Sekilas Sama, Ini Perbedaan WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop

Oktober

26

0 comments

JETE Indonesia – WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop jika dilihat sekilas memang nampak sama. Akan tetapi, dalam penggunaannya platform ini ternyata berbeda. Apa saja perbedaan dari keduanya dan apa saja fitur-fiturnya serta bagaimana cara menggunakannya? JETE Lovers bisa simak pada ulasan berikut.

Perbedaan Utama WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop

Perbedaan utama dari kedua WhatsApp ini ialah dari cara mengaksesnya. WhatsApp Desktop merupakan aplikasi yang bisa diunduh kemudian diinstal pada komputer PC maupun laptop. Di mana perangkat tersebut memiliki sistem operasi Windows maupun MacOS.

Sementara itu, WhatsApp Web Anda perlu menggunakan browser terlebih dahulu baik menggunakan Chrome maupun Mozilla. Jadi, Anda harus membuka browse dulu dan masuk ke laman web.whatsapp.com untuk mengaksesnya.

Fitur WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop

03. whatsapp, WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop

Selain perbedaan utama di atas, keduanya juga memiliki perbedaan dari segi fitur yang dimilikinya. Misalnya pada segi tampilan pada WhatsApp Web memang tampilannya sedikit lebih luas dibandingkan versi desktop. Kemudian, untuk versi desktop ada tombol minimize yang bisa digunakan memperkecil jendela aplikasi. Tombol minimize ini tak ada di versi web.

Perbedaan fitur lainnya adalah ketika Anda ingin menggunakan shortcut kedua jenis aplikasi ini. Pada versi web, bila ingin memulai chat baru Anda bisa menggunakan tombol ‘ctrl+shift+N’. Sedangkan pada versi desktop lebih singkat hanya dengan menekan tombol ‘ctrl+alt+N’ secara bersamaan.

Baca juga: 6 Tips WhatsApp Mudah Agar Anda Tak Lupa Menandai Pesan Penting

Cara Menggunakannya

WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop

Cara menggunakan WhatsApp Web maupun WhatsApp Desktop cukup mudah. Di sini, hal utama yang perlu diperhatikan adalah, pastikan sinyal internet berjalan dengan baik agar koneksi semakin lancar. Berikut cara membuka kedua WhatsApp tersebut:

  • Menggunakan WhatsApp Web

  1. Bukalah mesin pencari di komputer atau laptop Anda baik itu Mozilla Firefox, Google Chrome maupun lainnya.
  2. Cobalah untuk membuka tab baru dan pada adress bar masuukkan alamat web.whatsapp.com.
  3. Selanjutnya, pindailah QR Code yang ada pada layar komputer menggunakan smartphone. Caranya ialah, buka aplikasi WhatsApp di HP > pilih titik tiga yang ada di bagian pojok kanan > pilih perangkat tertaut > masukkan kode keamanan Anda dan arahkan kamera smartphone ke QR code dan tunggu hingga muncul
  • Menggunakan WhatsApp Desktop

  1. Unduh WhatsApp Desktop dengan klik di sini dan pilih tombol ‘Download For’
  2. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai dan buka menu folder download. Cari file berformat .exe maupun .dmg yang berikon WhatsApp dan klik ikon tersebut lalu ikuti langkah berikutnya sampai penginstalan selesai.
  3. Bukalah WhatsApp Desktop pada komputer, lanjutkan dengan login menggunakan QR Code di komputer seperti cara pada WhatsApp Web dan tunggulah hingga aplikasi membukanya.

Baca juga: Dekati Telegram, Aplikasi WhatsApp Bakal Dilengkapi Fitur Baru

Mana yang Tepat untuk Anda?

aplikasi whatsapp (1)

Sebenarnya, antara WhatsApp Web vs WhatsApp Desktop tidaklah memiliki perbedaan yang mencolok. Keduanya pun sama-sama nyaman digunakan. Di sini Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun, bila Anda menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi yang lama, sebaiknya menggunakan WhatsApp Web karena bisa lebih cepat. Akan tetapi, jika Anda menginginkan tanpa ribet bisa menggunakan WhatsApp Desktop tanpa harus membuka browser terlebih dahulu.

Untuk penggunaan yang lebih nyaman, Anda juga bisa menggunakan perangkat komputer pendukung. Anda dapat memilih perangkat seperti mouse dan keyboard dari JETE Indonesia di toko online resmi yang ada di marketplace atau melalui pembelian di Doran Gadget selaku distributor utamanya.

Artikel terkait:

Mei 30, 2024

Mei 29, 2024

Mei 27, 2024

Mei 25, 2024

Mei 15, 2024

Mei 8, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan