Penjualan Apple iPhone Capai 70,7 unit untuk Q4 2019

Penjualan Apple iPhone Capai 70,7 unit untuk Q4 2019

Apple menyamai atau melampaui Samsung untuk menjadi pembuat smartphone terbesar di dunia pada kuartal keempat 2019, menurut data baru dari perusahaan pelacakan pasar. Sebuah laporan baru oleh Strategy Analytics menempatkan pengiriman Apple iPhone untuk kuartal keempat tahun lalu di 70,7 juta unit, sedikit di atas perkiraan Samsung 68,8 juta.

Apple meraih posisi pertama dengan 19 persen pangsa pasar smartphone global, sementara Samsung mengklaim posisi kedua, tetap datar di 18 persen. Huawei merosot ke 15 persen saham di tempat ketiga. Pengiriman smartphone setahun penuh berjumlah 1,4 miliar unit pada tahun 2019, menurut Strategy Analytics.

“Pengiriman Apple ‌iPhone‌ naik 7 persen per tahun dari 65,9 juta unit di seluruh dunia pada Q4 2018 menjadi 70,7 juta pada Q4 2019. Ini adalah kinerja pertumbuhan terbaik Apple sejak 2015. Pasar ponsel pintar global Apple telah meningkat dari 18 persen menjadi 19 persen pada tahun lalu. sedang pulih, karena harga iPhone 11 yang lebih murah dan permintaan yang lebih sehat di Asia dan Amerika Utara.”

Penjualan Apple iPhone

Perusahaan-perusahaan riset dipaksa untuk memperkirakan penjualan ponsel cerdas global karena Apple berhenti memberikan angka ‌iPhone‌ sendiri pada Januari 2019, sementara Samsung memberikan angka total yang mencakup telepon pintar dan telepon seluler.

Akibatnya, ada ketidakkonsistenan antara data peneliti pasar. Sebagai contoh, IHS Markit memiliki posisi dua pemain terbesar terbalik, dengan Samsung di 70,7 juta dan Apple di 67,7 juta. Seperti dicatat Bloomberg, konsensusnya adalah bahwa pada dasarnya tidak ada lagi siang hari antara dua merek dominan di ponsel.

Hubungan perkiraan Apple dengan Samsung adalah karena lonjakan baru-baru ini dalam penjualan ‌iPhone‌, yang menghasilkan $ 56 miliar pendapatan untuk pertumbuhan 8 persen selama kuartal Desember, menurut hasil keuangan terbaru perusahaan.

‌‌IPhone 11‌‌ adalah ‌‌iPhone‌‌ yang paling laris setiap minggu selama kuartal tersebut, dan tiga model ‌‌iPhone‌‌ yang baru adalah iPhone Apple yang paling populer. Perusahaan melaporkan laba $ 22,2 miliar dengan pendapatan $ 91,8 miliar, menjadikan kuartal terakhir yang terbaik dalam sejarah Apple dalam hal pendapatan dan laba, melampaui kuartal fiskal pertama 2018.

Sementara itu, Samsung minggu ini melaporkan penurunan laba 38 persen. Perusahaan Korea melihat peningkatan dalam bisnis mobile-nya, tetapi itu tidak cukup untuk mengimbangi penurunan dalam operasi komponennya, terutama karena penurunan harga chip memori.

Bisnis seluler Samsung meningkat 67 persen menjadi $ 2,13 miliar, sementara pendapatannya meningkat 7 persen menjadi $ 21,1 miliar. Tetapi permintaan lunak dalam bisnis display dan penurunan harga LCD melihat laba operasinya merosot 57 persen, sementara pendapatan turun 11 persen.

Melihat gambaran yang lebih luas, angka-angka IHS Markit menunjukkan Samsung mengirim lebih banyak smartphone secara signifikan dibandingkan Apple sepanjang tahun lalu – total 295 juta, dibandingkan dengan 193 juta Apple.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp