Apa Itu WA GB dan Perbedaannya dengan WA Biasa?

02. whatsapp

JETE IndonesiaBeberapa waktu lalu muncul trending topik di media sosial mengenai WA GB. Sekilas, semua fitur dan fungsinya tidaklah jauh berbeda dengan WA biasa yang dikeluarkan resmi oleh Meta. WA GB adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh pihak ketiga dan tidak bisa diaplikasikan di semua smartphone dan platform. Apa saja perbedaannya dengan yang resmi? Simak ulasannya dalam artikel kali ini JETE Lovers.

Perbedaan WA GB dengan WA Biasa

01. whatsapp

Setelah mengetahui apa itu WA GB, penting pula buat kamu untuk mengetahui perbedaan keduanya. Melansir dari laman Kompas Tekno, perbedaan antara WA biasa atau resmi dengan WA GB adalah:

  1. Mengenai aspek legalitasnya, WA GB bukanlah produk aplikasi dari Meta. Melainkan modifikasi WhatsApp Plus yang merupakan aplikasi pihak ketiga. Beda halnya dengan WA biasa yang menjadi produk resmi dari Meta.
  2. Dari segi sistem operasi dan penggunaannya, WA GB hanya bisa digunakan untuk Android saja. Sementara, untuk WA biasa atau resmi dapat digunakan di berbagai platform. Mulai dari Android, iPhone, Mac, hingga Windows PC.
  3. WA GB tidak bisa didownload di PlayStore. Dengan begitu, kamu harus menggunakan pihak ketiga. Beda dengan WA resmi yang bisa kamu download di AppStore maupun PlayStore.
  4. Untuk WA GB tidak ada jaminan keamanan terkait data pribadi penggunanya. Sementara, WA biasa atau resmi memiliki sistem keamanan yang kuat dan sistem enkripsi.

Baca juga: Mudah, Ini 5 Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir!

Keunggulan dan Kekurangan WA GB

cara bakcup whatsapp

Meski ramai digunakan WA GB sendiri tentunya memiliki sejumlah kekurangan dan keunggulan. Adapun keunggulan WA GB adalah sebagai berikut:

  1. Dapat membuat dan mengubah tema hingga ratusan pilihan.
  2. Dapat menghapus pesan terkirim dengan mudah.
  3. Dapat menggunakan dua akun bahkan lebih tanpa harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Termasuk memutuskan jaringan internet di WhatsApp.
  4. Centang biru dan centang dua dapat disembunyikan.
  5. Bisa mengunci aplikasi dan mengirimkan pesan tanpa menyimpan nomor serta menyembunyikan pesan.
  6. Format file yang dikirim lebih beragam, tak sekadar gambar maupun video ddan bisa membalas pesan otomatis.
  7. Pengguna juga bisa mengganti huruf hingga menghilangkan status ‘Sedang Mengetik’.

Di sisi lain, meskipun memiliki sejumlah keunggulan WA GB pun terdapat beberapa kekurangan. Misalnya saja terkait privasi data keamanannya tidak terjamin, hal itu karena aplikasi ini besutan pihak ketiga.

Baca juga: Begini Cara Backup WhatsApp Agar Data Aman

Penutup

Nah, itu dia JETE Lovers perbedaan antara WA GB dengan WA biasa. Apapun pilihannya, pastikan kamu menggunakan sesuai kebutuhan. Selain itu, ada baiknya kalau gunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pabrikan. Tujuannya adalah agar data lebih aman dan terlindungi. Terutama data-data penting tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum oleh orang tak dikenal.

Di samping itu, kamu bisa gunakan perangkat gadget untuk mendukung penggunaan WhatsApp semakin nyaman. Mulai dari powerbank, headset, TWS, charger, dan lain sebagainya dari JETE Indonesia. Produk tersebut bisa kamu dapatkan di official store yang ada di kotamu. Atau pembelian via marketplace dan website maupun aplikasi Doran Gadget.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

× WhatsApp