Cerita Dibalik Wallpaper Windows XP yang Populer

Oktober

28

0 comments

JETE IndonesiaWallpaper Windows XP tentu sudah tidak asing bagi para pengguna komputer. Gambarnya memang terbilang sederhana, yakni terdiri dari langit biru, bukit yang hijau, dan awan berwarna putih menggantung di langit. Namun, siapa sangka dibalik foto yang terkenal itu ada penyesalan dari sang fotografer yang kini berusia 79 tahun itu.

Wallpaper Windows XP Dijepret Tak Sengaja

Wallpaper Windows XP (2)

Foto wallpaper Windows XP yang sering kita lihat diambil oleh seorang fotografer bernama Charles O’Rear. Di mana foto tersebut diambil secara tak sengaja ketika dirinya berkendara dari kawasan Napa menuju Sonoma di daerah California, Amerika Serikat di tahun 1996.

Pada awalnya, O’Rear hanya berkendara begitu saja. Namun, melihat pemandangan keren di hadapannya, dirinya lantas berhenti lalu mengeluarkan kamera dengan medium format yakni Mamiya RZ67 dan membidik serta menjepretnya.

Menariknya lagi, foto yang dijual kepada Microsoft itu tidak menggunakan sentuhan editing dari aplikasi maupun software pengolah foto sedikit pun. Sampai akhirnya Microsoft tertarik dan mulai dijadikan sebagai default  wallpaper Windows XP saat pertama kali dirilis tahun 2001 silam.

Baca Juga: Cara Download Windows 11 dengan Mudah di Komputer dan Laptop

Fotografer Menyesal, Mengapa?

Wallpaper Windows XP (1)

Jika sebagian besar fotografer merasa bangga foto hasil bidikannya dipajang pada perangkat sejuta umat, namun tidak halnya dengan O’Rear yang mengaku kecewa dan menyesal foto tersebut dijadikan sebagai wallpaper Windows XP. Mengapa demikian? Hal itu karena keputusannya menjual foto sekali bayar saja.

Dengan kata lain, pihak Microsoft hanya membelinya tanpa menggunakan sistem lisensi. Sehingga, pendapatan yang diperoleh fotografer hanya pada saat pembelian awal saja. Penyesalan O’Rear diungkapkannya dalam Sydney Morning Herald yang menyebutkan jika dirinya dulu tahu bila wallpaper Windows XP tersebut dilihat sekitar 1 miliar kali dan banyak perangkat, maka akan melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan.

Bayangkan saja, bila software Windows XP sudah terjual dengan jumlah sekitar 1 miliar kopi tersebut dan pihak Microsoft membayar sekitar 1% saja kepada fotografer, maka O’Rear akan mendapatkan 10 juta US$ dari foto tersebut.

Wallpaper Windows Bertahan Cukup Lama

Wallpaper Windows XP (3)

Meskipun hanya foto pemandangan sederhanya, kenyataannya foto hasil jepretan O’Rear tersebut digunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menunjukkan bahwa foto sederhana juga memiliki kekuatan yang luar biasa dan mudah dikenang oleh sebagian besar orang dari dulu hingga sekarang.

Bahkan, meskipun Windows XP telah mengalami perubahan fitur namun foto tersebut seolah masih menjadi bagin penting yang tak boleh terlewat. Anda pun tetap menikmatinya, termasuk program-program unggulan lainnya. Agar semakin nyaman melakukan aktivitas dengan Windows XP, Anda bisa menggunakan perangkat pendukung dari JETE Indonesia mulai dari headphone dan headset untuk berkomunikasi hingga mouse dan keyboard.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Juni 23, 2023

Juni 17, 2023

Juni 13, 2023

Juni 7, 2023

Mei 26, 2023

Mei 25, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp