5 Cara Searching di Google yang Bikin Internetan Nyaman

Desember

20

0 comments

JETE Indonesia – Google sebagai mesin pencari terkemuka tidak bisa dilepaskan dari kehidupan digital saat ini. Namun, tak jarang pencarian ini tidak sesuai dengan apa yang diinginkan penggunanya. Maka, ada cara searching di Google dengan mudah agar pencarian mudah ditemukan sebagaimana dikemukakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Cara Searching di Google

Untuk melakukan searching di Google agar apa yang Anda inginkan dapat segera muncul, ada baiknya dengan menggunakan tanda-tanda khusus. Berikut lima di antaranya yang bisa Anda praktikkan baik menggunakan smartphone maupun komputer.

1. Pakai Tanda Hubung

Cara yang pertama adalah menggunakan tanda hubung. Ini penting bila Anda menginginkan pencarian khusus. Sebab, tidak semua apa yang kita cari langsung muncul dan meskipun muncul keyword tersebut tak berhubungan satu dengan lainnya.

Sebagai contoh, Anda mencari tentang informasi mengenai satelit planet Saturnus yang bernama Titan. Maka yang muncul adalah informasi mengenai anime berjudul ‘Attack on Titan’ mengatasinya, Anda bisa menuliskan tanda hubung. Jadi yang ditulis adalah ‘Titan- attack on titan’. Dengan kata lain, tanda hubung ini memiliki fungsi sebagai sebuah pengecualian.

2. Menggunakan Tanda Bintang

Berikutnya adalah dengan menggunakan tanda bintang atau (*) . Cara ini digunakan untuk mencari sebuah lagu, meskipun Anda hanya hafal bagian liriknya. Secara otomatis akan memunculkan judul lagu sekaligus musisi yang menyanyikan lagu tersebut di mesin pencarian. Sebagai contoh *kau hancurkan diriku bila kau tinggalkan aku*. Secara otomatis, mesin pencarian atau Google memunculkan lagu ‘Separuh Nafas’ milik Dewa-19 saat Anda mengetikkan penggalan lirik lagu tersebut.

3. Cara Searching di Google – Menggunakan Tanda Titik Dua

searching di Google

Searching di Google dengan menggunakan tanda titik dua (:) sangat bermanfaat bila Anda melakukan pencarian di sebuah website tertentu. Termasuk untuk pencarian khusus misalnya ketika melakukan pengecekan kode IMEI yang diterbitkan Kementerian Perindustrian. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetik ‘cek imei: kemenperin.go.id’. Tunggulah beberapa saat hingga Google menampilkan link laman pengecekan IMEI tersebut di urutan paling atas.

Baca juga: 5 Cara Membuat Password Akun Online yang Aman Menurut Google

4. Pencarian dengan Menggunakan Mata Uang

Terkadang, sebagian orang cukup bingung ketika ingin memunculkan konversi sebuah mata uang. Contohnya saja Anda ingin mencari tahu konversi mata uang dolar Amerika Serikat dengan Rupiah. Maka, cara yang mudah dilakukan adalah dengan ketik”$145 to IDR” atau dengan menggunakan keyword lain yakni “145 dolar AS ke Rupiah. Maka, secara otomatis muncul berapa besaran nilai mata uang yang berlaku tersebut.

5. Menggunakan Tanda Kutip

Terakhir, untuk melakukan pencarian di Google dengan efektif Anda bisa menyematkan tanda kutip (“). Ini bisa Anda lakukan di awal dan di akhir kalimat untuk menapatkan pencarian yang lebih spesifik. Sebagai contoh Anda ingin mencari informasi beasiswa dari Universitas Harvard di tahun 2022. Maka, bisa dengan mengetik “harvard scholarship 2022”. Secara spesifik, nantinya Google menampilkan informasi yang berhubungan dengan beasiswa tersebut secara rinci.

Gunakan Perangkat Terbaik untuk Internetan Makin Nyaman

ponsel, smartphone, anak (1)

Bagaimana JETE Lovers, cukup mudah bukan cara searching di Google di atas? Agar semakin nyaman, Anda bisa menggunakan perangkat terbaik dari JETE Indonesia ketika berselancar di internet. Khususnya bila menggunakan smartphone di mana saja dan kapan saja. Mulai dari powerbank untuk menjaga daya baterai, hingga headset untuk streaming konten-konten menarik dalam bentuk video maupun musik.

 Anda bisa mendapatkannya di outlet resmi di Indonesia maupun secara online di marketplace dan Doran Gadget selaku distributor utamanya. Semua barang yang dijual adalah produk asli dengan garansi resmi dari pabrikan rusak ganti baru, tukar sepuasnya.

Menarik bukan? Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

Juni 26, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan