Ini Cara Cek IMEI iPhone yang Bisa Anda Coba!

September

13

0 comments

JETE Indonesia – Dari dulu hingga sekarang, banyak orang yang membeli iPhone tidak di official store dan memilih barang BM (Black Market) atau ex-international. Padahal membeli versi resmi yang ada di Indonesia merupakan pilihan aman mengingat untuk bisa menggunakannya ponsel harus memiliki IMEI resmi dari kemenperin. Karena itu tak heran banyak orang mencari cara cek IMEI iPhone yang mereka miliki untuk mengetahui apakah iPhone mereka asli atau tidak. 

Apa Itu IMEI?

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang biasanya terdiri dari 15 digit angka dan berfungsi sebagai nomor identitas perangkat. Nomor IMEI ini biasanya dipakai oleh operator seluler untuk mengidentifikasi perangkat yang tersambung ke jaringannya. 

Sayangnya, masih banyak masyarakat Indonesia yang membeli iPhone tidak resmi atau ilegal karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah ketimbah resmi dengan garansi iBox. Jika membeli iPhone ilegal kemungkinan ponsel tersebut memiliki IMEI yang tidak terdaftar di kemenperin dan akhirnya membuat iPhone menjadi terblokir. 

Jika terblokir maka pengguna tidak bisa menggunakan iPhone mereka karena jaringan ponsel akan diblokir oleh operator seluler. Sehingga tidak bisa dilakukan untuk berkomunikasi namun hanya bisa digunakan untuk foto, media, dan lainnya. iPhone tersebut baru bisa normal digunakan di negara yang tidak menerapkan aturan blokir IMEI. 

Baca juga: 10 Tips iPhone Simpel yang Bikin HP-an Makin Nyaman

Bagaimana Cara Cek IMEI iPhone?

Untuk mengecek IMEI resmi iPhone, Anda bisa memeriksanya melalui kode USSD *#06# atau juga bisa menggunakan pengaturan yang ada pada iPhone. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke pengaturan dan memilih opsi umum kemudian klik ‘about’ atau ‘mengenai’. Setelah itu gulir ke bawah hingga menemukan kolom IMEI yang terdiri dari 15 angka. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan salah satu cara cek IMEI iPhone dengan lebih mudah yaitu melalui situs Kemenperin atau Kementerian Perindustrian dengan langkah berikut ini. 

  • Buka link dari IMEI Kemenperin di sini
  • Setelah masuk ke halaman awal situs web silahkan masukkan nomor IMEI iPhone Anda di kolom yang tersedia
  • Klik ikon kaca pembesar untuk mulai mencari 
  • Jika muncul tulisan ‘IMEI terdaftar di database Kemenperin’ maka iPhone Anda telah didistribusikan lewat jalur resmi. Sebaliknya, jika tidak terdaftar berarti iPhone Anda adalah iPhone ilegal atau BM

Baca juga: Deretan Cara Menjaga Battery Health iPhone dengan Benar

Penutup 

Itulah cara cek IMEI iPhone dengan mudah yang bisa Anda ikuti. Pastikan iPhone Anda memiliki garansi resmi dan terdaftar di kemenperin sehingga Anda bisa dengan mudah menyambungkannya dengan berbagai aksesoris official iPhone. Anda juga bisa mendapatkan berbagai aksesoris terbaik seperti powerbank, speaker, TWS, headset, stand holder dan lainnya dari JETE Indonesia yang bisa dibeli di sini. Semua produk JETE mendapatkan garansi rusak ganti baru selama 2 tahun loh. Yuk buruan beli sekarang! Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah