
  • Membuat jadwal yang sesuai dengan kemampuan dalam tim
  • Memantau kemajuan tim secara langsung melalui dashboard interaktif
  • Mengintegrasikan dengan aplikasi lain
  • Meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan
  • Memungkinkan semua anggota tim untuk mengakses pembaruan pekerjaan dengan cepat.

Baca juga: 11 Aplikasi Touch Screen Test untuk Mendeteksi Masalah Layar Sentuh

Rekomendasi Aplikasi Produktif

Setelah kamu mengenal aplikasi produktif dan manfaatnya. Berikut ini ada beberapa aplikasi penunjang produktif yang bisa kamu coba, pastikan juga kamu memilih aplikasi sesuai kebutuhan. Yuk simak selengkapnya berikut ini!

1. Google Calendar

Aplikasi Produktif
sc: GCFGlobal

Aplikasi penunjang produktif yang pertama adalah Google Calendar, sebuah aplikasi manajemen waktu dari Google yang membantu kamu mengatur agenda dengan efisien. Fitur utama yang dimiliki adalah kolaborasi tim dengan membagikan jadwal kepada rekan kerja, teman, dan keluarga.

Selain itu, Google Calendar juga bisa mengintegrasikan dengan aplikasi lain. Hal ini bisa membantu kamu untuk selalu up-to-date dengan jadwal pribadi maupun tim dan mendapatkan pemberitahuan yang tepat waktu saat acara telah tiba.

2. Notion

Aplikasi Produktif
sc: Notion

Selanjutnya adalah Notion, salah satu aplikasi penunjang produktif terbaik berkat fitur lengkapnya yang membantu kamu tetap produktif. Dengan Notion, kamu bisa  mengatur tugas, proyek, dan catatan secara fleksibel. Fitur-fitur seperti database, pengaturan halaman, dan integrasi membuat Notion menjadi pilihan utama bagi banyak orang dan tim dalam mengelola informasi dan proyek secara efisien.

Selain itu, Notion juga menyediakan Fitur template bawaan yang membantu kamu untuk memulai dengan cepat dalam berbagai konteks, mulai dari manajemen proyek hingga pembuatan jurnal pribadi. Kemampuan untuk membuat template kustom memungkinkan kamu untuk menyesuaikan Notion dengan kebutuhan spesifik dalam kehidupan.

3. Trello

Aplikasi Produktif
sc: Trello

Trello adalah platform cerdas dan populer yang didesain untuk memudahkan pengelolaan, pengaturan, dan berbagi segala hal, mulai dari tugas sederhana hingga manajemen proyek yang kompleks. Tampilan Trello juga tidak sekompleks Notion. Sehingga, aplikasi produktif ini sangat cocok bagi kamu yang suka tampilan simpel.

Dengan fitur drag and drop yang praktis, kamu bisa membuat kartu kerja berisikan project-project yang kamu miliki. Selain itu, Trello juga menyediakan kolaborasi untuk membantu kamu mengelola project tim dengan baik.

Baca juga: Daftar Aplikasi dan Website Belajar Mengetik 10 Jari Lengkap!

4. Evernote

Aplikasi Produktif
sc: Evernote

Hampir sama dengan Notion, Evernote berguna untuk mengatur dan mencatat informasi penting terkait bisnis maupun kegiatan pribadi. Dengan fitur-fitur seperti pembuatan catatan, penyimpanan file, dan kemampuan sinkronisasi antar perangkat, Evernote memungkinkan kamu untuk menyimpan dan mengakses informasi secara fleksibel saat dibutuhkan.

Keunggulan utama Evernote terletak pada kemampuannya untuk menyimpan catatan dalam berbagai format, mulai dari teks, gambar, suara, hingga lampiran file. Fitur sinkronisasi juga berguna buat kamu untuk mengakses catatan secara konsisten di berbagai perangkat.

5. Todoist

Aplikasi Produktif
sc: Todoist

Todoist merupakan aplikasi yang membantu kamu untuk tetap terorganisir dalam mengerjakan tugas dan mengingat aktivitas sehari-hari. Aplikasi ini juga memberikan ringkasan harian tentang tugas-tugas yang perlu kamu lakukan, serta memungkinkan kamu untuk mengatur tugas-tugas menggunakan fitur Favorit, Bagian, dan sub tugas.

Selain itu, Todoist juga bisa membantu kamu untuk berkolaborasi dengan orang lain, sehingga kamu bisa mendelegasikan tugas atau berbagi pekerjaan yang sudah kamu selesaikan.

6. Forest

Aplikasi Produktif
sc: Forest

Jika kamu termasuk orang yang sulit untuk fokus, aplikasi Forest adalah jawabannya. Forest adalah aplikasi yang berguna untuk mengurangi gangguan digital. Dengan menggunakan konsep menanam pohon virtual, aplikasi ini tidak hanya membantu kamu tetap fokus pada tugas, tetapi juga memberikan elemen permainan yang menyenangkan untuk meningkatkan motivasi.

Fitur pemblokiran sementara yang ditawarkan oleh Forest juga membantu kamu untuk meminimalisir gangguan dari aplikasi lain, panggilan, atau situs web yang mungkin mengganggu konsentrasi. Bahkan dengan adanya fitur pembangunan hutan virtual bisa memberikan gamifikasi yang menginspirasi kamu untuk konsisten produktif.

7. Asana

Aplikasi Produktif
sc: Asana

Aplikasi penunjang produktif yang terakhir adalah Asana, sebuah aplikasi yang sangat cocok untuk organisasi dengan banyak tim dan proyek. Fitur seperti Gantt Chart, manajemen tugas, dan pelacakan proyek, Asana membantu kamu untuk mengkoordinasikan aktivitas tim, membagi file, dan mengelola tugas secara efisien.

Kemampuan untuk berbagi informasi dengan individu atau kelompok, serta melaporkan pekerjaan dalam satu tempat terpusat, memungkinkan tim untuk tetap terorganisir dan terfokus pada tujuan bersama. Dengan fitur tambahan seperti lampiran dokumen, komentar, label, subtasks, dan deskripsi, Asana juga memberikan fleksibilitas yang kamu butuhkan untuk mengelola proyek.

Baca juga: Mengenal Fitur Flipside Instagram dan Cara Menggunakannya

Penutup

Tips Meeting Online-3
sc: Pexels

Itulah deretan aplikasi produktif yang bisa kamu coba, dengan menggunakan aplikasi yang disebutkan di atas dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan dengan mudah untuk mengatur tugas maupun pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Jangan lupa juga gunakan holder hp untuk memudahkanmu dalam menggunakan smartphone tanpa harus memegangnya secara langsung. Dengan demikian, kamu bisa fokus pada tugas-tugas produktifmu tanpa terganggu oleh kegiatan lain. Yuk dapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Juli 13, 2024

Juli 9, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

About the author, JETE Contributor