Mangaka Tonikawa: Over The Moon Hiatus Karena Kematian Gojo Satoru 

Oktober

19

0 comments

JETE Indonesia – Kematian Gojo Satori dari manga terkenal Jujutsu Kaisen memang memberikan reaksi yang beragam pada para penggemarnya. Baru-baru ini kabar menghebohkan datang dari kreator manga Tonikawa: Over The Moon yang hiatus karena kematian Gojo Satoru. Sebagai penggemar Jujutsu Kaisen, sikap mangaka ini cukup dipahami oleh para penggemar. 

Kematian Goho Satoru di chapter 236 kemarin memang menyimpan luka yang cukup besar bagi para penggemar yang mencintai karakter satu ini. Ada banyak reaksi yang dilakukan oleh penggemar, mulai dari menangisi chapter ini, marah, tidak ingin membaca chapter ini atau melewatkannya, mogok membaca mulai dari chapter ini, membuat meme, dan masih banyak lagi. 

Tonikawa Over The Moon hiatus
sc: reddit / JuJutsuKaisen

Meskipun beberapa penggemar menganggap alasan Kenjiro Hata, author dari manga Fly Me to the Moon /  Tonikawa: Over The Moon ini tidak masuk akal, namun beberapa menganggapnya hal yang cukup masuk akal.  Karena itulah, edisi 46 dari majalah Weekly Shonen Sunday milik Shogakukan mengungkapkan bahwa manga Fly Me to the Moon karya Kenjiro Hata akan hiatus hingga edisi 50. Majalah tersebut menyatakan bahawa Hata sedang dalam masa pemulihan karena terkejut dengan peristiwa yang terjadi di bab 236 dari Jujutsu Kaisen. 

JETE Special Offer dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga: 21 Fakta Gojo Satoru: Sifat, Umur, Kematian, dan Trivia

Kenjiro Hata Fans Jujutsu Kaisen 

Tonikawa Over The Moon hiatus
sc: hayatenogotoku.fandom.com

Kenjiro Hata, sang kreator Tonikawa memang adalah fans sejati Jujutsu Kaisen. Saking ngefansnya, ia telah berkali-kali memasukkan referensi ke Jujutsu Kaisen di manganya. Hata pernah membuat Tsukasa, salah satu tokoh utama dalam komiknya, melakukan pose Sukuna’s Malevolent Shrine beberapa kali di manga, dan bahkan beberapa elemen cerita seperti nama dan perluasan domain juga diacu dalam manga tersebut.

Bahkan ada satu bab di mana karakter Yuji muncul sebentar. Hal-hal seperti ini menunjukkan bahwa Hata sangat menghormati Jujutsu Kaisen, jadi berita bahwa dia memberikan reaksi besar terhadap kematian Gojo bukanlah hal yang tidak mungkin.

Baca juga: 7 Rekomendasi Film dan Series Dokumenter Netflix Terbaik

Bukan yang Pertama Kali 

Tonikawa Over The Moon hiatus
sc: mangabrog.files.wordpress.com

Jujutsu Kaisen bukanlah manga pertama yang membuat orang-orang bereaksi berlebihan terhadap kematian karakternya. Kenjiro Hata, mangaka Fly Me to the Moon, dan banyak lainnya memiliki reaksi yang ekstrem terhadap kematian Gojo. Namun, ini bukanlah kali pertama hal seperti ini terjadi. Mengo Yokoyari, mangaka Oshi no Ko, pernah mengatakan bahwa ia perlu istirahat dari X karena Chainsaw Man menjadi sangat menegangkan setelah kematian Power.

Reaksi paling terkenal, adalah ketika Toru Rikiishi, karakter dari anime Ashita no Joe meninggal pada tahun 1970, pemakaman nyata diadakan untuk menghormatinya dengan dihadiri oleh 700 penggemar. Contoh-contoh ini menunjukkan bahwa meskipun reaksi terhadap kematian Gojo sangat ekstrem, penggemar manga telah melakukan hal-hal seperti ini selama beberapa dekade, jadi ini bukanlah hal baru.

Jika ada yang bisa diambil dari semua ini, itu adalah pernyataan tentang betapa terikatnya orang-orang dengan karakter fiksi. Meskipun mungkin tampak konyol untuk memiliki reaksi yang begitu emosional terhadap karakter fiksi, orang-orang akan selalu terikat dengan cerita yang beresonansi dengan mereka, dan manga tidak berbeda, bahkan dalam beberapa dekade sebelum media sosial menjadi hal yang besar. 

Kenjiro Hata yang harus menghentikan Fly Me to the Moon setelah apa yang terjadi di Jujutsu Kaisen hanyalah peristiwa terbaru dari jenis ini, dan dengan sepopuler serial ini, kecil kemungkinan ini akan menjadi yang terakhir sebelum serial ini berakhir.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Main Game di Netflix! 

Penutup 

Mengingat harus menunggu hingga 4 minggu lagi sebelum Fly Me to the Moon kembali aktif, kamu bisa membaca manga lainnya untuk menghabiskan waktumu. Kini kamu bisa membaca manga di mana pun dan kapan pun tanpa takut baterai ponsel cepat habis. Ada powerbank terbaik dari JETE yang memastikan pengisian dayamu sempurna seharian penuh!

Artikel terkait:

Maret 26, 2024

Februari 2, 2024

Desember 21, 2023

Desember 9, 2023

November 25, 2023

November 25, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb