11 Aplikasi Touch Screen Test untuk Mendeteksi Masalah Layar Sentuh

November

28

0 comments

JETE Indonesia – Mengalami ghost touch, dead pixels atau burn-in pada layar ponsel tentunya cukup mengganggu. Jika terus dibiarkan, dampaknya pun bisa semakin fatal. Agar tidak semakin parah, kamu perlu melakukan touch screen test untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis kondisi layar HP kamu. Berikut aplikasi touch screen test yang bisa kamu gunakan!

Rekomendasi Aplikasi Touch Screen Test

Untuk mengetahui layar sentuh ponsel kamu berfungsi dengan benar atau tidak, kamu bisa mengetesnya dengan berbagai aplikasi. Adapun aplikasi yang bisa dicoba diantaranya:

1. Dead Pixels Test and Fix

Dead Pixels Test and Fix
Sc: Techviral

Menurut informasi di Google Play Store, aplikasi Dead Pixels Test and Fix dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi piksel yang terjebak atau mati pada layar LCD. Bahkan, aplikasi ini mengklaim dapat memperbaiki masalah burn-in pada layar. Tak hanya itu, aplikasi ini juga sudah kompatibel dengan semua resolusi layar baik smartphone ataupun, tablet.

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Device Info

Device Info adalah aplikasi yang menyediakan informasi tentang CPU, RAM, OS, Sensor, Penyimpanan, Baterai, Jaringan, Layar, Kamera, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga dapat secara otomatis menjalankan beberapa tes pada smartphone, salah satunya tes layar.  Tes ini dapat mengidentifikasi masalah layar sentuh di ponsel Android seperti piksel mati dan screen burn-in.

3. Display Calibration

Aplikasi ini diklaim dapat mengkalibrasi semua piksel secara seragam di seluruh layar dan menghilangkan piksel mati. Meskipun kita tidak tahu seberapa benar pernyataan tersebut, banyak pengguna yang mendapatkan manfaat setelah menggunakan aplikasi ini. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat dengan cepat memperbaiki masalah terkait resolusi tampilan. Aplikasi ini memiliki rating tertinggi, dan saat ini sudah digunakan oleh lebih dari 500,000 pengguna.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Ghost Touch di HP dengan Mudah

4. Display Tester

Display Tester
Sc: Techviral

Aplikasi ini cocok bagi orang yang ingin mencari aplikasi gratis untuk melakukan serangkaian uji tampilan yang mendalam pada smartphone mereka. Aplikasi ini mendukung pengujian pada semua jenis layar, termasuk LCD, OLED, AMOLED. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu melakukan beberapa uji penting seperti Uji Warna, Kalibrasi Gamma, Uji Sudut Pandang Layar, Uji Piksel Mati, dan sebagainya.

5. Multitouch Tester

MultiTouch Tester adalah aplikasi uji layar sentuh multi-touch yang dapat memberi tahu kamu berapa banyak jari yang dapat dideteksi oleh ponsel kamu sekaligus. Begitu kamu meletakkan beberapa jari di layar, aplikasi akan memberi nomor pada masing-masing dan memberikan warna unik pada setiap jari. Uniknya, aplikasi ini juga dapat mencatat berapa banyak jari secara total yang terdaftar di layar.

6. Partial Screen

Jika layar ponsel kamu mengalami ghost touch, kamu perlu menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini mengklaim dapat memblokir sentuhan di bagian layar yang bermasalah. Aplikasi ini juga efektif menghilangkan ghost touch yang muncul akibat layar yang rusak. Meskipun tidak begitu populer, aplikasi ini masih layak untuk dicoba.

7. Screen Check

Screen Check merupakan aplikasi Android yang berguna untuk memeriksa masalah layar ponsel seperti piksel mati atau burn-in. Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan secara gratis, bahkan tanpa menampilkan iklan. Aplikasi ini menggunakan sembilan warna dasar untuk menemukan semua piksel mati atau yang terjebak pada layar LCD. Karena penggunaannya yang mudah, aplikasi ini cukup efektif dan populer di kalangan pengguna Android.

Baca juga: Yuk, Ketahui Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS

8. Screen Test Pro

Screen Test Pro
Sc: Techviral

Screen Test Pro adalah aplikasi Android yang cukup baru untuk menguji karakteristik layar sentuh ponsel kamu. Meskipun begitu, aplikasi ini memberikan gambaran detail  informasi tentang layar ponsel, seperti ukuran resolusi, piksel, kepadatan, nilai DPI, dan sebagainya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa mendeteksi kekuatan warna tampilan layar, piksel mati, titik terang, dan sejenisnya.

9. Touchscreen Test

Aplikasi ini dapat membantu kamu menemukan area layar yang tidak respons dengan menggunakan metode unik. Ketika kamu menyentuh lingkaran kecil berwarna putih di layar, aplikasi akan merubah warna lingkaran itu menjadi hijau. Di sini, kamu perlu mengisi semua lingkaran untuk mengetahui kondisi layar. Jika ada area yang tidak respons karena lingkaran tidak akan menyala, kemungkinan bagian pada layar tersebut bermasalah.

10. Touch Screen Calibration

Touch Screen Calibration dapat mengkalibrasi layar sentuh kamu dengan sangat baik. Aplikasi ini dapat melakukan kalibrasi terpisah untuk setiap gerakan. Hasilnya pun cukup lengkap dan detail, semua proses terekam dengan sangat jelas.Proses kalibrasi juga cukup transparan pada setiap tahapnya. Mulai dari nilai kalibrasi maupun akurasi kalibrasi yang ditampilkan. Tertarik mencobanya?

11. Touch Screen Test

Jika kamu sedang mencari aplikasi sederhana untuk memeriksa status layar sentuh, maka Touch Screen Test mungkin jadi salah satu pilihan terbaik yang bisa kamu coba. Karena aplikasi ini fokus pada pengujian layar sentuh, kamu perlu menggunakan tombol Volume Naik dan Volume Turun untuk menjelajahi menu di dalam aplikasi. Aplikasi ini juga memeriksa dukungan multi-touch pada layar ponsel kamu.

Baca juga: Perbedaan Tempered Glass vs Hydrogel Screen Protector, Mana yang Lebih Baik?

Layar Ponsel Tetap Terlindungi dengan Hydrogel JETE

temperd glass, hydrogel screen prtector

Itulah sebelas aplikasi touch screen test untuk menguji sentuhan, tampilan, kualitas, serta warna layar pada ponsel Android. Setiap aplikasi di atas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu bisa memaksimalkan penggunaannya sesuai dengan kebutuhan berdasarkan ragam fitur yang disediakan.

Agar layar ponsel kamu tetap terlindungi, jangan lupa untuk memilih screen protector berbahan hydrogel terbaik dari JETE Indonesia. Screen protector ini terbuat dari bahan kualitas premium, sehingga lebih kuat dan elastis. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan mudah di website, marketplace atau outlet JETE Indonesia terdekat dari tempat tinggal kamu.

Artikel terkait:

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 27, 2024

Januari 20, 2024

About the author, Hendrik Ferdi Setiawan

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb