Bodi Mirip, Ini Perbedaan iPhone SE 2020 vs iPhone 8

Bodi Mirip, Ini Perbedaan iPhone SE 2020 vs iPhone 8

Apple telah mengganti iPhone 8 dengan versi baru iPhone SE yang sangat populer. Kedua perangkat ini tampak serupa jika dibandingkan. Benar-benar tidak ada persaingan antara kedua perangkat ini. Meskipun Anda mungkin menemukan iPhone 8 berkurang sekarang setelah dihentikan, iPhone SE 2020 dimulai dengan harga yang jauh lebih murah, memiliki desain yang sama, prosesor yang ditingkatkan, kamera yang lebih baik, dan cocok atau meningkat pada pendahulunya di setiap bagian.

Apple telah mengumumkan anggota baru, lebih murah dari jajarannya. IPhone SE mengikuti dari namanya yang sangat populer yang debutnya pada tahun 2016, tetapi model yang diperbarui menyisakan sasis kecil dan bukannya mengadopsi desain yang digunakan Apple pada iPhone 7 dan iPhone 8. Tampaknya juga iPhone SE 2020) telah menggantikan yang terakhir dalam katalog saat ini, jadi kita akan melihat perbandingan kedua perangkat tersebut.

Apple mengumumkan iPhone SE baru pada 15 April, dengan pre-order dari toko Apple dimulai pada 17 April dan perangkat dirilis seminggu kemudian pada 24 April.

Ada tiga kapasitas penyimpanan yang tersedia, dengan harga sebagai berikut:

64GB £ 419 / $ 399 / Rp 6,3 jutaan

128GB £ 469 / $ 449 / Rp 7 jutaan

256GB £ 569 / $ 549 / Rp 8,6 jutaan

Dengan rilis iPhone SE 2020, Apple telah menghentikan iPhone 8. Anda mungkin masih bisa mengambilnya dari toko smartphone atau pengecer lain, jadi mungkin ada baiknya mencari-cari beberapa penawaran iPhone 8 yang masih tersedia.

Desain dan Build Quality

Seperti yang disebutkan di atas, Apple telah memilih untuk menempatkan iPhone SE (2020) dalam sasis yang sama dengan iPhone 8, sehingga ada sedikit perbedaan di antara mereka. Keduanya memiliki dimensi 138,4 x 67,3 x 7,3mm yang umum dan berbobot 148g.

Ada juga paritas ketika datang ke speaker, port, dan tombol kontrol. Tentu saja, ini berarti SE baru tidak memiliki fitur jack headphone, tidak seperti model sebelumnya yang memakai namanya.

Tidak ada Face ID pada SE baru, maka alasan untuk tombol Home dengan Touch ID, sama seperti iPhone 8. Ini juga berarti bahwa Anda terhindar dari ‘takik’ yang bisa menjadi gangguan bagi sebagian orang.

Ruang yang diambil oleh tombol Beranda juga menentukan bahwa panel layar adalah varian 4.7in yang dulu standar. Ini membuatnya lebih kecil daripada yang ditawarkan oleh iPhone XR, 11 dan 11 Pro, tetapi jika Anda berasal dari iPhone 6, 6s atau 7 maka itu akan menjadi wilayah yang sangat akrab.

Membalik perangkat menunjukkan lensa kamera tunggal di sudut kiri atas, dan sementara SE dapat membanggakan beberapa perbaikan fotografi (seperti yang akan kita lihat di bawah), tidak ada perbedaan fisik di luar. Bahkan, satu-satunya cara untuk dengan mudah memberi tahu masing-masing perangkat ini dari satu sama lain adalah warna bingkai. IPhone 8 datang dalam warna Emas, Perak atau Abu-abu, sedangkan iPhone SE tersedia dengan pilihan warna Hitam, Putih atau Merah.

Keduanya memiliki peringkat IP67, sehingga mereka akan bertahan hidup direndam hingga 30 menit dalam air kurang dari satu meter. Dilihat oleh spesifikasi di situs web Apple, perangkat juga berbagi kapasitas baterai yang sama, dengan pengisian nirkabel dan fitur pengisian cepat tersedia (yang terakhir jika Anda membeli pengisi daya 18W yang tidak termasuk dalam kotak).

Fitur dan Spesifikasi

Prosesor

Judul utama sebenarnya dari iPhone SE 2020, selain dari harga yang sangat masuk akal, adalah dimasukkannya prosesor B13 A13, yang sama dengan yang digunakan di iPhone 11 dan 11 Pro. Ini adalah peningkatan yang nyata dibandingkan Bionic A11 yang ditemukan di jantung iPhone 8.

Chip yang lebih cepat, bersama dengan Neural Engine generasi ketiga, memungkinkan iPhone SE untuk bekerja lebih cepat dan juga memperkenalkan Mode Potret dengan Pencahayaan Potret ke kamera lensa tunggal, sesuatu yang tidak pernah dapat dicapai oleh iPhone 8.

Penyimpanan

Ketika iPhone 8 pertama kali tiba, ia datang dengan tiga pilihan penyimpanan – 64GB, 128GB, dan 256GB – tetapi ini dipangkas menjadi yang pertama dan terakhir saat Apple mengacak susunan produknya selama beberapa tahun terakhir. IPhone SE 2020 menawarkan tiga opsi yang sama sejak awal, mungkin menggunakan penyimpanan flash kecepatan yang sama.

Tampilan

Sekali lagi, ada sedikit perbedaan dalam elemen ini, dengan kedua perangkat dilengkapi dengan 4,7in panel Retina HD IPS yang berjalan pada resolusi 1334 x 750 dan menawarkan 326ppi. Pada keduanya Anda akan menemukan tampilan True Tone, rasio kontras 1400: 1, kecerahan maksimum 625 nits, tampilan warna lebar (P3), dan dukungan untuk konten Dolby Vision dan HDR10

Tetapi ada satu perbedaan: iPhone SE 2020 menggunakan teknologi sentuh Haptic (berapa lama Anda memegang layar) sementara iPhone 8 bergantung pada 3D Touch yang lebih lama (berapa banyak tekanan yang Anda terapkan pada layar).

Kamera

Seiring dengan peningkatan prosesor, kamera juga telah di-tweak untuk memberikan beberapa fitur tambahan pada iPhone SE (2020). Keduanya memiliki kamera aperture 12MP, f / 1.8 dengan OIS, zoom digital 5x, dan True Tone flash dengan sinkronisasi lambat. Namun, berkat chip B13 A13 dan Mesin Neural, iPhone SE (2020) menambahkan mode Potret dengan bokeh canggih dan kontrol kedalaman yang sebelumnya disediakan untuk iPhone XR, XS, XS Max, 11 dan 11 Pro.

Ini juga memiliki pencahayaan Portrait yang menambahkan enam efek pada gambar Anda, ditambah Smart HDR generasi berikutnya sebagai lawan dari HDR Otomatis pada iPhone 8. Mode Potret juga tersedia pada kamera menghadap depan iPhone SE 2020 juga, sedangkan itu tetap absen di iPhone 8.

Video dekat, dengan perangkat mana pun yang dapat menangkap hingga 4K pada 24fps, 30 fps atau 60fps, dengan OIS dan zoom digital hingga 3x. Sekali lagi, Apple telah memberkati iPhone SE 2020 dengan kualitas tambahan, termasuk rentang dinamis yang diperluas untuk video hingga 30fps, video QuickTake, dan perekaman stereo. Seperti yang kami katakan, ini adalah tweak, tetapi semua akan membuat rekaman Anda sedikit lebih banyak dari pada model lama.

Konektivitas

Ini ‘seperti Anda’ di departemen ini juga untuk sebagian besar hal, tetapi iPhone SE (2020) memang diuntungkan dengan upgrade ke WiFi 6 dan LTE kelas Gigabit, sedangkan iPhone 8 memaksimalkan WiFi 5 dan LTE yang canggih. Keduanya mendukung Bluetooth 5, NFC (untuk Apple Pay), GPS, dan semua band pembawa normal.

Simpulan

IPhone 8 tetap menjadi perangkat yang kokoh bagi mereka yang lebih suka handset yang lebih kecil dan lebih ringan yang digunakan Apple, tapi yang kini digantikan oleh iPhone SE 2020. Desain yang ringkas muncul pada keduanya, tetapi berada di bawah permukaan di mana model yang lebih baru mengambil beberapa langkah serius ke depan. Keputusan Apple untuk memasukkan prosesor B13 A13 menjamin bahwa A13 akan menjadi semacam roket saku yang menjadikan SE asli menjadi favorit para pemiliknya.

Tambahkan ke ini mode kamera ditingkatkan, konektivitas ditingkatkan, dan harga yang sangat terjangkau, dan Anda mendapatkan pemenang yang jelas. IPhone SE 2020 tidak hanya lebih baik dari iPhone 8, itu juga akan menjadi iPhone yang jauh lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp