Adobe Podcast AI: Fitur, Kelebihan, dan Cara Menggunakannya!

Desember

22

0 comments

JETE Indonesia – Saat ini semua makin mudah dengan AI, ada banyak alat dan perangkat AI yang memudahkan pekerjaan manusia termasuk dalam membuat podcast. Munculnya Adobe Podcast AI membuat para pelaku podcast menjadi lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Memang apa saja manfaat aplikasi satu ini dan bagaimana cara mengerjakannya? Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Adobe Podcast AI?

sc: elegantthemes

Adobe Podcast AI adalah layanan berbasis awan inovatif dari Adobe yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk memperkaya produksi podcast dengan fitur-fitur seperti voiceover dan alat pengeditan audio lainnya. Platform ini mampu menganalisis konten audio podcast untuk menghasilkan transkrip, keterangan, kata kunci, dan ringkasan.

Selain itu, aplikasi satu ini juga dapat membantu mengurangi noise, menghilangkan gema, meningkatkan vokal, serta melakukan pengeditan otomatis lainnya. Adobe Podcast AI tersedia sebagai aplikasi web dan merupakan bagian dari langganan Adobe Creative Cloud. Meskipun menawarkan kemudahan bagi podcaster, Adobe Podcast AI masih dalam versi beta dan mungkin belum memiliki fitur pengeditan audio sekomprehensif Adobe Audition.

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Fitur Unggulan Adobe Podcast AI

sc: elegantthemes

Dari penghapusan noise hingga transkripsi otomatis, alat ini dapat menjadi solusi lengkap untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi podcast kamu.

  • Enhance Speech: Fitur ini mampu meningkatkan kualitas rekaman audio dengan menghilangkan noise dan gema, menjadikan podcast terdengar lebih profesional.
  • Mic Check: Alat ini membantu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah terkait mikrofon, seperti level audio yang rendah atau distorsi, sehingga kualitas rekaman tetap terjaga.
  • Studio: Studio memungkinkan pengguna untuk merekam audio, melakukan pengeditan canggih, dan menambahkan efek suara dengan mudah melalui antarmuka web.
  • Transkripsi dan Pengeditan Berbasis AI: Fitur ini menyederhanakan proses transkripsi dan pengeditan audio, memungkinkan pengguna untuk mengedit file audio seperti mengedit dokumen teks.
  • Rekaman dengan Tamu Jarak Jauh: Fitur ini memfasilitasi rekaman episode podcast dengan tamu yang berada di lokasi yang berbeda, dengan kualitas audio yang tetap profesional.
  • Musik Royalti Gratis: Adobe Podcast AI menyediakan perpustakaan musik bebas royalti yang dapat digunakan sebagai latar belakang atau intro untuk podcast.

Baca juga: Semua Tentang AI Gemini yang Wajib Kamu Tahu! 

Cara Mudah Buat Podcast Pakai Adobe Podcast AI

sc: Wikipedia

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk memanfaatkan Adobe Podcast AI dalam produksi podcast kamu.

  • Pertama, buat akun di Adobe Podcast untuk mengakses platform ini.
  • Sebelum merekam, gunakan alat ‘Mic Check’ untuk menganalisis kualitas audio mikrofon kamu. Fitur ini akan memberikan panduan untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan agar mikrofon kamu siap untuk merekam dengan optimal.
  • Setelah mikrofon diatur, buka alat ‘Studio’ untuk merekam podcast atau voiceover langsung dari browser web kamu. Lingkungan Studio dirancang untuk mudah digunakan, sehingga kamu dapat fokus pada konten kamu tanpa harus khawatir tentang aspek teknis rekaman.
  • Setelah merekam, gunakan fitur ‘Enhance Speech’ untuk menghilangkan noise latar dan gema dari rekaman kamu. Dengan satu klik, alat ini akan secara otomatis meningkatkan kejernihan audio kamu, tanpa memerlukan keahlian khusus.
  • Gunakan fitur Edit di Adobe Podcast AI yang menawarkan kemampuan pengeditan yang terintegrasi dengan Adobe Premiere Pro. kamu dapat mengedit audio dengan presisi berdasarkan transkrip yang dihasilkan secara otomatis, memastikan podcast kamu memiliki kualitas yang profesional.
  • Setelah proses pengeditan selesai, kamu dapat mengekspor versi final dari Adobe Podcast AI dalam berbagai format audio. Podcast kamu kemudian siap untuk dibagikan kepada audiens melalui berbagai platform seperti Spotify, Podbean, YouTube, atau saluran media sosial lainnya.

Dengan mengikuti panduan ini, kamu dapat memanfaatkan semua fitur canggih dari Adobe Podcast AI untuk menghasilkan konten audio yang memukau.

Baca juga: 8 Produk AI dari Google untuk Kemudahan dalam Bekerja!

Mengapa Harus Adobe Podcast AI?

Adobe Podcast AI
sc: podcast.adobe.

Dalam era digital saat ini, podcast telah menjadi salah satu media yang paling diminati untuk berbagi informasi, hiburan, dan konten lainnya. Untuk memastikan podcast kamu mencapai stkamur kualitas tertinggi, Adobe Podcast AI menawarkan berbagai fitur inovatif. Artikel ini akan membahas berbagai aplikasi praktis dan manfaat yang dapat kamu peroleh dari penggunaan Adobe Podcast AI.

1. Kualitas Audio yang Tinggi

Adobe Podcast AI memungkinkan kamu merekam podcast dengan kualitas tinggi, bahkan jika kamu menggunakan peralatan yang sederhana. Fitur ini mampu menghilangkan noise latar, mengurangi gema, dan meningkatkan kejelasan suara, sehingga menciptakan pengalaman audio yang memukau bagi pendengar kamu.

2. Pengeditan yang Mudah

Platform ini memudahkan kamu dalam melakukan berbagai tugas pengeditan seperti memotong klip, menambahkan musik dan efek suara, serta menyesuaikan level audio. Kemudahan ini sangat berguna, terutama bagi mereka yang baru memasuki dunia podcasting.

3. Transkripsi Otomatis

Fitur transkripsi otomatis dalam Adobe Podcast AI mempermudah pembuatan catatan episode atau transkrip. Hal ini tidak hanya menambah aksesibilitas tetapi juga meningkatkan nilai SEO dari podcast kamu.

4. Custom Musik

Adobe Podcast AI menawarkan fitur unik berupa generasi musik intro dan outro kustom. Hal ini memberikan identitas sonik yang unik bagi setiap podcast kamu, memungkinkan kamu untuk tampil beda dari yang lain.

5. Fleksibilitas Multi-Aplikasi

Tidak hanya untuk podcast, Adobe Podcast AI juga dapat digunakan untuk voiceover video atau animasi, serta meningkatkan kualitas audio dari wawancara atau percakapan lainnya. Ini menjadikannya alat yang serbaguna untuk berbagai kebutuhan, baik pribadi maupun bisnis.

Baca juga: 7 AI Matematika yang Memudahkan Kamu Menghitung Rumus

Penutup 

Itulah seputar Adobe Podcast AI yang wajib kamu ketahui. Jangan lupa juga gunakan berbagai produk dari JETE seperti mouse, keyboard, hingga mouse pad untuk memudahkan kamu dalam mencari hasil rumus menggunakan AI Matematika. Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Februari 23, 2024

Februari 21, 2024

Februari 20, 2024

Februari 7, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb