7+ Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping Gratis untuk Kamu! 

Juli

4

0 comments

JETE Indonesia – Baik anak sekolah, mahasiswa, maupun pegawai kantoran, akan ada masanya ketika kamu membutuhkan mind mapping untuk memvisualisasikan ide yang ada agar lebih mudah dibedah dan dipresentasikan. Nah Apa itu mind mapping dan apa saja deretan aplikasi mind mapping gratis yang bisa kamu coba?

Apa Itu Mind Mapping?

Mind mapping adalah teknik grafis yang digunakan untuk merepresentasikan ide-ide dan informasi dalam bentuk peta pikiran. Mind mapping adalah cara yang bagus untuk memvisualisasikan informasi, dan dapat membantu kita untuk memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik.

Mind mapping atau peta konsep biasanya dimulai dengan ide utama yang digambarkan sebagai titik di tengah kertas. Dari titik utama ini, cabang-cabang ditarik ke luar untuk mewakili ide-ide terkait. Cabang-cabang ini dapat dibagi lagi menjadi cabang-cabang yang lebih kecil, dan seterusnya. Informasi yang terkait dengan setiap cabang dapat dituliskan di sepanjang cabang.

Mind mapping memiliki banyak manfaat. Diantaranya merangsang kreativitas dan brainstorming, membantu Anda memahami dan mengingat informasi lebih baik, membantu Anda melihat hubungan antara berbagai ide, membantu Anda merencanakan dan mengatur tugas, dan membuat presentasi lebih menarik dan informatif.

Rekomendasi Aplikasi Mind Mapping

Di antaranya banyaknya aplikasi mind mapping yang ada, kamu bisa menggunakan beberapa rekomendasi di bawah ini! 

1. Canva

Aplikasi Mind Mapping
sc: youtube – Cherie Hawkins

Canva adalah aplikasi desain grafis berbasis web yang bisa digunakan untuk membuat mind map. Dengan banyak template dan toolset yang tersedia, kamu bisa membuat mind map sesuai keinginan. Dengan akun gratis, kamu bisa akses ribuan template, ruang penyimpanan 1 GB, dan berkolaborasi dengan 10 orang. Cari kata kunci “mind map” di Canva untuk temukan template yang cocok. Edit foto, teks, dan latar belakang dengan tools bawaan. Unduh mind map dalam format PNG, JPEG, atau PDF.

2. XMind

sc: xmind.app

Aplikasi mind mapping dan brainstorming satu ini menawarkan fitur lengkap. Dengan berbagai desain chart seperti Fishbone Chart, Matrix, Timeline, dan Organizational Chart. XMind membantu kamu menulis ide, meningkatkan kreativitas, dan menganalisis perkembangan ide secara kronologis. Dengan XMind, kamu dapat menjadi lebih kreatif dan produktif.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Diary yang Bikin Kamu Refleksi Diri

3. Ayoa

Aplikasi Mind Mapping
sc: ayoa.com

Ayoa adalah aplikasi mind mapping yang bisa kamu coba. Dibuat oleh Chris Griffiths, seorang pakar mind mapping berpengalaman selama lebih dari 12 tahun. Kamu bisa langsung menulis ide-idemu dan mengelolanya dari awal hingga akhir. Fitur-fitur unggulan Ayoa meliputi pembuatan ide yang cepat, pilihan format yang menarik, serta fleksibilitas dalam memilih font dan warna. 

4. Bubbl.us 

sc: bubbl.us

Aplikasi berbasis web ini bisa digunakan untuk mind mapping dengan fitur dan tools yang cukup kompleks untuk menyampaikan, menyusun, atau merapikan ide-ide yang ada. Tools yang ada memungkinkan untuk mendapatkan diagram mind map yang simple. Sehingga mudah untuk dibaca dan dipresentasikan. 

5. MindManager

sc: mindmanager.com

MindManager adalah aplikasi mind mapping yang memungkinkanmu menambahkan link, catatan, dan file ke dalam bagan mind map. Kamu juga bisa mengatur deadline dan prioritas pekerjaan melalui mind map. Terintegrasi dengan Microsoft Office, MindManager tersedia di PC, Android, dan iOS.

Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Kompres File PDF Gratis 2023!

6. Sketchboard

Aplikasi Mind Mapping
sc: sketchboard.io

Sketchboard adalah aplikasi papan tulis digital online yang memungkinkan pengguna membuat mind map dengan sketsa. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai ikon pra-desain untuk diagram perangkat lunak, mind map, dan peta jalanan. Dengan akun gratis, pengguna dapat membuat tiga papan pribadi dengan hingga 5 anggota. Pengguna dapat membuat cabang dan sub cabang dengan mudah menggunakan fitur drag-and-drop dan toolbar yang intuitif.

7. Edraw MindMaster

sc: getwinpcsoft.com

Edraw MindMaster adalah software yang fleksibel dan berfitur lengkap untuk membuat mind map. Dengan antarmuka yang mirip dengan Microsoft Office, kamudapat dengan mudah memasukkan topik, gambar, dan menggambar garis hubungan. Software ini juga menyediakan panel kanvas di sebelah kiri untuk membuat mind map dan sidebar di sisi kanan untuk menyesuaikan konten, tampilan, dan latar belakang mind map.

8. MindMeister

Aplikasi Mind Mapping
sc: mindmeister.com

MindMeister adalah aplikasi mind mapping dengan beragam template yang menarik dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Fitur berbagi ide memungkinkan kolaborasi antara anggota tim dalam membuat mind map. Dengan lebih dari 13 juta pengguna, MindMeister telah digunakan untuk pendidikan, pekerjaan kantor, brainstorming, dan kreativitas lainnya.

Baca juga: 5 Web Download Video dari Twitter, Tanpa Aplikasi!

Penutup 

Itulah seputar rekomendasi aplikasi mind mapping yang bisa kamu coba. Semuanya dapat memudahkanmu dalam membuat mind mapping tanpa perlu ribet menggambar manual. Semoga membantu!

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah