Spotify vs Joox, Mana Layanan Streaming Musik Terbaik?

Februari

22

0 comments

JETE Indonesia – Di era yang semakin modern ini, ada banyak platform musik yang hadir sebagai sarana musisi untuk menyebarkan karya-karya mereka. Di antaranya yaitu Spotify dan Joox. Keduanya merupakan platform streaming musik terbaik dengan koleksi lagu terlengkap yang bisa kamu dengarkan. 

Meskipun ada banyak jenis platform yang serupa, namun Spotify dan Joox masih menjadi juaranya. Terlebih lagi banyak karya para musisi artis lokal maupun mancanegara bisa kamu dengar secara gratis. Namun, di antara Spotify vs Joox, manakah yang lebih baik? Kamu bisa simak ulasannya melalui artikel di bawah ini!

Kelebihan Layanan Streaming Joox

Download Lagu Legal (1)

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki layanan streaming musik Joox yang wajib kamu ketahui. 

1. Bisa Mendapatkan VIP Gratis 

Tidak semua lagu yang disediakan oleh Joox bisa kamu dengarkan secara gratis, setidaknya ada 40% dari semua lagu yang diberikan tersebut berstatus VIP. Dimana lagu tersebut tidak bisa didengarkan oleh semua orang. Dengan kata lain, hanya bisa didengarkan oleh pengguna VIP saja. 

Pada aplikasi Joox terdapat cara-cara yang diberikan agar bisa menjadi user VIP tanpa perlu membayarnya. Berbeda dari platform pemutar musik lainnya yang tidak menyediakan metode seperti ini. Platform lainnya tidak menjelaskan cara-cara agar bisa free menjadi pengguna VIP. 

2. Tersedia Berbagai Tema

Selain mendengarkan musik, Joox juga memiliki fitur theme yang bisa kamu ubah sesuai selera. Fitur ini cocok buat kamu yang gampang bosan bosenan pada saat terlalu sering melihat suatu hal yang sama. 

Kamu bisa dengan mudah mengganti theme aplikasi Joox dengan satu klik. Caranya masuk ke theme gallery lalu tekan tombol unduh maka otomatis theme akan segera terganti dari sebelumnya. 

3. Bisa Karaokean 

Fitur ini sangat berguna buat kamu yang ingin melatih kemampuan bernyanyi. Aplikasi Joox menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak daftar lagu yang bisa kamu putar sambil kamu nyanyikan ala karaoke. Hasilnya pun bisa kamu simpan dan bagikan ke sosial media. 

Selain itu, hasil karaoke juga bisa kamu setting menjadi publik maupun private. Jika kamu membuatnya publik, maka video karaoke yang kamu buat dapat dilihat oleh pengguna lainnya. Namun sebaliknya, Apabila kamu setting videomu sebagai private, maka orang tidak bisa melihatnya. 

Baca juga: Selain Spotify, Ini 5 Aplikasi Streaming Musik Terbaik

Kekurangan Layanan Streaming Joox

Selain Kelebihan yang dapat dinikmati oleh para pengguna, layanan streaming Joox juga memiliki kekurangan:

1. Lagu Kurang Lengkap 

Memang lagu yang disediakan layanan Joox ini sampai jutaan, namun masih banyak lagu yang belum tersedia. Berbeda dengan Spotify yang menyediakan daftar lagu sangat lengkap. Maka dari itu, tidak heran kalau kamu tidak bisa menemukan lagu-lagu lama sesuai yang kamu inginkan pada pencarian aplikasi Joox. 

2. Terlalu Banyak Iklan

Melalui fitur gratis VIP yang membuat user bisa mendapatkan VIP dengan mudah, Joox juga memasangkan iklan untuk dapat keuntungan. Sering kali ketika kamu memutar sebuah lagu, ada juga selingan beberapa detik iklan yang terpaksa harus kamu dengarkan. Hal tersebut terkadang akan membuat kita sebagai pendengar lagu merasa risih dengan adanya iklan. Hal tersebut karena iklan yang muncul tidak hanya sekali atau dua kali saja, namun sering terjadi.

Baca juga: 5 Situs Download Lagu Legal MP3, Dijamin Aman dan Nyaman!

Spotify VS Joox – Kelebihan Layanan Spotify

Itulah kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh Joox. Eits, tapi tak berhenti disana JETE lovers, untuk menentukan mana yang terbaik di antara Spotify vs Joox kamu perlu lihat kelebihan dan kekurangan Spotify juga!

1. Tampilan Sederhana dan Ringan 

Beralih ke Spotify, bagi kamu yang gemar mendengarkan lagu pada perangkat seluler,maka platform streaming musik ini pilihan pas untuk Sepertinya pihak developer mengutamakan kemudahan pengguna dalam menggunakan aplikasinya dibandingkan membuat tampilan atau tema yang menarik. Karena itulah, pada saat membuka aplikasi juga tidak memakan waktu yang lama untuk loading karena tampilannya  yang sederhana. 

2. Daftar Lagu yang Berlimpah 

Spotify VS Joox – Tidak bisa dipungkiri bahwa Spotify menyediakan lagu yang lebih banyak dan lengkap dibandingkan Joox. Saat ini platform layanan lagu ini memiliki 30 juta lagu dan akan terus bertambah. Daftar lagu yang ada di platform Spotify terdiri dari lagu jadul hingga lagu yang lagi trend saat ini. Jadi kamu nggak perlu pusing lagi mencari lagu lama di Spotify karena semuanya ada disini. 

3. Update Lagu yang Cepat 

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Spotify adalah ketika ada lagu baru yang dikeluarkan oleh penyanyi atau band, tidak butuh waktu lama bagi kamu untuk bisa mendengarkan lagu tersebut pada aplikasi Spotify.  Bagi kamu yang ingin up-to-date dengan lagu-lagu terbaru baik Indonesia maupun mancanegara, Spotify lah jagonya.

Baca juga: Cara Membuat Playlist di Spotify dengan Mudah

Kekurangan Layanan Streaming Spotify

Setelah kelebihan Spotify yang baru saja kita lihat di atas, berikut ini beberapa kekurangan dari layanan Spotify. 

1. Harus Membayar untuk Jadi Premium 

Pada saat kamu pertama kali mengunduh aplikasi Spotify, maka akan otomatis mendapatkan trial selama 7 hari. Tapi saat masa trial sudah habis, kamu harus membayar Rp49.990 per bulan. Jika tidak mendaftar sebagai member premium, maka akan muncul iklan pada saat mendengarkan lagu dan kamu tidak bisa menyimpan lagu secara offline. Saat ini Spotify belum menyediakan premium gratis. 

2. Tidak Bisa Mengganti Tema

Berbeda dengan pesaingnya, pada aplikasi Joox kamu bisa mengganti theme sesuka hati, namun Spotify tidak seperti itu. Theme yang ada di Spotify merupakan theme/tema default di aplikasi dan tidak bisa diganti. Pihak developer tidak menyediakan pilihan theme bagi para pengguna Spotify bertujuan untuk meringankan aplikasi.

Baca juga: 6 Langkah Menggunakan Spotify di Windows 10 dan Cara Instalnya

Dengarkan Musik Favorit dengan Perangkat Audio JETE

04. TWS, true wireless stereo, earbud TWS, TWS JETE

Itulah JETE lovers, ulasan mengenai Spotify vs Joox. Silahkan untuk menentukan pilihan terbaikmu sekarang. Semakin luar biasa saat mendengarkan lagu, dapatkan juga audio dari JETE Indonesia dengan membelinya di official store JETE Indonesia di kotamu atau pembelian secara online. Semoga membantu!

Penulis: Filippo Aurel Kezia – (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Mei 8, 2024

April 20, 2024

April 16, 2024

April 16, 2024

April 15, 2024

April 13, 2024

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb