5 Cara Menghemat Baterai HP Saat Dipakai Tethering

Desember

21

0 comments

JETE IndonesiaTethering atau mobile hotspot sering digunakan oleh pengguna smartphone untuk mendapatkan sinyal WiFi dan berbagi dengan pengguna lainnya. Baik itu pengguna Android maupun iPhone. Namun, tahukah Anda jika cara ini dapat menguras daya baterai? Oleh karena itu, ada baiknya Anda simak mengenai cara menghemat baterai HP saat dipakai tethering di bawah ini.

Cara Menghemat Baterai HP Saat Tethering

cara menghemat baterai HP

Menghemat daya baterai HP yang digunakan untuk tethering, sebenarnya ada lima cara mudah. Dengan begitu, daya tahan baterai bisa lebih lama dan dapat digunakan untuk aktivitas lainnya. Berikut di antaranya:

1. Matikan Pemantau Lokasi (GPS)

Cara menghemat baterai HP saat digunakan untuk tethering yang pertama adalah dengan mematikan GPS. Ketika fitur GPS diaktifkan, bisa memakan daya baterai yang cukup besar karena akan terus mengupdate lokasi terbaru pengguna. Jika digunakan bersamaan dengan tethering, maka ini akan mempercepat habisnya daya baterai.  Untuk menonkatifkannya, Anda bisa menggunakan cara Setting > Privacy > Location lanjutkan dengan menggeser toggle ke ‘Off’’ bagi pengguna iPhone. Sedangkan bagi pengguna Android, caranya adalah Setting > Location > geserlah toggle dalam mode ‘Off”.

2. Nonaktifkan Fitur WiFi

Sama halnya dengan GPS, WiFi juga memakan daya baterai cukup besar. Sebab, akan mencari jaringan WiFi terdekat hingga tersambung ke ponsel. Maka dari itu, ada baiknya Anda mematikan atau menonaktifkan WiFi saat melakukan tethering  apabila tidak diperlukan. Melakukannya pun cukup mudah, yakni Anda tinggal mematikan ikon WiFi yang ada pada smartphone.

3. Cara Menghemat Baterai HP – Perhatikan Kecerahan Layar

cara menghemat baterai HP (1)

Selanjutnya, yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur tingkat kecerahan layar ponsel. Ingat, semakin cerah layar ponsel yang digunakan maka semakin besar menguras daya baterai yang ada. Bagi pengguna iPhone, untuk mengaturnya adalah dengan Settings > Display & Brightness. Jika Anda menggunakan Android, maka caranya adalah Setting > Display > Brightness Level.

Baca juga: Cara Mengatasi Baterai iPhone Boros Karena Aplikasi Spotify

4. Mengatur Kunci Layar

Setelah Anda mengatur kecerahan layar, perhatikan pula waktu penguncian layar (lockscreen). Dengan begitu, layar ponsel akan mati secara otomatis saat tidak digunakan. Hal ini setidaknya dapat menambah masa daya baterai. Terutama ketika Anda menggunakannya untuk tethering dalam waktu yang cukup lama.

5. Cara Menghemat Baterai HP – Nonaktifkan Fitur Push Notification

Terakhir, cara yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai ponsel untuk tethering dengan menonaktifkan fitur push notification atau pemberitahuan aplikasi yang sudah diinstall di ponsel. Ketika notifikasi muncul, akan memberikan tanda dengan layar yang menyala dan suara. Maka, untuk mematikannya Anda bisa mengubahnya menjadi mode “Do Not Disturb / Jangan Ganggu”.

Penutup

Itulah beberapa cara untuk menghemat baterai HP saat digunakan tethering. Cukup mudah bukan? Anda pun bisa mempraktikkannya di mana saja dan kapan saja. Meski begitu, agar daya baterai tetap terjaga, jangan lupa gunakan powerbank terbaik dengan kapasitas sesuai kebutuhan. Terutama saat Anda melakukan aktivitas outdoor.

Produk-produk powerbank unggulan ini bisa Anda dapatkan di JETE Indonesia melalui pembelian di outlet resmi, marketplace, maupun distributor resminya seperti Doran Gadget. Kami memberikan garansi bagi para konsumen selama 2 tahun dan rusak ganti baru hingga tukar sepuasnya. Jadi, tak perlu khawatir lagi soal kenyamanan dan kualitas produk yang ditawarkan.

Semoga bermanfaat, JETE Lovers!

Artikel terkait:

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 14, 2024

Februari 12, 2024

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan