5 Tips Merawat Kabel Charger iPhone Agar Awet

Charger iPhone

JETE IndonesiaCharger iPhone sering rusak? Ini adalah masalah yang umum dihadapi oleh para pengguna smartphone keluaran Apple itu. Padahal, kabel punya peran penting, yaitu mengisi daya baterai ketika kehabisan.

Belum lagi harga kabel iPhone ori juga tidak bisa dibilang murah, sehingga membuat kamu makin pusing kalau harus sering beli. Adakah cara untuk membuat kabel data iPhone lebih awet? Tentu ada!

Simak artikel dari JETE ini sampai selesai ya!

Tips Merawat Charger iPhone Agar Tidak Cepat Rusak

Ini dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kabel tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Gulung kabel secara perlahan

Kabel Charger iPhone

Hal ini mungkin terdengar sepele sehingga jarang diperhatikan oleh para pemilik iPhone. Menggulung kabel sembarangan bisa mempercepat kerusakannya lho. Setelah selesai mengisi daya, gulung kabel data dengan hati-hati, jangan kasar apalagi terburu-buru.

Lingkarkan kabel sebanyak 3 atau 4 kali, kemudian selipkan kedua ujungnya ke dalam lingkaran yang sudah kamu buat lagi. Jangan sampai ada kabel yang tertekuk tajam untuk menghindari kerusakan komponen yang ada di dalamnya.

Kabel yang tergencet benda berat atau tertekuk dalam waktu lama sangat berpotensi mengalami kerusakan.

2. Lepaskan kabel dari iPhone dengan hati-hati

Kabel Charger iPhone

Ketika kamu sedang mengisi daya iPhone namun terburu-buru ingin pergi ke suatu tempat, maka kamu akan asal-asalan mencabutnya. Melepas kabel dari iPhone secara kasar dan keras menjadi salah satu penyebab kabel rusak.

Tidak hanya kabel, bisa-bisa socket iPhone juga ikut rusak karena tarikan yang kasar saat kamu melepaskan kabelnya. Jadi, meskipun kamu sedang dikejar waktu, jangan sembarangan mencabut kabel dari iPhone.\

Baca juga: 5 Tips Memilih Headset Bluetooth Sesuai Kebutuhan

3. Gunakan pelindung untuk kabel charger iPhone

Charger iPhone

Ujung kabel iPhone sangat berpotensi untuk tertekuk, baik itu karena ruang sempit saat mengisi daya atau kamu menggunakan iPhone saat sedang mengisi daya. Untuk mencegahnya, gunakan protector atau pelindung khusus di bagian ujung.

Dengan demikian, posisi kabel tetap lurus meskipun kamu banyak memindahkan iPhone ketika dayanya sedang diisi.

4. Lepaskan kabel dan adapter iPhone dari colokan setelah charging

Adapter iPhone

Lagi-lagi karena alasan terburu-buru atau malas, kamu hanya melepaskan kabel dari iPhone saja, tanpa mencabut adapter iPhone dari colokan. Hal ini tidak baik untuk kabel maupun adapternya lho.

Jika kamu membiarkan saja kabel dialiri daya listrik padahal tidak digunakan, lama kelamaan hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Tips Merawat Speaker HP Agar Suara Tetap Jernih

5. Siapkan kabel cadangan

Punya satu kabel iPhone ori saja tidak cukup. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu juga punya kabel cadangan. Sering memindahkan kabel charger iPhone ke banyak tempat bisa membuat kabel cepat rusak.

Misalnya, kamu menggunakan kabel yang sama untuk mengisi daya di rumah, di mobil, hingga di tempat umum. Ada baiknya kamu punya lebih dari satu kabel untuk masing-masing penggunaan.

Selalu Gunakan Kabel iPhone dan Adapter iPhone Berkualitas

Memang bukan rahasia lagi bahwa charger iPhone memang memerlukan perawatan khusus agar tidak cepat rusak. Semua pengguna iPhone pasti tahu hal ini. Jangan sembarangan membeli kabel atau adapter karena jika tegangan atau spesifikasi lainnya tidak sesuai, bisa-bisa malah merusak iPhone kamu.

Pastikan kamu hanya menggunakan kabel charger iPhone berkualitas, seperti produk-produk dari JETE Indonesia. Kabel lightning iPhone produksi JETE sudah didukung fitur fast charging sehingga pengisian bisa lebih optimal. Konstruksi dalam kabel juga sangat kuat, sehingga kamu tidak perlu kesal karena harus sering berganti kabel.

Semua produk JETE bisa kamu dapatkan di Doran Gadget!

× Whatsapp