Mengenal Apa Itu MFi Certified di Kabel dan Charger untuk iPhone

Desember

2

0 comments

JETE Indonesia – Saat ini, penggunaan kabel maupun adapter charger cukup penting untuk penggunaan sehari-hari. Khususnya mendukung perangkat pintar tetap prima, termasuk juga bagi gadget produksi Apple. Namun, untuk gadget dari Apple seperti iPhone, iPad, dan lainnya perlu menggunakan aksesoris dengan sertifikat MFi. Lalu, apa itu MFi Certified beserta keunggulannya? Simak di artikel kali ini, JETE Lovers!

Apa Itu MFi Certified?

Apa Itu MFi Certified
sc: iGeeksBlog

Sebagian pengguna perangkat pintar mungkin sudah familiar dengan istilah apa itu MFi Certified, namun beberapa lainnya mungkin belum terlalu akrab atau tidak mengerti maksudnya. MFi Certification merujuk pada sebuah sertifikasi yang diterbitkan oleh Apple Inc., singkatan dari Made for iPhone/iPad/iPod (MFi).

Program sertifikasi ini dirancang oleh pihak produsen untuk memastikan bahwa produk aksesori yang diproduksi oleh pihak ketiga, seperti kabel dan charger, telah memenuhi standar kualitas yang telah ditetapkan oleh Apple. Jika suatu produk memiliki sertifikasi MFi, hal tersebut menunjukkan bahwa produk tersebut telah berhasil melewati uji kualitas dan kompatibilitas yang telah ditetapkan oleh Apple.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: 3 Tipe Kabel Charger iPhone dari Dulu sampai Sekarang

Mengapa Ini Penting untuk Perangkat Apple?

Charger iPhone
sc: Noodle

Selain mengetahui apa itu MFi Certified, penting bagi pengguna ketahui tentang keunggulannya. Menggunakan produk aksesoris untuk gadget Apple yang memiliki sertifikasi MFi memang penting. Sebab, hal itu bisa memberikan kepercayaan bagi konsumen. Terutama jika menggunakan aksesoris dari pihak ketiga. Setidaknya, berikut keuntungan apabila menggunakan MFi licensed accessories:

  • Kompatibilitas perangkat lebih terjamin dan bekerja dengan baik untuk semua produk Apple. Tentu, ini dapat menghindari munculnya pesan terkait kesalahan penggunaan perangkat seperti “This accessory may not be supported”.
  • Perangkat aksesoris seperti kabel dan charger yang memiliki sertifikasi MFi didesain dengan standar yang tinggi dan kualitas premium. Dengan begitu akan membuat masa pakai lebih awet, termasuk penggunaan dalam jangka waktu yang lama sekalipun.
  • Pengisian daya ke perangkat gadget Apple lebih praktis dan efisien. Dimana hal ini dimungkinkan berkat adanya fitur fast charging pada perangkat MFi. Sehingga bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Perlu dicatat, agar penggunaan perangkat lebih awet, sebaiknya hindarilah untuk melilit ataupun melipat kabel dengan berlebihan. Termasuk pula dalam menarik kabel dari pusat daya atau colokan. Maka, kamu sebaiknya membukanya dengan perlahan untuk menghindari kabel yang terputus.

Baca juga: 5 Tips Merawat Kabel Charger iPhone Agar Awet

Risiko Menggunakan Perangkat Apple Pihak Ketiga Tanpa Sertifikasi MFi

Kabel Charger iPhone
sc: TechSport

Lalu, apakah ada risiko jika menggunakan aksesoris gadget pihak ketiga tanpa MFi Certified ini? Sebagaimana diketahui, kabel dan charger tanpa sertifikasi ini memang bisa dipasangkan ke gadget, namun akan berdampak negatif. Berikut risiko menggunakan aksesoris tanpa MFi Licensed Accessories yang bisa kamu rasakan:

  • Kualitas bahan dan material yang rendah, sehingga perangkat rentan rusak dan berdampak pada kesehatan gadget seperti iPhone.
  • Dapat memunculkan pesan atau notifikasi pesan kesalahan. Sebab, aksesoris tidak kompatibel dengan perangkat Apple. Ini akan mengganggu pengguna secara langsung maupun tidak langsung.
  • Aksesoris gadget tanpa sertifikasi MFi, rentan terjadi kerusakan dan potensi lainnya. Hal itu karena kabel non-MFi tanpa dibekali standar keselamatan dan keamanan dari Apple. Akibatnya, rentan terjadi overheating, korsleting, bahkan kebakaran.

Baca juga: 5 Tips Charge iPhone yang Benar Agar Baterai Tidak Cepat Rusak

Aksesoris JETE Sudah Bersertifikasi Apple MFi

apa-itu-mfi-3-762x400
sc: JETE Indonesia

Nah, itu dia JETE Lovers mengenai apa itu MFi Certified. Kini, kamu tak perlu khawatir mendapatkan aksesoris gadget untuk Apple dari pihak ketiga dengan sertifikasi MFi. Kamu bisa menggunakan produk kabel dan charger dari JETE Indonesia. Beberapa produk kami dirancang khusus untuk pengguna iPhone dan sudah memiliki MFi Certified.

Jadi, kamu akan lebih tenang, aman, dan nyaman, saat menggunakannya sepanjang hari. Dapatkan produk-produk terbaik kami di JETE Official Store dan mitra di berbagai kota. Atau pembelian online di official store di marketplace maupun website. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb