Telinga Sakit Akibat Lama Menggunakan Headset? Ini Bahayanya dan Solusi yang Perlu Anda Ketahui

menggunakan headset

Pernah tidak Anda merasakan sakit pada telinga saat menggunakan headset atau earphone dalam jangka waktu yang lama? Untuk berbagai aktivitas, memakai headset cukup lama sebenarnya kurang disarankan. Hal ini dikarenakan indra pendengaran merasa kelelahan mendengarkan suara terus menerus yang biasa disebut listener fatigue.

Memilih menggunakan headset atau earphone untuk beragam aktivitas seperti bermain game, mendengarkan musik, menerima telepon memang sangat memudahkan. Namun nyatanya kebiasaan tersebut memiliki dampak kurang baik pada indra pendengaran. Apabila kebiasaan tersebut terus dilakukan, maka telinga akan terasa sakit.

Memang mendengarkan musik dengan volume tinggi bisa meningkatkan konsentrasi. Baik untuk bekerja, untuk kegiatan olahraga seperti lari atau bersepeda dan lain sebagainya. Namun sadar atau tidak, kebiasaan tersebut bisa mempengaruhi sistem syaraf pada indra pendengaran.

Faktor Penyebab Sakit Pada Telinga Karena Headset

Salah satu penyebab timbulnya rasa sakit di telinga karena bagian earbuds headset atau earphone. Bagian earbuds yang masuk kedalam telinga cukup lama akan mengakibatkan sakit. Hal tersebut karena telinga akan tertutup sempurna dan akan semakin parah jika digunakan sambil melakukan aktivitas berat.

Untuk menunjang kebiasaan Anda yang suka mendengarkan musik menggunakan headset atau earphone. Sebaiknya memilih headset yang sudah memiliki teknologi headphone bone conduction yang akan membantu Anda. Teknologi ini sudah lama dikembangkan untuk meningkatkan kenyamanan mendengarkan musik.

headset bluetooth jete open ear

 

Teknologi headphone bone conduction adalah teknologi yang sedang populer dalam perkembangan headphone. Dengan teknologi ini, memungkinkan Anda untuk tetap bisa mendengarkan musik namun tetap bisa mendengarkan suara sekitar. Seperti suara sapaan teman, suara klakson dan lain sebagainya.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Itu karena bagian earbuds tidak masuk menutupi lubang telinga melainkan melingkari daun telinga. Dengan begitu memungkinkan Anda tetap bisa mendengarkan musik dalam waktu lama tanpa merasakan sakit pada telinga.

Rekomendasi Headset yang Memakai Headphone Bone Conduction

Salah satu rekomendasi headset atau headphone yang menggunakan teknologi headphone bone conduction adalah JETE Open Ear. Headphone ini memungkinkan Anda mendengarkan musik namun masih bisa mendengar suara di sekitar. Sehingga membuatnya tetap aman digunakan untuk aktivitas outdoor.

headset wireless jete open ear

Desain yang sporty wireless headset ini membuatnya semakin praktis digunakan. Karena tidak masuk kedalam telinga, sebagai gantinya headset dikaitkan pada kepala bagian belakang. Jadi Anda tidak perlu khawatir headset akan terlepas tanpa disadari.

Kesimpulan

Mendengarkan musik sambil beraktivitas tentu akan sangat menyenangkan. Namun penggunaan jangka panjang bisa sangat berbahaya pada telinga. Salah satu cara agar telinga tetap nyaman dan Anda tetap bisa mendengarkan musik favoritmu yakni dengan headset bluetooth JETE Open Ear dengan teknologi headphone bone conduction.

Wireless Headset Olahraga JETE Open Ear ini cocok digunakan untuk berbagai aktivitas. Bagian pengait akan dikatkan ke belakang kepala sehingga headset akan menempel kuat. Jadi headset akan tetap kokoh dan tidak mudah terlepas selama Anda gunakan untuk melakukan aktivitas berat.

× Whatsapp