5 Tips Road Trip Agar Perjalanan Jadi Lebih Nyaman

Maret

1

0 comments

JETE Indonesia – Hai, JETE Lovers! Gimana nih kabar kamu? Lagi jenuh karena pekerjaan dan pengen liburan? Kamu bisa mencoba road trip biar makin seru. Road trip adalah perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Namun, sebelum melakukan ini ada beberapa hal yang wajib kamu persiapkan agar lebih tenang dan nyaman di perjalanan. Tanpa lama lagi, yuk simak tips road trip berikut! 

Kelebihan Road Trip 

Kelebihan Road Trip
SC: Pexels

Road trip ternyata memiliki kelebihan tersendiri, lho. Apalagi untuk kamu yang berjiwa petualang dan suka mencoba hal baru. Berbeda halnya ketika kamu traveling menggunakan jasa agen travel yang jadwal dan tempatnya sudah ditentukan. Road trip akan lebih cocok untuk kamu yang suka merasakan pengalaman baru, unik, dan berkesan. Berikut beberapa keunggulan dari road trip yang harus kamu tau. 

1. Lebih Hemat

Perjalanan menggunakan mobil bisa menampung lebih banyak orang sehingga bisa lebih hemat dibandingkan transportasi umum. Selain harus membeli tiket perorangan, naik transportasi umum juga membuat kamu kurang leluasa. Jika ingin lebih hemat, sesuaikan jenis mobil yang akan digunakan untuk mengetahui berapa jumlah orang yang ikut saat road trip. Setelah itu, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya bahan bakar, tiket, tol, biaya makan, atau tiket wisata yang bisa dibagi rata dengan sejumlah orang yang ikut pergi bersama.  

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

2. Bebas Mengatur Jadwal Perjalanan 

Salah satu keunggulan dari road trip yang tidak bisa kamu temukan ketika menggunakan transportasi umum yaitu bebas mengatur jadwal perjalanan. Kamu bisa lebih santai menikmati perjalanan tanpa terburu-buru. JETE Lovers juga bisa menentukan tujuan, kecepatan dalam berkendara, mengunjungi spot menarik, atau mengubah destinasi. Road trip akan sangat cocok untuk kamu yang suka dengan hal baru. 

Baca Juga: 10 Gadget Aksesoris Mobil yang Bikin Interior Semakin Nyaman

3. Eksplorasi Tanpa Batas 

Suka eksplor tempat baru? Road trip cocok untuk kamu! Perjalanan akan terasa lebih menyenangkan karena kamu bebas menentukan rute maupun tempat tujuan berlibur. Terutama ketika rute yang kamu lewati memiliki destinasi wisata yang menarik. Kamu bisa sekaligus berkunjung ke destinasi tersebut untuk menambah pengalaman baru. Sehingga road trip bukan hanya sekedar melakukan perjalanan, tapi membuat kamu lebih bebas mengeksplorasi tempat baru.

4. Bisa Berhenti di Mana Saja 

Siapa yang suka mampir untuk beli oleh-oleh? Road trip menggunakan mobil akan membuat kamu lebih bebas untuk berhenti kapan pun dan di mana pun. Selain itu, kamu bisa punya banyak kesempatan dalam mengeksplorasi berbagai tempat wisata. Terlebih ketika menemukan destinasi wisata kuliner yang menggiurkan. Pengalaman liburan akan jauh lebih berkesan ketika kamu merasakan cita rasa yang berbeda-beda di setiap tempat. Sehingga road trip terasa unik dan menyenangkan! 

5. Pengalaman yang Lebih Menarik 

Pengalaman menarik menjadi hal yang paling ditunggu dari road trip. Pengalaman yang unik, seru, berkesan akan membuat kamu semakin sulit untuk melupakannya. Apalagi kalau perjalanan yang dilalui bersama orang terkasih. Road trip memberikan pengalaman sendiri di tiap kota atau destinasimu. Bahkan, bisa membuat orang ketagihan untuk terus melakukan road trip. 

Baca Juga: 5 Gadget untuk Traveling yang Wajib Kamu Bawa

Tips Road Trip Biar Lebih Aman dan Nyaman 

Tips Road Trip
SC: Pexels

Road trip jauh terasa lebih menyenangkan dan berkesan ketika dipersiapkan dengan matang. Hal ini lebih dari sekedar menentukan destinasi dan budgeting, tapi juga dari aspek keamanan dalam berkendara. Persiapan yang matang dapat meminimalisir risiko di perjalanan. Mulai dari kendaraan, kondisi fisik, hingga peralatan emergency wajib untuk diperhatikan. Berikut tips road trip yang wajib kamu perhatikan. 

1. Pastikan Mobil dalam Kondisi Prima

Hal paling penting dalam melakukan road trip yaitu memperhatikan kondisi mobil yang akan digunakan. Sebab, ada banyak kejadian tidak terduga yang bisa terjadi di perjalanan. Kamu bisa memeriksa kondisi ban, oli dan cairan lainnya, tool kit, lampu depan dan belakang, dan lainnya. Jika kondisi mobil dalam keadaan prima, maka perjalanan panjang pun akan terasa lebih nyaman. Setidaknya, lakukan pengecekkan 3-4 hari sebelum melakukan road trip. 

2. Pastikan Tubuh dalam Keadaan Fit 

Tips road trip berikutnya yaitu kamu juga harus memperhatikan kondisi kesehatan, lho. Road trip membutuhkan waktu lama dan stamina yang cukup. Sebelum melakukan perjalanan panjang, sebaiknya istirahat cukup, jaga pola makan dengan konsumsi makanan bergizi, minum suplemen atau vitamin sebagai booster. Jika ingin mempersiapkan dengan baik, kamu bisa membawa obat-obatan emergency untuk berjaga-jaga selama perjalanan.

3. Bawa Barang-Barang Penting Saja 

Jangan sampai lupa untuk membawa barang-barang penting saja. Barang-barang penting ini, seperti dokumen pribadi untuk keperluan tempat kamu berlibur, uang yang cukup, baju ganti, dan kebutuhan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa membawa bekal atau cemilan agar tidak kelaparan di perjalanan saat tidak menemukan rest area. Membawa cemilan dari rumah juga bisa sekaligus menghemat budget di perjalanan. 

4. Minum Air yang Cukup 

Membawa air minum itu penting, lho! Kamu bisa saja terkena dehidrasi ketika tidak mengkonsumsi air putih selama berjam-jam. Air juga memiliki manfaat untuk menambah cairan tubuh yang hilang setelah berkendara dalam waktu yang lama. Agar lebih hemat, bawalah botol minum sendiri. Cara ini dapat membantu mengurangi sampah plastik. Gunakan botol minum yang bisa menjaga kestabilan suhu agar terasa lebih segar ketika meminumnya.

5. Menentukan Supir Cadangan 

Agar perjalanan tetap terasa aman dan nyaman, sebaiknya kamu bergantian menyetir ketika lelah saat melakukan road trip. Selain bisa beristirahat, bergantian menyetir dengan teman atau keluarga yang kondisi fisiknya fit akan membuat perjalanan menjadi lebih aman. Namun, jika tidak ada yang bisa diajak untuk bergantian maka bisa menepi sejenak di rest area untuk beristirahat sebelum melakukan perjalanan kembali. 

Baca Juga: JETE R2-20W – Charger Mobil Terbaik untuk Traveling

Penutup

Destinasi Road Trip
sc: Freepik

Momen liburan bisa terasa lebih menyenangkan jika kamu melakukan beberapa tips road trip di atas. Pastikan untuk mempersiapkannya dengan matang, menjaga kondisi tubuh, dan istirahat jika merasa lelah. Biar makin betah di perjalanan panjang, kamu bisa pakai aksesoris mobil dari JETE. Mulai dari back seat organizer yang berguna untuk menaruh barang-barang penting hingga head unit GPS agar tidak tersesat. Temukan produk menarik lainnya hanya di JETE! 

Artikel terkait:

Juli 15, 2024

Juli 13, 2024

Juli 8, 2024

Juli 6, 2024

Juli 4, 2024

Juli 3, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb