7 Tips Menjalankan Zoom Meeting Agar Aman dan Nyaman

Agustus

18

0 comments

JETE IndonesiaAplikasi Zoom kini menjadi populer untuk mendukung komunikasi saat bekerja. Terutama saat bekerja dari rumah atau kegiatan belajar mengajar online melalui layanan Zoom meeting. Meski terlihat mudah, mungkin bagi sebagian orang cukup kesulitan menjalankannya. Lalu, apa saja yang harus diperhatikan agar sesi tetap aman dan nyaman?

Tips Menjalankan Zoom Meeting

Berikut beberapa tips yang perlu Anda perhatikan saat akan memulai sesi Zoom meeting. Khususnya bagi Anda yang baru pertama kali menjalankannya.

1. Kamera yang Digunakan

03. cara menggunakan webcam di laptop

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Kamera menjadi fitur penting untuk melakukan sesi meeting maupun webinar menggunakan Zoom. Kualitas kamera yang buruk juga akan berpengaruh pada tampilan. Untuk mengatasinya, cobalah untuk melakukan setting di aplikasi. Caranya adalah dengan mengklik ikon roda gigi yang ada di pojok kanan atas Zoom. Kemudian, arahkan ke ‘Video’ dam ‘Camera’.

Bila Anda menggunakan webcam eksternal, dapat melakukan pengaturan di menu. Caranya pilih ‘Opsi HD’ untuk menghadirkan gambar lebih tajam. Atau gunakan opsi ‘Touch Up My Appearance’ di bagian bawah. Jika Anda dalam ruangan yang cukup gelap maka gunakan opsi ‘Adjust for Low Light’.

2. Perhatikan Latar Belakangnya

Agar tampilan Anda semakin menarik, perhatikan pula latar belakangnya. Latar belakang tersebut bisa disesuaikan dengan konteks acara. Zoom pun menyediakan latar belakang virtual, atau Anda bisa mengunggah foto sendiri bila diinginkan. Caranya pun mudah. Anda cukup tekan ikon roda gigi di pojok kanan atas. Pilih ‘Background & Filters’ lanjutkan dengan memilih latar belakang sesuai dengan keinginan.

3. Sesuaikan Pakaian yang Anda Kenakan

Zoom Premium, Harga Zoom Premium 2

Sebagian orang mungkin akan menilai ini sebagai hal biasa. Namun, tahukah Anda bila pakaian berpengaruh terhadap tampilan layar saat melakukan sesi meeting? Di sini pengguna memang pintar-pintar memainkan psikologi warna. Misalnya warna cerah akan meningkatkan kepercayaan diri dan mudah dilihat oleh peserta lainnya. Pastikan pula pakaian yang Anda gunakan tidak menyalahi konteks dan sopan. Khususnya untuk menghadiri Zoom meeting pada acara-acara yang formal.

Baca juga: Keunggulan Zoom Premium untuk Kenyamanan Aktivitas Daring dan Bisnis Anda

4. Perangkat Audio Saat Zoom Meeting

Selain kamera dan tampilan visual, keberadaan audio pun berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Misalnya ketika mengajukan pertanyaan, mendengar arahan, dan sebagainya. Laptop tertentu memang dibekali dengan mikrofon. Namun, untuk hasil yang optimal Anda dapat menggunakan headset dengan fitur terbaik seperti noise cancellation untuk meredam suara bising. Sehingga bisa lebih fokus selama sesi berlangsung.

5. Kecepatan Internet

Sesi meeting melalui Zoom mengandalkan koneksi internet untuk tetap terhubung dengan peserta lainnya. Maka, pastikan koneksi internet Anda stabil dan kencang. Koneksi yang lambat bisa berpengaruh pada video delay maupun crash. Inilah yang membuat sesi meeting sedikit terganggu. Idealnya, untuk melakukan sesi seperti video conferene memiliki kecepatan 4 Mbps.

6. Pastikan Baterai dalam Kondisi Prima

03. zoom

Tentu Anda tidak ingin hal lain mengganggu selama sesi berlangsung bukan? Selain masalah koneksi internet, masalah yang perlu dihindari adalah baterai yang menipis. Sebaiknya, saat melakukan sesi ambillah posisi yang tidak jauh dari sumber listrik untuk pengisian daya ketika baterai mulai menurun dayanya. Bila menggunakan smartphone dan melakukan sesi di luar, Anda bisa menggunakan powerbank untuk melakukan pengisian daya.

Baca juga: 5 Perangkat Gadget untuk Menunjang Aktivitas Selama di Rumah Saja

7. Matikan Suara atau Mute

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan mute atau mematikan suara ketika tidak berbicara dengan audiens lain. Hal ini sangat penting agar suara di sekitar Anda tidak masuk dalam audio Zoom ketika meeting berlangsung. Misalnya ada seseorang yang memanggil nama Anda, dan sebagainya. Tentu hal seperti ini sangat mengganggu peserta lainnya.

Menggunakan Perangkat Terbaik untuk Memulai Zoom Meeting

zoom pemium, harga zoom premium

Kini, setelah Anda mengetahui tips Zoom meeting di atas saatnya memulai sesi pertama dengan baik dan tanpa hambatan. Untuk itu, Anda bisa menggunakan perangkat pendukung yang memiliki kualitas terbaik dari JETE.

Seperti headset, webcam, dan mouse untuk menggerakkan kursor dengan nyaman bila menggunakan komputer. Jangan lupa juga untuk menggunakan powerbank yang tangguh agar baterai tetap prima bila Anda meeting menggunakan smartphone.

Anda dapat membelinya di outlet-outlet JETE Indonesia yang tersebar di berbagai kota. Atau melakukan pembelian di Doran Gadget selaku distributor resminya, baik pembelian secara langsung maupun secara online di marketplace.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

Mei 22, 2024

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb