6 Tipe Keyboard Komputer yang Perlu Anda Tahu

tipe keyboard (4)

JETE IndonesiaSebagai salah satu bagian penting dalam perangkat komputer, keyboard memiliki peranan vital untuk menginput data. Namun, tahukah Anda jika tipe keyboard sebenarnya bermacam-macam? Jenis yang berbeda-beda tersebut dirancang untuk memudahkan para penggunanya.

Tipe Keyboard Komputer

Berikut enam jenis keyboard dari yang familiar hingga yang mungkin belum pernah Anda tahu karena memiliki bentuk yang unik dan tak biasa sebagaimana dilansir dari lama Kompas Tekno.

1. Tipe QWERTY

Tipe keyboard yang sangat familiar adalah QWERTY. Jenis ini memang umum digunakan untuk berbagai aktivitas yang menggunakan komputer. Susunan dan tata letaknya di bagian awal menggunakan susunan huruf QWERTY.

Penemuan keyboard ini mulai dipatenkan di tahun 1868 dan Christoper Sholes lah yang berjasa menemukan konsep ini. Disebut-sebut, tipe QWERTY lebih efisien dan mengurangi kerusakan pada mesin ketik pada awal penciptaannya dahulu.

2. Tipe Ergonomis

tipe keyboard (3)

Berikutnya ada tipe ergonomis. Dari segi desainnya sendiri terlihat unik dan beda dari keyboard pada umumnya. Hal itu dirancang agar memudahkan pengguna agar posisi jari lebih natural ketika melakukan pengetikan. Setiap brand atau pabrikan tentu memiliki desain yang berbeda-beda.

Misalnya tata letak tombol yang tak lurus. Lalu, ada pula pabrikan yang memang membagi tombol-tombolnya jadi dua bagian terpisah atau split. Fitur yang tak kalah penting dari keyboard ergonomis ini adalah wrist rest atau bantalan untuk pergelangan tangan. Tujuannya, agar lebih nyaman untuk bertumpu dan mencegah kelelahan pengguna ketika mengetik.

Baca juga: Review Keyboard Gaming JETEX KBX2 – Desain Keren dengan Fitur Canggih

3. Tipe Keyboard DVORAK

tipe keyboard (1)

Selain keyboard dengan model QWERTY, juga dikembangkan tipe DVORAK. Nama tersebut mengacu pada penciptanya yakni August Dvorak. Keyboard tersebut mulai diperkenalkan setelah 60 tahun kemunculan QWERTY.

Konon, keyboard tipe DVORAK diklaim lebih efisien dalam mengetik pada tingkat 10-15%. Hal yang paling mencolok pada keyboard jenis ini adalah susunan huruf vokal yakni A,I,U,E,O berada pada bagian tengah atau baris kedua.

4. Tipe Multimedia

tipe keyboard (2)

Bagi Anda yang menekuni pekerjaan di bidang multimedia, tentu memerlukan perangkat komputer dengan desain dan fitur penunjang pula. Salah satunya adalah tipe keyboard multimedia. Tampilannya memang beda dari keyboard biasa, dan terdapat tombol tambahan.

Adapun fungsinya untuk memudahkan pengguna melakukan pekerjaan multimedia. Misalnya ada tombol mute. Kemudian, juga terdapat tombol lain yang memudahkan pengaturan. Mulai dari play/pause, volume, dan next/previous track saat mendengarkan lagu.

Baca juga: Mudah dan Aman, 5 Cara Membersihkan Keyboard Komputer 

5. Tipe Vertikal

tipe keyboard

Dari sekian jenis keyboard, tipe vertikal adalah yang paling berbeda dari lainnya dan dianggap ‘nyeleneh’ dari segi tampilannya. Rancangan desainnya yang unik bertujuan memudahkan pengguna. Jadi, hampir sama dengan keyboard ergonomis.

Keyboard ini memiliki susunan huruf pada bagian kanan dan kiri dengan posisi vertikal. Alasannya, mengetik secara vertikal dapat mengurangi kelelahan bagi tangan pengguna. Namun, cukup jarang ada orang yang mengetik secara vertikal. Bila Anda ingin menggunakannya, maka perlu waktu untuk beradaptasi.

6. Tipe Keyboard Gaming

01. keyboard gaming, keyboard komputer

Terakhir yakni kerboard gaming. Sekilas pada tipe ini hampir mirip dengan keyboard multimedia. Yakni terdapat beberapa tombol pilihan yang memudahkan penggunanya yang disebut dengan tombol makro. Dengan begitu, pengguna tak harus menggunakan kombinasi tombol, hanya menekan tombol makro.

Di samping itu, pada keyboard gaming ini terdapat lampu backlight. Lampu tersebut berfungsi untuk membuat tampilan tombol lebih jelas dan membuat desain keyboard semakin keren saat digunakan.

Baca juga: 5 Perbedaan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Biasa

Pilih Tipe Keyboard Gaming Sesuai Kebutuhan

Itu dia JETE Lovers, beberapa tipe keyboard yang cukup banyak dipilih. Ingat, ada baiknya Anda untuk memilih keyboard sesuai dengan kebutuhan. Terutama tipe mana yang menunjang pekerjaan. Selain itu, sebaiknya beli keyboard tersebut di tempat yang terpercaya. Tujuannya agar Anda mendapatkan produk original dan garansi resmi dari pabrikan.

Lengkapi perangkat komputer Anda selain keyboard, mulai dari mouse, webcam, kabel data, dan lainnya dari produk JETE Indonesia. Dapatkan produk tersebut di outlet dan marketplace resminya atau di Doran Gadget selaku distributor utamanya.

Semoga bermanfaat!

× Whatsapp