Mengapa Kursor Mouse Dibikin Miring? Ini Alasannya!

Februari

22

0 comments

JETE Indonesia – Pernahkah Anda memperhatikan tentang arah kursor berbentuk anak panah yang ada di komputer? Jika diperhatikan lebih detail, sebenarnya kursor mouse tidak berbentuk tegak lurus, namun sedikit miring ke arah kiri. Mengapa demikian? Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu Kursor?

Mouse dan kursor pertama kali muncul pada tahun 1968, diciptakan oleh Douglas Englebart pada tahun itu. Pada awal dibuat, bentuknya sangat jauh berbeda dengan mouse masa kini. Saat itu bentuk mouse adalah kotak dan terbuat dari kayu, sedangkan kursornya dibuat berbentuk tegak lurus. 

Sayangnya, pada saat itu layar komputer masih memiliki susunan resolusi pixel yang rendah. Sehingga bentuk kursor yang tegak lurus itu menjadi sulit dibedakan dengan garis vertikal yang ada di layar. Kursor juga menjadi susah untuk dicari pada layar. 

Kursor sendiri adalah suatu petunjuk atau indikator posisi pada monitor komputer atau peranti tampilan lain yang akan merespon masukan dari suatu masukan teks atau piranti petunjuk.

Perubahan Kursor 

Akhirnya pada tahun 1970-an sat komputer Xerox PARC dibuat, kursor mouse akhirnya dibuat agak miring dan melintang sekitar 45 derajat. Hal ini bertujuan agar kursor mudah ditemukan pada layar, terlebih lagi pada saat itu layar komputer masih monokrom, sehingga kursor miring sangat membantu dibandingkan kursor tegak lurus. Perubahan bentuk kursor ini akhirnya diadopsi oleh para pembuat software komputer hingga saat ini. 

Baca juga: Pernah Terbuat dari Kayu, Begini Perjalanan Sejarah Mouse Komputer

Manfaat Kursor Miring 

Selain agar kursor lebih mudah dilihat, berikut ini adalah beberapa manfaat tentang berubahnya kursor menjadi miring yang dilansir dari kompas.com. 

  • Bentuk kursor mouse yang miring menjadi lebih jelas dalam menunjukkan sesuatu dibanding kursor berbentuk lurus. 
  • Ikon kursor yang miring membuatnya mudah dicari meski pada layar yang penuh sekalipun karena terkesan seperti jari telunjuk yang sedang menunjuk sesuatu pada layar.
  • Bentuknya yang miring 45 derajat ke arah kiri ternyata mempermudah posisi klik pengguna. 

Diadopsi Oleh Pembuat Software

Bentuk kursor miring itu kemudian diadopsi oleh para pembuat software komputer hingga saat ini. Mulai dari pendiri Apple, Steve Jobs, hingga pesaingnya pendiri Microsoft, Bill Gates, semua juga menggunakan kursor miring untuk sistem operasinya. 

Baca juga: Keunggulan Mouse Wireless Dibandingkan Mouse Kabel

Gunakan Mouse Terbaik Pilihan Anda

Kursor dan mouse memang tidak bisa dipisahkan, jika Anda menggunakan PC maka kursor tidak akan bergerak tanpa bantuan dari mouse. Untuk penggunaan jangka lama, terutama untuk aktifitas rutin seperti bekerja atau bermain game, Anda memang tidak bsia memilih mouse sembarangan. Ada banyak mouse keren yang nyaman digunakan untuk bekerja maupun bermain game dari JETE. Beli mouse terbaik JETE sekarang juga di outlet resmi JETE Indonesia atau melalui distributor resmi di Doran Gadget

Artikel terkait:

Juni 23, 2023

Juni 17, 2023

Juni 13, 2023

Juni 7, 2023

Mei 26, 2023

Mei 25, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah

× WhatsApp