Mengenal Fitur Breakout Room Zoom dan Cara Membuatnya

05. breakout room zoom

JETE IndonesiaZoom menjadi aplikasi yang populer selama bekerja di rumah dan melakukan pertemuan virtual. Mulai kegiatan belajar mengajar, meeting perusahaan, dan lainnya. Aplikasi yang kini telah digunakan oleh 497 ribu pelanggan pada periode Februari-April 2021 ini pun juga memiliki sejumlah fitur terbaik salah satunya adalah Breakout Room Zoom.

Apa Itu Breakout Room Zoom?

01. zoom, breaking room zoom

Breakout Room Zoom merupakan fitur unggulan yang dapat memungkinkan penggunanya membuat ruang pertemuan namun masih tetap berada dalam satu sesi yang sama. Keunggulannya adalah, Anda sebagai host maupun co-host dapat mengelompokkan audiens dengan jumlah lebih kecil.

Jumlah maksimal ruang pertemuan yang bisa dibuat oleh seorang host maupun co-host adalah 50 ruangan untuk satu sesinya. Video dan audio dari para peserta tidak akan muncul pada ruang utama. Berbeda halnya dengan host atau co-host yang bisa berpindah dengan mudah.

Misalnya saja, untuk meeting antar divisi perusahaan dengan pimpinan. Di sini, pimpinan selaku host dapat masuk ke room meeting divisi yang berbeda-beda. Para peserta di tiap divisi dapat berdiskusi dengan mudah karena video maupun audio antara room satu dengan lainnya berbeda.

Baca juga: 7 Tips Menjalankan Zoom Meeting Agar Aman dan Nyaman

Membuat Breakout Room Zoom

Dalam praktiknya, membuat Breakout Room Zoom sebenarnya cukup mudah. Di sini, host perlu mengaktifkan fitur ‘Breakout Room Zoom’ pada menu pengaturan secara manual. Kemudian, lanjutkan dengan panduan berikut:

  • Klik bagian pojok kanan atas pada menu “My Account” dan dilanjutkan klik “Settings”.
  • Scroll hhingga ke bawah sampai Anda menemukan sebuah menu “In Meeting (Advanced)”.

03. breakout room zoom

  • Tunggulah beberapa saat hingga muncul sebuag toogle bertuliskan “Breakout Room” dan geser ke sebelah kanan untuk mengaktifkannya. Aktifkan juga menu “Allow Host to Assign Participants to Breakout Rooms When Scheduling”. Hal itu dilakukan untuk menyetujui permintaan audiens dan memilih mereka sebelum join di ruang obrolan.
  • Terakhir, klik “Save” yang muncul pada bagian bawah.

Baca juga: Keunggulan Zoom Premium untuk Kenyamanan Aktivitas Daring dan Bisnis Anda

Bagaimana Menggunakannya?

Setelah Anda membuat Breakout Room Zoom, maka langkah selanjutnya adalah menggunakannya. Fitur ini otomatis akan muncul pada menu pengaturan setelah dibuat. Langkah menggunakannya adalah seperti di bawah ini:

  • Pada bagian samping kanan gambar atau ikon “Record” muncul fitur “Breakout Rooms” dan klik fitur tersebut dan aturlah beberapa opsi sesuai kebutuhan.

04. breakout room zoom

  • Tunggulah beberapa saat setelah muncul pop-up dengan tiga buah opsi yang dapat dipilih yakni:
    Assign Automatically: Di sini Zoom menempatkan audiens atau peserta acak di dalam ruangan yang tersedia.
    Assign Manually: Beda dengan sebelumnya, di sini host-lah yang akan menempatkan siapa saja peserta di ruang yang sesuai.
    Let Participants Choose Rooms: Di sini, peserta lah yang akan menentukan di mana mereka akan mengikuti sesi di ruang yang mereka inginkan.

02. breakout room zoom

  • Setelah memilih salah satu dari opsi tersebut, klik-lah tombol “Create” untuk melakukan persetujuan.
  • Misalnya saja, saat Anda mengklik “Assign Manually” akan muncul “Assign” dan buat ruangan lalu tentukan siapa saja audiensnya.
  • Selain itu, tentukan pula durasi pada tiap ruang pertemuan. Di sini juga ada fitur yang dapat menghitung mundur sebelum obrolan akan ditutup.

01. breakout room zoom

  • Anda pun bisa membagikan dan mengirim pesan pada semua partisipan seara bersamaan dengan memilih opsi “Broadcast Messaget to All” dan isilah pesan yang akan disampaikan, lanjutkan dengan “Broadcast’.
  • Klik “Open All Rooms” bila Anda ingin bergabung kembali layaknya di awal sesi setelah pengaturan telah selesai.
  • Untuk menyelesaikan sesi pada tiap room klik opsi “Close Rooms” untuk bisa menutup obrolan.
  • Di sini, para peserta dapat memilih apakah ingin bergabung di sebuah sesi meeting maupun keluar panggilan.

Kini, setelah Anda mengetahui apa itu Breakout Room Zoom dan cara membuat serta penggunaannya saatnya untuk menerapkannya dalam berbagai pertemuan virtual Anda. Untuk mendapatkan hasil gambar dan suara yang jernih dan maksimal, gunakanlah produk-produk berkualitas terbaik.

Salah satu rekomendasinya adalah perangkat dari JETE Indonesia. Mulai dari webcam, headset, dan mouse untuk mempermudah gerakan di monitor. Bila menggunakan smartphone, pastikan pula layar terlindungi dengan baik, selain itu gunakan powerbank agar baterai tetap prima saat mengikuti sesi Zoom di luar ruangan.

Selamat mencoba!

× Whatsapp