Begini Cara Melihat Google Maps Agar Tidak Kesasar Lagi 

Februari

24

0 comments

JETE Indonesia – Seperti yang diketahui, Google Maps merupakan layanan penyedia peta digital dan navigasi yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Meski dibuat untuk menampilkan rute terbaik bagi penggunanya, namun tak jarang Google Maps juga memberikan peta perjalanan yang justru menyulitkan penggunanya. Biasanya terjadi karena titik lokasi kurang tepat atau tidak dapat ditemukannya lokasi yang dimaksud di Maps. Akhirnya banyak orang yang malah kesasar saat menggunakannya. Lalu apa bagaimana cara melihat Google Maps agar tidak kesasar lagi? Yuk simak selengkapnya berikut ini. 

Cara Melihat Google Maps Agar Tidak Kesasar Lagi 

Melihat rute Google Maps memang gampang-gampang susah, terlebih lagi saat Anda berada di wilayah yang sama sekali asing karena baru pertama kali berkunjung. Karena itu berikut tips cara melihat Google Maps yang bisa Anda coba. 

1. Jangan Gunakan Fitur Batter Saving

Hal ini dikarenakan fitur tersebut bisa membatasi penggunaan aplikasi sehingga daya yang digunakan akan menjadi sedikit. Jika Anda mengaktifkan fitur ini maka bisa berdampak pada akurasi rute yang dibuat oleh Google Maps jadi menurun.

2. Aktifkan GPS pada Mode ‘High Accuracy’

Pastikan untuk mengaktifkan GPS Anda pada mode ‘High Accuracy’ agar titik lokasi pengguna dan rute yang diberikan menjadi lebih akurat. Namun hal ini bisa membuat baterai terkuras lebih banyak. Akan lebih baik jika Anda memiliki powerbank sebagai cadangan. 

Baca juga: 6 Trik Tersembunyi Google Maps yang Harus Anda Ketahui

3. Cara Melihat Google Maps dengan Membersihkan Cache 

Jika Anda sering menggunakan aplikasi Google Maps, sebaiknya bersihkan data cache yang ada untuk menghindari gangguan kinerja pada aplikasi.

4. Kalibrasi Sensor Kompas 

Google Maps menggunakan sensor magnetometer yang berada pada ponsel untuk melacak dan mengukur lokasi pengguna dengan tepat. Karena itu, Anda bisa melakukan dikalibrasi secara berkala atau setiap Goole Mapas memberikan lokasi yang tidak akurat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka aplikasi Google Maps lalu tekan ikon lingkaran biru yang menunjukkan lokasi Anda saat ini dan pilih Calibrate. Setelah itu coba gerakkan ponsel Anda hingga membentuk pola mirip angka 8. Saat sudah melakukannya, maka sensor di Google Maps telah berhasil dikalibrasi. 

5. Nonaktifkan Lokasi Palsu 

Bagi Anda pengguna lokasi palsu atau mock location, maka coba matikan hal tersebut. Ini adalah salah satu cara melihat Google Maps dengan baik agar tidak kesaasar, karena jika Anda tetap menggunakan mock location maka Google Maps akan kesulitan untuk menampilkan data dengan akurat. 

Baca juga: 9 Game Google yang Belum Banyak Orang Ketahui

Cara Mellhat & Menjelajah Google Maps 

Bagi Anda yang masih belum tahu cara melihat Google maps dengan benar, bisa ikuti beberapa langkah berikut ini. 

  • Buka aplikasi dan tuliskan alamat atau telusuri tempat yang ingin di jari.
  • Pilih mode transportasi yang digunakan, pastikan untuk memilih dengan benar. Karena rute untuk mobil, sepeda motor, dan pejalan kaki diberikan secara berbeda. 
  • Ikuti rute yang ada, Anda bisa menampilkan dan mengikuti suara dari Google Maps untuk perjalanan yang lebih mudah.

Baca juga: Google Maps Kini Bebaskan Pengguna Ikuti Local Guide

Perjalanan Lama Tidak Pernah Khawatir Kehabisan Baterai dengan Powerbank dari JETE

powerbank (1)

Sekarang sudah tidak perlu khawatir lagi meski harus melakukan perjalanan jauh. Google Maps bisa tetap berjalan sampai tujuan yang dimaksud. Ada powerbank mulai dari 5000 – 20000 mAh dari JETE yang akan selalu menemani Anda di perjalanan. Dapatkan powerbank terbaik JETE hanya di outlet resmi JETE Indonesia atau di Doran Gadget selaku distributor resmi.

Artikel terkait:

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

Agustus 23, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah

× WhatsApp