Apa itu Wipe Data? Pengertian, Fungsi, dan Caranya!

Oktober

19

0 comments

JETE IndonesiaBuat kamu yang sering ganti perangkat pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah wipe data. Terlebih lagi buat kamu yang sering memindahkan, menghapus, dan mengelola data-data penting . Lantas, apa itu wipe data? Simak artikel berikut untuk mengetahui informasi lengkapnya!

Apa itu Wipe Data?

apa itu wipe data
sc : freepik

Dalam bahasa Indonesia, wipe data dapat diartikan sebagai membersihkan data. Dengan kata lain, wipe data adalah salah satu cara efektif untuk menghapus data secara permanen dari media penyimpanan perangkat. Jadi, ketika kamu melakukan proses wipe data, secara otomatis akan menghapus semua aplikasi yang diinstal di perangkat. Selain itu, dapat mengembalikan semua pengaturan menjadi pengaturan awal dan data-data yang tersimpan di penyimpanan telepon pun akan terhapus semua. 

Maka dari itu, agar data pada perangkat tidak hilang, kamu wajib mencadangkan data ke dalam kartu SD atau penyimpanan awan (cloud). Wipe data tidak akan memengaruhi kartu SD, jadi ketika kamu menyimpan data di kartu SD dan melakukan reset pabrik ini, datamu tetap aman dan akan tersimpan utuh. 

Baca juga : 5 Cara Restart HP Tanpa Tombol Power, Mudah Banget!

Fungsi Wipe Data

Wipe data berfungsi sebagai anti-forensic yang berguna untuk mengurangi risiko keamanan pada sistem perangkat. Jika data telah terpapar, maka keamanan penting seperti kata sandi dan akun riset dapat dipulihkan dengan metode wiping data. Jadi, wipe data bisa dikatakan bermanfaat bagi aspek privasi dan keselamatan.

Dengan menggunakan wiping data memungkinkanmu untuk menghapus data yang tersimpan di perangkat dan kamu juga dapat menghapus data yang telah disimpan di media storage lain, seperti flash drive, kartu memori, dan memory stick.

Langkah ini menjadi salah satu solusi terakhir jika perangkatmu mengalami masalah. Seperti perangkat elektronik pada umumnya, masalah atau eror pada sistem operasi bisa menyebabkan perangkat tidak bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, beberapa orang berharap mendapatkan pengaturan seperti saat pertama kali membeli ponsel tersebut.

Baca juga : 8 Cara Download Video Instagram Terbaru dan Mudah

Cara Melakukan Wipe Data Android

wipe data artinya
sc : freepik

Buat kamu yang menggunakan perangkat Android, berikut ini adalah langkah-langkah wipe data di HP Android yang bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa ribet: 

  1. Matikan perangkat Android terlebih dahulu.
  2. Tekan tombol volume atas dan “Power” di HP Android dan kamu akan masuk ke halaman recovery mode.
  3. Arahkan ke menu ‘Wipe data’ atau ‘Factory reset’ menggunakan tombol volume atas atau bawah. Tekan ‘Power’ untuk menjalankan perintah.
  4. Ikuti semua petunjuk yang muncul di layar HP hingga proses wipe data berlangsung.
  5. Jika proses wipe data selesai, ponsel akan berada di menu utama.
  6. Selesai.

Baca juga : 5 Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Dijamin Privasi Terjaga!

Cara Melakukan Wipe Data iOS

Untuk kamu pengguna iOS tak perlu khawatir, cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini kamu sudah bisa melakukan wipe data. Jangan lupa pastikan kamu telah mem-backup data terlebih dahulu, lalu nonaktifkan Find My.Setelah selesai, kamu dapat me-reset atau wipe data dalam perangkatmu dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Buka opsi Settings.
  2. Klik General > Reset > Erase All Content and Settings.
  3. Masukkan passcode kamu, lalu klik Erase.

Cara Melakukan Wipe Data Komputer

wipe data artinya
sc : freepik

Berikut ini cara untuk melakukan wipe data pada komputer yang bisa kamu coba. Namun sebelum langkah ini dilanjutkan, pastikan seluruh data yang ada dalam komputermu sudah aman atau dibackup. Langkah ini bisa kamu coba bagi pengguna Windows maupun Mac.

1. Windows 

Bagi para pengguna sistem operasi Windows, dapat melakukannya dengan cara berikut:

  1. Buka “Settings”.
  2. Pilih “Update & Security”
  3. Klik tab “Recovery”
  4. Lalu, pilih “Get Started”
  5. Klik “Remove everything”

Ikuti perintah yang muncul pada layar kamu, lalu komputer akan me-restart secara otomatis. Semuanya tergantung pada ukuran drive penyimpanan data kamu. Aktivitas ini dapat memakan waktu beberapa jam yang akhirnya dapat kamu gunakan.

2. Mac 

Sementara, kalau kamu menggunakan Mac dan iOS cukup ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Nyalakan komputer kamu atau restart.
  2. Tekan dan tahan tombol Command + R pada keyboard sehingga muncul logo Apple.
  3. Setelah berhasil, lepaskan tombol tersebut. Lalu, Mac kamu akan boot ke menu pemulihan khusus.
  4. Pilih opsi Disk Utility dari menu.
  5. Pilih drive penyimpanan datamu, lalu klik tombol Erase. Tidak masalah jika kamu mempertahankan settingan ini sebagai default untuk format dan skemanya.
  6. Selanjutnya, klik Security Option.

Jika kamu mengenksripsi drive penyimpanan, maka kamu dapat membiarkannya pada opsi default. Namun, jika kamu memformat hard drive mekanis, maka kamu harus memindahkannya ke setidaknya tingkat paling aman ke dua, yaitu 3-pass secure erase.

Baca juga : Mudah, Ini Cara Memindahkan Chat WhatsApp dari Android ke iPhone!

Penutup

Nah, itulah informasi lengkap mengenai wipe data JETE Lovers! Sangat mudah bukan untuk melakukannya? Kini memindahkan data semakin mudah, dan untuk menjaga perangkat tetap memiliki daya stabil, gunakan powerbank JETE. Kamu bisa mendapatkan semua produk JETE di sini! Untuk promo produk yang berlaku, follow Instagram JETE Indonesia di HP-mu sekarang juga. Selamat mencoba!

 

Penulis : Putri Nurul Iman
Editor : Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

November 21, 2023

November 13, 2023

November 1, 2023

Oktober 25, 2023

Oktober 24, 2023

Oktober 21, 2023

About the author, JETE Contributor