7 Aplikasi Cloud Storage Terbaik, Biar File Jadi Aman

Maret

4

0 comments

JETE Indonesia – Aplikasi cloud storage adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin menyimpan file dengan aman secara online, dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Namun dengan banyaknya pilihan aplikasi cloud storage, banyak orang menjadi bingung tentang aplikasi cloud storage mana yang terbaik untuk mereka. Untuk itu, inilah daftar 7 aplikasi cloud storage terbaik. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya, JETE Lovers!

Cloud Storage Terbaik

Dikarenakan beberapa orang ingin menyimpan file dengan aman, aplikasi penyimpanan online atau biasa disebut aplikasi cloud storage ini,belakangan menjadi semakin banyak dicari oleh banyak orang untuk menyimpan foto, berkas, atau file penting. Nah, berikut ini adalah daftar 7 aplikasi cloud storage terbaik yang bisa kalian coba beserta kelebihan dan kekurangannya.

1. Google Drive

google drive
sc: DragApp

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Google Drive adalah layanan cloud storage yang dikelola oleh Google. Aplikasi penyimpanan cloud gratis ini memungkinkan kamu menyimpan berbagai jenis file (foto, video, musik, dokumen, dll) secara online dan mengaksesnya dari mana saja. Selain itu, Google Drive juga punya fitur kolaboratif agar kamu bisa berbagi dokumen dan melakukan kolaborasi secara real time. Itu karena Google Drive terintegrasi dengan layanan Google lain seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides.

Google Drive memiliki kelebihan, yaitu membuat file dan folder yang tersedia secara offline sehingga kamu dapat mengakses file tersebut bahkan saat tidak terhubung dengan internet. Tidak hanya itu, cloud storage satu ini juga  memungkinkan setiap orang untuk membuat dokumen dan mengeditnya secara langsung. Atau kamu bisa upload dan mengubah file menjadi format Google Docs yang membuatnya dapat diakses kapan pun dan di mana pun. Namun, Google Drive juga memiliki kekurangan, yaitu untuk mengaksesnya sangat bergantung sekali kepada jaringan atau koneksi internet.

Baca juga: Inilah 6 Media Penyimpanan Data Populer dari Masa ke Masa

2. OneDrive

Onedrive
sc: SharePoint Diary

OneDrive adalah penyimpanan cloud storage terbaik yang dikembangkan oleh Microsoft. Produk ini dapat digunakan oleh pengguna Microsoft secara gratis dengan kapasitas 5GB, apabila kamu ingin upgrade ke kapasitas yang lebih besar kamu diharuskan membayar mulai dari 28 ribu setiap bulannya. Seperti pada kebanyakan aplikasi cloud storage, OneDrive dapat diakses baik melalui handphone, laptop, maupun PC selama terhubung ke jaringan internet.  Sama seperti Google Drive, OneDrive juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi lainnya seperti contohnya aplikasi Microsoft seperti Excel, Word, dan PowerPoint.

OneDrive memiliki kelebihan, yaitu memungkinkan sinkronisasi file dengan perangkat yang terhubung, menawarkan opsi pemulihan file yang hilang atau terhapus di cloud, memiliki paket harga cloud yang lebih murah dibanding aplikasi cloud storage lainnya, memiliki perlindungan data yang ekstra serta terenkripsi, serta mampu mencadangkan file secara langsung dari perangkat ke cloud. Namun, OneDrive juga memiliki kekurangan, yaitu menawarkan kapasitas penyimpanan gratis hanya 5 GB yang mana termasuk kecil, tidak terdapat opsi pemilihan folder ketika hendak menyinkronkan OneDrive pada desktop, fitur kolaborasi yang perlu banyak perbaikan dan masih jauh di bawah Google Drive, serta kecepatan sinkronisasi dan upload file cenderung lambat.

3. IDrive

IDrive
sc: imgsistemas.com.br

Rekomendasi cloud storage terbaik berikutnya adalah IDrive, mungkin masih banyak pengguna yang belum mengetahui layanan cloud storage ini.  Sama seperti OneDrive, IDrive juga menawarkan kapasitas penyimpanan secara gratis sebesar 5 GB. IDrive memiliki layanan pengiriman harddisk secara gratis apabila suatu saat datamu hilang dan tidak bisa dipulihkan bernama IDrive Express.

Keunggulan yang dimiliki IDrive yaitu aplikasi ini juga punya banyak opsi backup hanya lewat satu akun, terdapat fitur backup yang terjadwal sehingga kamu tidak akan khawatir jika suatu saat tiba-tiba sedang pencadangan, terdapat 3 opsi pencadangan yakni lokal, cloud, dan hybrid (lokal dan cloud), serta keamanan ekstra menggunakan enkripsi AES 256-bit. Akan tetapi, IDrive juga memiliki kekurangan, yaitu tidak menawarkan kapasitas penyimpanan yang unlimited, proses pemulihan file yang cenderung masih lambat, serta fitur berbagi yang masih terbatas jika dibandingkan dengan cloud storage lainnya seperti Google Drive maupun OneDrive.

4. Dropbox

Dropbox
sc: The Sweet Setup

Dropbox adalah layanan penyimpanan berkas untuk menempatkan, mengakses, dan membagikan file secara online. Kamu cukup mengunggah file ke server Dropbox, lalu membukanya melalui website atau aplikasi dari platform yang kompatibel. Dropbox menawarkan fitur kolaborasi dan versioning, yang memungkinkan kamu berbagi file serta melacak perubahan file tersebut. Selain itu, ada juga fitur sinkronisasi otomatis agar versi terbaru file selalu tersedia di semua perangkat.

Dropbox memiliki kelebihan, yaitu dapat mentransfer file hingga ukuran 100 GB, mampu mengatur penyimpanan lokal yang digunakan pada perangkat, dukungan terhadap berbagai ekstensi file, termasuk format RAW yang biasa digunakan di kamera, serta dapat mendukung hingga 300 ribu integrasi aplikasi dan layanan pihak ketiga. Namun, Dropbox sendiri juga memiliki kekurangan, yaitu reputasi yang sedikit tercoreng akibat kasus kebocoran data pelanggan, harga yang relatif mahal dibandingkan layanan cloud storage lain dengan kapasitas serupa, opsi penyimpanan gratis hanya memiliki storage sebesar 2 GB, serta fitur kolaborasi yang tidak selengkap OneDrive, aspek produktivitas tidak sefleksibel Google Drive.

Baca juga: 6 Aplikasi Meeting Online Terbaik, Kamu Pilih yang Mana?

5. ICloud

ICloud
sc: Eraspace

iCloud adalah aplikasi penyimpanan online gratis dan berbayar milik Apple Inc. Layanan cloud storage terbaik ini memudahkan kamu untuk menyimpan dan menyinkronkan file seperti foto, video, dan dokumen ke semua perangkat Apple. Selain untuk menyimpan file, iCloud juga dibekali kemampuan menarik lain, misalnya pencadangan data, sinkronisasi pesan, sampai integrasi dengan layanan Apple lain seperti iWork, iTunes, dan Apple Music.

Kelebihan iCloud adalah adanya data center di seluruh dunia untuk memastikan data di iCloud selalu tersedia, antarmuka yang mudah digunakan, hingga minim bug dan error. Karena dikembangkan khusus untuk ekosistem Apple, cloud satu ini dapat membantu melacak lokasi perangkat yang dicuri atau hilang dengan fitur Find My, serta dapat digunakan untuk mengembalikan data atau file yang terhapus di HP. Kekurangan iCloud adalah tersedia untuk pengguna Windows, tapi kompatibilitasnya yang tak sebaik versi MacOS, tidak sefleksibel layanan penyimpanan awan yang lain, serta harga yang ditawarkan sedikit di atas rata-rata, terutama jika melihat kapasitas ruang penyimpanan.

6. Box

Box
sc: LearnBrite

Kamu mungkin merasa asing dengan aplikasi cloud storage online ini. Box adalah aplikasi cloud storage online selanjutnya yang bisa kamu gunakan. Layaknya layanan penyimpanan berkas lainnya, Box memungkinkan kamu untuk menyimpan file dan membagikannya ke pengguna lain.  Box memiliki kapasitas penyimpanan yang lega, serta fitur keamanan yang baik guna melindungi data pengguna. Menariknya, Box bisa diintegrasikan ke aplikasi cloud storage terbaik lain, yaitu Google Drive.

Kelebihan dari Box adalah aplikasi ini mudah digunakan karena dirancang dengan user interface yang intuitif, memiliki kapasitas penyimpanan unlimited untuk pengguna berbayar, serta mendukung hampir semua jenis file untuk diunggah ke penyimpanan cloud. Kekurangan dari Box adalah fitur dan integrasi yang lengkap hanya tersedia pada paket berbayar, tidak mendukung sinkronisasi folder otomatis pada MacOS dan pemulihan file secara otomatis setelah terhapus, serta ruang penyimpanan gratis hanya 10 GB, yang mana lebih kecil dari beberapa pesaingnya.

7. SpiderOak One

SpiderOak One
sc: PCMag

Aplikasi cloud storage SpiderOak One mungkin masih terdengar asing bagi para pengguna, termasuk kamu yang sedang mencari aplikasi cloud storageSeperti pada kebanyakan aplikasi penyimpanan cloud, kamu bisa mencadangkan file dan membuat sinkronisasi otomatis dengan perangkat. Ketika melakukan pencadangan, kamu bisa memilih folder mana yang hendak dicadangkan, sehingga tidak semua folder ikut di backup ke SpiderOak One. Fitur ini masih langka untuk aplikasi cloud storage

Aplikasi ini juga menyediakan uji coba gratis selama 21 hari dengan kapasitas penyimpanan hingga 250 GB. Kelebihan dari SpiderOak One adalah tidak terdapat batasan penggunaan perangkat untuk satu akun setelah berlangganan, tautan file yang dibagikan akan otomatis expired setelah 3 hari, fitur pembuatan ShareRoom untuk menyimpan file yang ingin dibagikan ke pengguna lain, serta privasi yang terjaga, karena aplikasi tidak akan menyimpan password serta kunci enkripsi apapun. Kekurangan dari SpiderOak One adalah fitur berbagi file yang masih kurang intuitif, memiliki batasan ukuran file untuk upload dan download, serta tidak ada dukungan untuk kolaborasi.

Baca juga: AI Voice Generator: Pengertian dan Rekomendasi Aplikasi Terbaik!

Menyimpan File Jadi Makin Aman Bareng JETE

Itulah daftar 7 aplikasi cloud storage terbaik yang perlu kamu ketahui. Gimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?  Agar dapat meningkatkan performa komputer kamu dan menyimpan file dengan aman, kamu bisa menggunakan Aksesoris Komputer Terbaik yang tersedia di JETE Store. Yuk! tunggu apa lagi? Nikmatilah kegiatan menyimpan file dengan JETE yang bisa buat performa komputermu jadi lebih baik!

 

Penulis: Fredrik Chandra (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Juni 6, 2024

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

About the author, JETE Contributor