7 Fitur untuk Jualan di Instagram Makin Laris

Februari

18

0 comments

JETE IndonesiaJualan di Instagram kini semakin diminati sebagian besar orang yang menekuni bisnis online. Pasalnya, pangsa pasar di Instagram cukup memiliki peluang besar. Terlebih fitur ini memiliki berbagai macam fitur keren. Baik itu berupa tampilan foto maupun tampilan dari segi video.

Fitur Jualan di Instagram

Fitur unggulan yang bisa Anda manfaatkan untuk jualan online sebenarnya tidak ribet dan ada pada bawaan aplikasi. Terutama mencari konsumen baru sekaligus mengenalkan brand maupun produk. Berikut 7 di antaranya yang perlu Anda tahu dan terapkan.

1. Gunakan Auto-Reply

Optimalkan jualan di Instagram bisa menggunakan ‘Auto-Reply’, dengan kata lain ini adalah fitur balasan cepat untuk pesan yang masuk. Ini sangat penting untuk memberikan informasi secepat mungkin kepada audiens maupun calon pelanggan.

Sebenarnya, fitur ini hampir mirip dengan Frequently Ask Quetion (FAQ) pada website. Caranya pun mudah, tinggal buka menu “Setting/Pengaturan” lalu ke “Pengaturan Bisnis” dan lanjutkan ke “Balasan Cepat”. Di sini, Anda bisa menulis pesan balasan yang baku dalam merespon konsumen secara cepat.

2. Fitur Insight untuk Analisis Audiens

jualan di instagram (3)

Selanjutnya, manfaatkan fitur “Insight” untuk menganalisis audiens. Di sini nanti akan ditampilkan faktor tentang usia, demografi, hingga minat konsumen terhadap bisnis. Jadi, Anda lebih mudah dalam menentukan target pasar. Letak fitur ‘Insight’ berada di profil akun bisnis. Cara lain menemukan fitur ini adalah dengan “Buka akun profil bisnis”  lanjutkan dengan “Pilih ikon titik tiga yang ada di pojok kanan atas” kemudian “Pilih Insight”.

Baca juga: 3 Cara Share Link Akun Instagram Paling Mudah!

3. Jualan di Instagram, Manfaatkan Tagar

Tagar atau hashtag selama ini terkadang dianggap sebelah mata. Namun jangan salah, justru tagar ini dapat memudahkan calon pembeli menemukan produk yang mereka inginkan. Di sini, dibutuhkan kreativitas yang unik dari penjual untuk dapat membuat tagar sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

Namun, perlu diingat pula saat membuat tagar atau hashtag sebaiknya jangan terlalu banyak. Lebih baik jika membuat beberapa misal 1-3 tagar namun itu cukup unik dan menggambarkan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu, akan mudah ditemukan dan diingat audiens.

4. Saring Pesan Masuk dengan Filter Inbox

jualan di instagram (2)

Jangan sampai Anda melewatkan pesan masuk dari calon konsumen atau audiens, terutama mereka yang menanyakan produk. Oleh karena itu, agar chat pesan masuk tidak tertumpuk, gunakanlah fitur ‘Filter Inbox’. Dengan begitu dapat menandai pesan mana yang penting dan ditinjau kembali.  Cara mengunakannya adalah:

  • Bukalah akun Instagram bisnis milik Anda.
  • Klik ikon messenger yang ada di sebelah pojok kanan atas pada beranda.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Filter’ yang ada di sebelah pojok kanan di dekat kolom pencarian pesan.
  • Lanjutkan dengan memilih ‘Unread’ atau pesan belum terbaca, ‘Unanswered’ untuk pesan belum terjawab, maupun ‘Flag’ untuk menandai pesan penting.

5. Jangan Lupakan Fitur Stories untuk Jualan di Instagram

Ketika jualan di Instagram, profil yang menarik cukup penting untuk diperhatikan. Termasuk pula Stories yang ada di akun bisnis Anda. Dalam menggunakan fitur stories, tak hanya sekadar gambar yang menarik saja. Melainkan juga buatlah hal yang dapat memicu interaksi audiens atau calon konsumen.

Misalnya saja lewat pertanyaan atau ‘Question’ maupun membuat polling. Tentu hal tersebut dapat menarik audiens untuk berkomentar. Sehingga, hal itu dapat meningkatkan engagement. Akan tetapi, pastikan Anda konsisten dalam memposting konten di stories di waktu-waktu primetime.

Baca juga: Mengenal TikTok Shop untuk Jualan dan Belanja Online

6. Siaran Langsung / Live, Mengapa Tidak?

jualan di instagram

Jika sebelumnya mungkin Anda menawarkan produk secara langsung ke penjual yang menghampiri toko fisik, merekomendasikan produk baru, dan sebagainya, kini juga bisa dilakukan di Instagram. Caranya adalah dengan memanfaatkan fitur live.

Anda dapat mengadakan event tertentu seperti promo produk baru, tutorial penggunan produk, dan lainnya. Maksimalkan juga interaksi dengan audiens dengan menyapa mereka dan jangan lupa berikan giveway untuk menarik perhatian mereka.

7. Memanfaatkan Instagram Shopping

Selain enam fitur di atas, satu lagi fitur berjualan di Instagram yang patut dicoba adalah Instagram Shopping. Keunggulannya adalah, para penjual bisa membuat katalog untuk produk mereka beserta deskripsi informasi produk tersebut. Akan tetapi, untuk bisa menggunakannya ada syarat tertentu yang harus dipenuhi pengguna di antaranya:

  • Barang yang dijual adalah barang fisik.
  • Penjual harus mentaati perjanjiang dagang di Facebook.
  • Akun instagram bisnis yang digunakan terhubung dengan page Facebook.

Baca juga: Cara Membuat WA Bisnis untuk Pelaku UMKM

Jualan di Instagram Makin Nyaman dengan Dukungan Perangkat Terbaik

cara download reels instagram (4)

Setidaknya fitur untuk jualan di Instagram di atas perlu Anda coba agar semakin mudah menjangkau calon konsumen dan produk maupun brand yang dijual semakin dikenal. Untuk mendukung hal tersebut, gunakan perangkat aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia.

Mulai dari powerbank untuk menjaga daya baterai tetap prima saat berjualan, pelindung layar, hingga perangkat audio untuk melakukan siaran langsung. Anda bisa mendapatkannya di outlet maupun JETE Indonesia di berbagai kota di Indonesia atau melakukan pembelian secara online di marketplace dan website Doran Gadget sebagai distributor utamanya.

Artikel terkait:

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

Mei 8, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan