Cara Mengatasi Smartphone Terkena Air

Agustus

14

0 comments

JETE Indonesia – Smartphone saat ini menjadi benda yang wajib dimiliki dan digunakan oleh setiap orang. Baik itu untuk kebutuhan dalam mendukung kerja maupun aktivitas gaya hidup di era digital. Namun, tidak jarang para pengguna lalai saat mengoperasikannya dan hal-hal tak terduga pun terjadi.

Misalnya saja perangkat terkena air baik itu tersiram, terkena hujan, atau jatuh ke tempat yang digenangi air. Bahkan buruknya, perangkat terendam dalam waktu yang cukup lama. Meski begitu, Anda tak perlu panik dan khawatir. Ponsel tersebut masih bisa diselamatkan asalkan dengan penanganan yang cepat dan benar. Seperti apakah langkah-langkahnya? Simak ulasannya berikut ini.

Hal yang Perlu Dihindari Saat Smartphone Terkena Air

04. smartphone

Untuk mengatasi ponsel yang terkena air, ada beberapa hal yang perlu dihindari. Tujuannya, agar ponsel dapat terselamatkan dan tidak mengalami kerusakan yang lebih buruk. Lantas apa saja hal yang perlu dihindari ini? Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda tahu.

  1. Jangan menyalakannya
  2. Jangan mencoba isi dayanya baik secara langsung menggunakan charger maupun powerbank. Sebab, ponsel yang basah bila diisi daya dapat menyebabkan korsleting.
  3. Jangan tekan tombol apapun yang ada di ponsel
  4. Hindari mengetuk maupun menggetarkan ponsel dalam waktu singkat maupun lama.
  5. Sebaiknya jangan tiup ponsel, karena hal Ini dapat membuat air masuk ke bagian internal lain dari yang belum terjangkau. Alhasil, bisa saja terjadi kerusakan pada ponsel.
  6. Jangan keringkan dengan menggunakan hair dryer. Hal itu dapat memiliki efek yang sama seperti yang dijelaskan di atas. Panas juga dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Baca juga: Begini Cara Mengisi Daya Powerbank yang Tepat

Langkah Mengatasi Smartphone yang Terkena Air

01. smartphone

Tidak hanya menghindari hal yang sudah disebutkan di atas saja, Anda juga perlu melakukan beberapa langkah penting ketika ponsel pintar terkena air. Sebenarnya, langkah tersebut sangat mudah dilakukan. Namun, kuncinya adalah Anda tetap tenang dan tidak panik ketika ponsel terkena air. Lalu, lakukan hal di bawah ini.

  1. Segera keluarkan dari air dan matikan. Ketika ponsel Anda jatuh ke dalam sebuah genangan air atau kolam, sebaiknya segera keluarkan perangkat itu dari tempat tersebut. Hal itu dilakukan untuk membuat smartphone Anda tak terlalu lama di dalam air. Setelah itu, pastikan smartphone berada dalam keadaan mati. Meskipun masih menyala setelah diambil, segera matikan ponsel. Hal itu bisa dilakukan dengan mematikan seperti biasa atau segera mencabut baterai.
  2. Lepaskan kartu SIM dan MicroSD dari slotnya. Sebab, air yang cepat mengalir tidak hanya merusak perangkat dalam saja tetapi berpotensi merusak kartu SIM maupun MicroSD, sehingga tak bisa Anda gunakan lagi.
  3. Jika baterai ponsel adalah lepasan (removable), maka keluarkan dari tempatnya. Sayangnya, sebagian besar ponsel saat ini memiliki baterai tanam (non-removable). Solusinya adalah membawa ke tempat servis untuk mengeceknya daripada mencoba membuka sendiri.
  4. Gunakan kain atau tisu untuk mengeringkan smartphone. Tujuannya untuk menyerap air agar tidak membuatnya semakin menyebar pada perangkat.
  5. Cara lain yang bisa Anda lakukan yakni mengubur smartphone dalam kantong berisi beras. Mungkin cara ini cukup unik, namun sebagian orang menilainya ini sebagai cara efekfit. Cukup masukkan ponsel ke dalam kantong berisi beras. Tunggu hingga satu atau dua hari hingga benar-benar kering. Setelah kering, pasanglah baterai dan coba nyalakan kembali.
  6. Jika smartphone tidak menyala, cobalah mengisi dayanya. Apabila tetap mati, maka bisa jadi komponen yang rusak hanya baterai. Namun, Anda bisa memakai baterai pengganti. Sayangnya, jika tidak membuahkan hasil, satu-satunya solusi adalah membawa smartphone ke pusat servis.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Smartphone Tidak Berfungsi

Gunakan Selalu Perangkat Pendukung Terbaik

01.powerbank, smartphone

Setidaknya, itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan saat smartphone terkena air. Jangan lupa untuk selalu menggunakan perangkat terbaik agar smartphone tetap awet dan optimal saat digunakan untuk menunjang kinerja maupun aktivitas sehari-hari lainnya.

Salah satunya adalah menggunakan produk dari JETE dengan berbagai fitur unggulan yang bisa Anda dapatkan di outlet dan mitra resmi JETE Indonesia di berbagai kota di Indonesia. Atau bisa membelinya di distributor resmi seperti Doran Gadget.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

April 27, 2024

April 24, 2024

April 20, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 25, 2024

About the author, JETE Indonesia