Apa Itu Secret Code Chat Lock WhatsApp & Cara Menggunakannya

Desember

27

0 comments

JETE IndonesiaKamu tentu pernah mengalami chat tidak sengaja terbaca orang lain atau pernah terlihat? Jika itu adalah chat penting dan sifatnya sensitif, tentu akan mengganggu privasi. Namun, kini kamu tak perlu khawatir JETE Lovers. Sebab, perusahaan di bawah naungan Meta ini telah mengembangkan fitur Secret Code Lock WhatsApp. Seperti apa dan bagaimana menggunakannya? Simak sampai tuntas, ya!

Mengenal Secret Code Chat Lock WhatsApp

Secret Code Chat Lock WhatsApp (2)
sc: ZD Net

Secret Code Lock WhatsApp, seperti namanya merupakan fitur yang dikembangkan oleh WhatsApp untuk meningkatkan keamanan dan privasi penggunanya. Di sini, pengguna perlu memasukkan kode rahasia saat mengakses obrolan yang disembunyikan. Tentunya, kode rahasia ini berbeda dengan password yang digunakan untuk membuka smartphone.

Dengan fitur ini, pengguna juga dapat menghilangkan chat yang diinginkan dari daftar obrolan. Jadi, chat hanya dapat dibuka saat kamu menuliskan password yang dibuat tadi pada kolom search aplikasi. Berkat pengunci rahasia ini setidaknya dapat menyembunyikan pesan penting dan bersifat sensitif untuk disembunyikan agar tidak terbaca orang lain.

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membuat WhatsApp Channel!

Buat Password Pakai Emoji

Secret Code Chat Lock WhatsApp (1)
sc: Jagran

Layaknya fitur pengamanan pada aplikasi lainnya, Secret Code Lock WhatsApp memerlukan kata sandi untuk membuka dan mengunci obrolan. Pihak WhatsApp sendiri memperbolehkan para pengguna untuk membuat password yang kuat sesuka hati mereka. Baik dengan menggunakan kombinasi angka maupun huruf.

Tak hanya itu saja, bahkan kamu pun dapat menggunakan emoji dalam kata sandi tersebut. Sebagai contoh menggunakan emoji senyum, gambar hati, dan lain sebagainya sesuai dengan karakter pilihan pengguna. Tentu, ini akan membuat siapa saja sulit menebak kata sandi yang telah kamu buat. Sehingga, tingkat keamanannya lebih terjamin. Meski begitu, kamu pun perlu mengingat kata kunci tersebut, agar sewaktu-waktu ingin membuka chat yang dikunci dapat segera terbuka.

Baca juga: Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone

Cara Menggunakan Secret Code Chat Lock WhatsApp

Secret Code Chat Lock WhatsApp
sc: YouTube/WhatsApp

Setelah mengetahui fitur ini beserta cara membuat password atau kata kuncinya, kini kamu bisa menggunakan Secret Code Lock WhatsApp. Sebagaimana dilansir dari laman Kompas Tekno dan Tech, berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Pertama, bukalah aplikasi WhatsApp yang ada di smartphonemu.
  • Selanjutnya, buka chat atau obrolan yang akan disembunyikan.
  • Setelah itu, kamu bisa klik ikon dengan ‘titik tiga’, cara lainnya dengan klik nama grup maupun kontak agar opsi terbuka.
  • Gulirkan lalu pilih “Lock Chat”, tunggu beberapa saat sampai chat ada pada folder “Locked Chats”.
  • Saat kamu masuk ke folder “Locked Chats”, klik-lah pilihan “Pengaturan”.
  • Berikutnya, pilih “Secret Code” lalu buatlah kode rahasia agar dapat mengakses obrolan yang tersembunyi tersebut. Untuk hal ini, kamu bisa membuat password dengan kombinasi dari angka, huruf, emoji, maupun simbol.
  • Terakhir, aktifkanlah “Hide Locked Chats” dan gunakan password untuk menguncinya.

Cobalah buka kembali aplikasi WhatsApp dan pesan akan terkunci secara otomatis. Namun, perlu diingat jika fitur ini juga memerlukan sistem keamanan dengan sidik jari (fingerprint) maupun pemindai wajah. Jadi, pastikan kamu juga mengaktifkan sistem tersebut pada saat sebelum mengunci chat.

Cukup mudah bukan JETE Lovers? Kini, saatnya kamu mencobanya agar privasimu lebih terjaga! Jangan lupa, untuk kenyamananmu bermain dan menggunakan WhatsApp, gunakan selalu perangkat pendukung aksesoris terbaik dari JETE Indonesia yang bisa kamu dapatkan di official store di berbagai kota Indonesia maupun di marketplace.

Artikel terkait:

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

Mei 8, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb