6 Tips Atasi Masalah Marketplace Facebook yang Eror

Februari

16

0 comments

JETE Indonesia – Ternyata masih banyak yang belum tahu tentang fitur pada Facebook satu ini. Pada dasarnya Facebook Marketplace adalah fitur yang bergerak sama seperti marketplace pada umumnya. Bedanya, fitur tersebut dibuat di dalam Faceook. Masalah Marketplace Facebook yang sering dihadapi adalah pengguna tidak bisa mengakses platform tersebut, tidak bisa mengirim pesan, akses dibatasi, dan masalah lainnya. Jika hal ini terjadi, maka penjual dan pembeli akan kesulitan untuk melakukan transaksi jual beli.

Apa Saja Masalah Marketplace Facebook yang Sering Terjadi?

Kebanyakan masalah yang sering terjadi adalah pengguna tidak bisa membuka Facebook atau tautan tidak bisa diakses. Tautan berfungsi namun akses pengguna untuk ke marketplace dihapus atau tautan berfungsi namun pengguna tidak melihat ikon pintasan marketplace di aplikasi Facebook. 

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: Aplikasi Desktop Facebook Messenger Meluncur untuk Windows dan Mac

Lalu Mengapa Facebook Marketplace Tidak Bisa Dibuka?

Ada beberapa penyebab mengapa Facebook Marketplace tidak bisa dibuka. Simak selengkapnya berikut ini. 

1. Belum Berusia 18 Tahun 

Hanya pengguna yang berusia 18 tahun ke atas yang bisa menggunakan Facebook Marketplace ini. Jika akun Facebook Anda masih di bawah 18 tahun, maka otomatis tidak bisa mengakses fitur marketplace ini. 

2. Melanggar Kebijakan 

Jika Anda merupakan penjual pada Facebook Marketplace dan akses dicabut, bisa jadi karena Anda melanggar kebijakan dari Facebook. Mengingat ada baberapa peraturan tentang barang jual beli yang ada di Facebook. Kemungkinan Anda diblokir karena dianggap spam saat memposting konten jualan dalam waktu yang berdekatan. 

3. Belum Update Aplikasi  

Salah satu yang sering terjadi adalah Anda lupa atau tidak melakukan update pada aplikasi Facebook ke versi terbaru. Karena Facebook Marketplace tidak tersedia di versi lama maupun di model iPhone sebelum iPhone 5. 

Baca juga: Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Ini Alasannya

Cara Mengatasi Masalah Marketplace Facebook yang Eror

Jika Anda mengalami beberapa permasalahan di atas, ada baiknya mengikuti beberapa panduan di bawah ini.

1. Bersihkan Cache Browser 

Anda bisa menggunakan cara satu ini dengan membersihkan cache pada aplikasi dan browser yang Anda gunakan. Karena data cache yang menumpuk bisa menghabiskan ruang penyimpanan, akhirnya kinerja perangkat akan menjadi melambat dan membuat Anda menjadi sulit untuk menagakses aplikasi Facebook. Perlu diingat cara untuk membersihkan cache pada browser berbeda disetiap devicenya, jadi jangan sampai Anda salah menghapus semua data yang ada. Pastikan untuk hanya menghapus file cachenya saja. 

2. Re-install Aplikasi 

Jika terdapat eror pada versi aplikasi mobile, coba hapus aplikasi dan lakukan instal ulang. Kemudian login kembali untuk memulai. Jika masih terjadi eror, maka masalah Marketplace Facebook bukan berasal dari aplikasinya namun bisa jadi dari bagian lain. Bug atau sedang di maintenance semisalnya. 

3. Update Aplikasi 

Coba cek Apps Store atau Play Store untuk melihat apakah aplikasi Facebook Anda sudah merupakan versi yang terbaru atau membutuhkan update terlebih dahulu. 

4. Nonaktifkan VPN 

Jika Anda merupakan pengguna aplikasi VPN, cobalah menghentikan aplikasi tersebut sebelum mengakses Facebook Marketplace. 

5. Pakai Tautan Lain 

Jika Anda tidak bisa menemukan pintasan ikon markeplace di aplikasi Facebook, maka Anda bisa membukanya melalui tautan lain. Coba untuk membuka marketplace melalui tautan bantuan dari Facebook di sini. 

6 Hubungi Tim Facebook 

Jika Anda kehilangan akses untuk masuk ke tautan marketplace berarti kemungkinan besar Anda telah melanggar Kebijakan Perdagangan atau Standar Komunitas dari Facebook. Namun jika Anda merasa tidak melakukan pelanggaran apapun, bisa langsung hubungi tim Facebook untuk peninjauan. Pengajuan banding akan ditanggapi oleh pihak Facebook dalam satu minggu, pastikan untuk mengecek kotak masuk dukungan atau email yang terkait secara berkala agar mengetahui tanggapan dari pihak Facebook. 

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi untuk Pelajar, Wajib ada di HP!

Nikmati Kenyamanan Bermain Facebook dengan Lancar 

 

Nikmati kelancaran bermain Facebook dan juga menggunakan fitur Facebook Marketplace dengan mudah. Ada banyak pilhan smartphone terbaru dari brand ternama di Doran Gadget, dapatkan juga aksesoris pendukung seperti headset, powerbank, kabel data, stand holder dan lainnya hanya di JETE Indonesia.

Artikel terkait:

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

April 12, 2024

April 11, 2024

April 10, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb