5 Ciri Set Top Box TV Digital yang Aman dan Resmi

Januari

27

0 comments

JETE Indonesia Set Top Box TV Digital (STB) merupakan alat yang diperlukan untuk menikmati layanan tv digital. Layanan tersebut berupa siaran dengan kualitas tayangan yang lebih baik. Namun, Perangkat yang digunakan berbeda dengan STB yang digunakan oleh pelanggan TV berbayar. Dapat diartikan bahwa pelanggan TV berbayar memerlukan STV untuk menikmati siaran TV digital. Melalui artikel ini, JETE Indonesia akan mengulas ciri Set Top Box TV Digital yang resmi dan aman untuk digunakan. 

Ciri TV yang Bisa Menangkap Siaran TV Digital

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika menjelaskan bahwa masyarakat membutuhkan alat bernama digital video broadcast terrestrial second generation atau STB DVB-T2.  Perangkat tersebut berfungsi untuk menerima siaran FTA atau biasa disebut dengan TV digital free to air. 

Baca juga: “JETE Indonesia Hadir di Semarang, Ada Banyak Promo Menarik”

Kondisi tersebut memungkinkan siaran TV yang menggunakan antena UHF digantikan dengan STB DVB T2. Sebelum membahas mengenai ciri Set Top Box (STB) yang aman, berikut adalah ciri TV yang bisa menangkap siaran tv digital:

  • Bukan TV Tabung

TV yang digunakan bukanlah TV tabung dengan layar cembung. Hal tersebut dikarenakan semua TV Tabung merupakan TV analog. Sehingga untuk menerima siaran digital harus dilengkapi dengan set top box (STB) tambahan. 

  • Tidak Semua TV Layar Datar adalah TV Digital

Ini merupakan hal penting  yang harus diketahui bahwa tidak semua tv dengan layar datar merupakan TV digital. Hal ini dapat diketahui dari opsi ‘tuning’ yang dimiliki televisi analog (ATV) atau digital (DTV). Pencarian saluran yang menggunakan ATV cenderung ‘bersemut’ dan kurang jernih. Sedangkan pencarian menggunakan DTV langsung jernih. 

  • Cek Sinyal Digital 

Untuk menikmati siaran digital, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda berada di daerah yang menerima siaran tersebut. Cara mengetahui sinyal saluran TV dapat dilakukan hal-hal berikut: 

  1. Unduh aplikasi sinyal TV di smartphone, bisa menggunakan Apple Store maupun Google Play Store. 
  2. Setelah terpasang  di smartphone, buka aplikasi tersebut
  3. Izinkan akses lokasi
  4. Muncul pea yang sesuai dengan lokasi
  5. Klik bagian kiri bawah yang terdapat kolom Legend. Kolom tersebut memberi informasi mengenai kekuatan sinyal tv digital di sekitar Anda. 
  6. Perhatikan peta tersebut dan cek warna apa yang muncul

Baca juga: “Yuk, Ketahui Perbedaan Layar OLED, AMOLED dan IPS”

Setelah mengetahui ciri TV yang digunakan untuk siaran TV digital, berikut adalah ciri Set top Box Tv Digital yang resmi dan aman.

Ciri Set Top Box Tv Digital (STB) yang Aman 

Set Top Box tersedia di pasaran dan bisa didapatkan secara online maupun offline. Apabila Anda berminat mendapatkan STB, ada baiknya untuk memperhatikan hal berikut:

1. Memiliki Sertifikat dari Kominfo

Pilihlah STB yang dapat digunakan dengan baik dan fitur STB yang bisa berfungsi secara optimal. Jangan lupa juga untuk memastikan apakah bersertifikat dari Kominfo atau tidak. 

Baca juga: Perhatikan 5 Tips Ini Sebelum Membeli Speaker Bluetooth Terbaik

2. Disesuaikan dengan Kebutuhan

Ciri Set Top Box TV Digital selanjutnya yang aman untuk digunakan adalah disesuaikan dengan kebutuhan. Sebab, STB yang berbeda merk  juga berimbas pada fitur yang disediakan oleh STB tersebut. 

3. Cari Informasi dan Review 

Sebelum membeli STB, ada baiknya untuk mencari informasi dan review terkait produk tersebut. Membaca review membantu Anda untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan fitur di dalam Set Top Box TV Digital.  

Baca juga: “JETE S7 Series – Speaker Bluetooth dengan Banyak Fitur Canggih”

4. Temukan Tanda Khusus pada Kemasan

Selain cara di atas, ciri Set Top Box yang resmi dan aman digunakan biasanya memiliki tanda khusus dalam kemasan, di antaranya:

  • Tulisan DVB-T2
  • Lampiran tulisan ‘siap digital’ 
  • Gambar Modi

Nah, informasi di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk memahami ciri Set Top Box untuk TV Digital. Sehingga perangkat tersebut dapat menunjang suara dan tampilan dalam siaran TV Anda. 

Nikmati Siaran Televisi dengan Speaker JETE 

03. speaker bluetooth, JETE S8 Series

Dapatkan speaker kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan di JETE Indonesia.Kami menyediakan speaker dengan suara jernih dan kencang untuk meningkatkan pengalaman Anda saat menonton televisi maupun mendengarkan musik. Untuk pemesanan secara online, Anda bisa mendapatkan speaker JETE Indonesia di sini. Jangan lupa kunjungi Instagram JETE Indonesia untuk informasi produk dan event terbaru.

Tags:

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, JETE Indonesia