Penjualan Ponsel Eropa Q3 Didominasi Samsung dan Huawei

Penjualan Ponsel Eropa Q3 Didominasi Samsung dan Huawei

Laporan terbaru dari Canalys memberikan ikhtisar pengiriman smartphone dan pangsa pasar di antara OEM, khususnya untuk Eropa. Samsung memindahkan pengiriman terbanyak di Eropa pada kuartal terakhir ini dengan pangsa pasar 30,4%. Angka ini tumbuh 26% dari tahun ke tahun dibandingkan dengan 14,8 juta dari kuartal yang sama pada tahun 2018.

canalys report

Meskipun AS telah mengeluarkan pelarangan, Huawei berhasil menjual lebih banyak perangkat di Q3 (11,6 juta) setelah hanya menjual 8,5 juta unit di Q2. Bagaimanapun, Huawei tidak menunjukkan pertumbuhan pada Q3 untuk jumlah penjualan, meskipun masih berhasil mempertahankan posisi kedua di pasar pangsa pasar Eropa pada 23,9%.

Sementara itu, Apple peringkat ketiga kuartal ini dengan 9,8 juta unit, tetapi penjualan 4% lebih rendah daripada mereka di kuartal yang sama tahun lalu. Xiaomi menempati urutan keempat dan menjual 5,5 juta pengiriman di Q3, melihat pertumbuhan signifikan 73% YoY dan menghasilkan 10,5% pangsa pasar. Pertumbuhan Xiaomi disebabkan oleh ekspansi agresifnya di Eropa selama setahun terakhir.

HMD Global mengambil tempat kelima menjual 0,9 juta unit dengan pangsa pasar hanya 1,8%. Penjualan untuk HMD melambat 21% dari Q3 tahun lalu yang melihat 1,2 juta unit dan pangsa pasar 2,4%.

canalys

“Eropa berada dalam posisi yang menguntungkan dan menarik perhatian banyak vendor Cina mengingat saldo salurannya. Operator dan saluran terbuka masing-masing membentuk 47% dan 50% dalam hal masuk ke pasar. Ini telah memberikan potensi untuk skala dan margin yang lebih sehat dengan produk menengah ke atas,” sebut Mo Jia, analis Canalys.

Jia menjelaskan bahwa pasar Eropa hampir terbagi rata antara penjualan dari saluran terbuka (mis. Membeli ponsel yang tidak terkunci dengan harga penuh) dan penjualan langsung dari operator (membeli smartphone dengan layanan melalui penyedia). Ini tidak seperti AS, di mana sebagian besar penjualan datang langsung dari operator.

Untuk mengalahkan penjualan Huawei, vendor Cina lainnya masuk untuk mencoba mengambil pangsa pasar dari Huawei. Ke depan, implementasi 5G yang terfragmentasi di banyak operator di Eropa memberi OEM banyak peluang untuk bermitra dan menjual perangkat 5G. Kami berharap untuk melihat masuknya smartphone kelas menengah dengan dukungan 5G di tahun depan, sehingga keberhasilan setiap OEM akan tergantung pada banyak faktor di pasar Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp