Cara Mudah Merawat Webcam Agar Tetap Awet

Oktober

25

0 comments

JETE IndonesiaMerawat webcam adalah hal yang cukup penting untuk Anda lakukan secara rutin. Tujuannya adalah agar kamera tetap awet dan nyaman digunakan. Terlebih bila Anda sering melakukan meeting online, webinar, belajar daring, hingga kegiatan lainnya. Apa saja yang dapat Anda lakukan? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Cara Merawat Webcam

Berikut beberapa cara merawat dan memelihara webcam agar tetap awet dan tidak cepat rusak. Cara tersebut bisa Anda praktikkan sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan yang mudah didapatkan.

1. Perhatikan Tempat Penyimpanannya

01. cara menggunakan webcam di laptop

Sebagai langkah awal dalam merawat webcam ialah dengan memperhatikan tempat penyimpanannya. Usahakan simpan webcam di tempat khusus yang aman dari debu dan air yang bisa masuk ke dalam perangkat dan membuat rusak komponen di dalamnya.

Kemudian, jika Anda menyimpannya pada sebuah wadah khusus setelah menggunakan webcam, pastikan tempat tersebut aman dari benturan maupun guncangan yang bisa merusak bagian luar. Kelembapan udara juga penting diperhatikan agar selalu terhindar dari jamur. Atau Anda bisa menggunakan silica gel untuk menghalau bibit jamur. Termasuk pula pastikan webcam tidak terlalu terpapar sinar matahari secara intens dengan suhu tinggi.

2. Merawat Webcam dengan Membersihkannya Lensanya

merawat webcam (1)

Cara merawat webcam berikutnya adalah dengan membersihkannya secara rutin. Khususnya pada bagian lensa. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan kain khusus yang halus. Bila perlu, bila ingin mengeluarkan debu dari sela-sela sempit di bagian lensa bisa menggunakan blower sederhana.

Kemudian, Anda dapat menggunakan cairan pembersih khusus lensa. Namun, sebaiknya Anda jangan langsung menyemprotkan cairan tersebut. Lebih baik bila disemprotkan pada kain yang lembut dan halus atau tisu terlebih dahulu. Lalu, mulailah mengusapkannya pada lensa webcam.

Baca juga: 5Tips Memilih Webcam Terbaik Sesuai Kebutuhan

3. Selalu Jaga Kondisi Webcam dalam Keadaan Baik

02. cara menggunakan webcam di laptop

Terakhir, pastikan Anda menjaga kondisi webcam dalam keadaan baik. Usahakan operasikan webcam untuk beberapa saat ketika Anda jarang menggunakannya. Hal itu untuk memastikan komoponen yang ada tidak rusak dan bisa digunakan kapan saja ketika diperlukan.

Lakukanlah pengecekan secara berkala misalnya terhadap kualitas video, perangkat penghubung ke laptop atau komputer, dan sebagainya. Dengan begitu, ketika ada kerusakan kecil dapat segera diantisipasi dan tidak merembet pada kerusakan yang lebih besar.

Dapatkan Webcam Terbaik untuk Berbagai Aktivitas

Itulah cara mudah untuk merawat webcam agar tetap dalam kondisi baik dan tetap awet saat digunakan. Selain menggunakan cara-cara di atas, pastikan pula Anda memilih webcam terbaik dari brand terpercaya. Mulai dari kualitas gambar yang dihasilkan, fitur-fitur yang ada, hingga garansi yang diberikan.

JETE Indonesia memiliki beragam pilihan webcam terbaik untuk mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Dengan dukungan resolusi HD yang ada, akan membuat pengguna lebih nyaman. Termasuk pula garansi resmi selama dua tahun dan rusak ganti baru tukar sepuasnya.

Anda bisa mendapatkan produk tersebut di toko online resmi JETE Indonesia di berbagai marketplace, outlet dan mitra kami di berbagai kota, hingga pembelian melalui Doran Gadget selaku distributor utamanya yang menghadirkan banyak promo di saat tertentu.

Artikel terkait:

Oktober 25, 2021

Juli 28, 2021

Mei 21, 2021

Januari 12, 2021

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp