Perbedaan Tempered Glass vs Hydrogel Screen Protector, Mana yang Lebih Baik?

02. temperd glass, hydrogel screen prtector

JETE IndonesiaSmartphone memang tak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari di era digital. Seiring meningkatnya penggunaan ponsel pintar ini, maka akan berpengaruh pada layarnya. Oleh karena itu, untuk melindungi layar dari kerusakan pengguna perlu memasang pelindung layar. Biasanya, ada dua jenis yang sering digunakan yakni tempered glass dan hydrogel screen protector. Apa saja perbedaannya dan mana yang lebih baik? Simak ulasannya berikut.

Perbedaan Tempered Glass vs Hydrogel Screen Protector

01. temperd glass, hydrogel screen prtector

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk melindungi layar dari hal yang tak diinginkan, namun terdapat perbedaan yang cukup mendasar antara tempered glass dengan hydrogel screen protector. Setidaknya, berikut perbedaan mendasarnya yang perlu Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum memilihnya.

1. Desain dan Tampilan Pada Layar

Perbedaan pertama adalah dari segi desain dan tampilannya pada layar. Desain pada tempered glass dibuat dengan kaku. Hal itu sesuai dengan fungsinya untuk melindungi layar dari benturan.  Bentuknya pun ada yang mengikuti lengkungan layar dan beberapa memang tidak. Sehingga, dapat menyebabkan bias cahaya di bagian samping saat dilihat.

Sedangkan hydrogel screen protector akan menyatu pada layar dan mengikuti kontur bentuk ponsel karena sangat tipis. Dengan begitu, dapat menempel dengan erat. Karena menyatu dengan layar dan menyesuaikan lekukan maka tak perlu khawatir tangan tersangkut di bagian sisi samping.

2. Ketahanan

Berikutnya perbedaan keduanya berdasarkan ketahanan. Aspek ini memang memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Tempered glass berbentuk seperti kaca dan secara otomatis ponsel memiliki dua lapisan dalam meningkatkan perlindungannya. Terutama dari benturan, jatuh dari ketinggian tertentu, hingga tekanan.

Di sisi lain hydrogel screen protector memiliki karakter bahan elastis dan dapat mengembang. Jadi, pelindung berbahan hydrogel ini daya tahannya baik untuk menahan dari goresan yang diakibatkan penggunaan ponsel dalam waktu yang lama. Selain itu, tidak pula dirancang untuk menahan langsung maupun mengurangi dampak benturan maupun tekanan layaknya tempered glass.

3. Tingkat Responsif Terhadap Sentuhan

03. tempered glass, pelindung layar

Ketiga ialah dapat dilihat dari tingkat responsif keduanya. Tempered glass memiliki ketebalan setidaknya 0.5 mm. Hal itu bisa saja berpengaruh pada tingkat responsifnya. Namun, tidak  serta merta dengan desain yang cukup tebal mengurangi tingkat kenyamanannya.

Lalu beralih ke hydrogel screen protector. Ketebalannya memang bisa dibilang lebih tipis, bahkan ada yang memiliki ketebalan 100 nanometer. Selain seolah tidak terlihat pada layar, tingkat responsif dan sensitivitasnya lebih baik dibanding pelindung berbahan kaca.

Baca juga: 5 Tips Memilih Tempered Glass Agar Makin Nyaman Digunakan

4. Bahan yang Digunakan

Bahan dasar yang digunakan pun menjadi pembeda selanjutnya. Tempered glass dibuat menggunakan bahan kokoh dan kuat. Kekurangannya di sini, bila pelindung ini tidak dilengkapi dengan fitur canggih seperti Aqua Shield maka dikhawatirkan sidik jari akan membekas saat digunakan.

Beda halnya dengan hydrogel screen protector yang menggunakan bahan TPU membuatnya lebih kuat dan elastis. Di samping itu juga dilengkapi fitur Anti Glare yang mencegah goresan pada layar meski digunakan dalam waktu yang lama.

5. Harga Tempered Glass vs Hydrogel Screen Protector

Terakhir adalah dari segi harganya. Untuk pelindung layar berbahan hydrogel memang sedikit lebih mahal bila dibandingkan tempered glas. Harga tersebut memang wajar karena mengingat keunggulan dan fitur yang dimilikinya.

Sebenarnya, tempered glass juga ada yang memiliki harga cukup mahal. Terlebih lagi bila bentuknya mengikuti struktur ponsel mosalnya layar ponsel yang melengkung. Tentu akan lebih sulit dicari di pasaran sehingga berpengaruh pada harganya.

Mana yang Lebih Baik?

03. temperd glass, hydrogel screen prtector

Itulah ulasan mengenai perbedaan antara tempered glass dengan hydrogel screen protector. Lalu, mana yang lebih baik? Sebenarnya, semua tergantung pada kebutuhan pada layar ponsel yang Anda gunakan. Namun, secara garis besar pelindung layar berbahan hydrogel memang lebih unggul.

Hal ini bisa kita lihat misalnya dari segi teksturnya, bahan hydrogel lebih elastis sedangkan tempered glass lebih kaku. Kemudian dari segi tampilannya pun tidak mengganggu estetika karena menyatu dengan layar. Begitu juga penggunaan pelindung berbahan hydrogel lebih responsif karena tipis.

Jangan lupa pula untuk memilih screen protector berbahan hydrogel terbaik. Salah satunya adalah produk dari JETE yang dibuat dengan bahan dan kualitas premium. Anda bisa mendapatkannya di outlet JETE Indonesia di berbagai kota. Atau melakukan pembelian di Doran Gadget selaku distributor resminya.

× Whatsapp