3 Bahaya Terlalu Dekat dengan Smartphone saat Tidur

Mei

23

0 comments

JETE Indonesia – Smartphone saat ini seolah menjadi kebutuhan primer masyarakat. Baik itu untuk menunjang pekerjaan maupun gaya hidup di era digital. Dari bangun pagi sampai memasuki waktu tidur kembali seseorang tak bisa terlepas dari gawai ini. Namun, tahukah Anda jika terlalu dekat dengan ponsel saat tidur ternyata tidak baik bagi diri kita JETE Lovers. Sebab hal itu akan berdampak pada kesehatan dan mengganggu aktivitas lainnya.

Bahaya Dekat dengan Smartphone Saat Tidur

Charger hp 3

Lalu, apa saja bahaya terlalu dekat dengan ponsel ketika kita tidur di malam hari? Berikut tiga di antaranya yang dilansir dari berbagai sumber di internet yang perlu Anda ketahui dan sebisa mungkin dihindari.

1. Mengacaukan Jam Tidur

Bahaya pertama yang bisa disebabkan karena meletakkan ponsel terlalu dekat adalah mengacaukan jam tidur. Anda akan merasa tertarik bermain ponsel sebelum tidur, misalnya menonton film dan video streaming. Alhasil, waktu tidur pun akan tertunda karena terlalu asyik bermain ponsel. Idealnya, orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-9 jam per hari. Bayangkan saja jika pada jam tidur Anda bermain ponsel sampai tak terasa hingga 3 jam lamanya, maka jelas itu akan mengganggu waktu tidur. Apalagi jika hal itu dilakukan hampir setiap hari.

2. Kecanduan Smartphone Karena FOMO

Touchscreen, Touchscreen hp, Touchscreen smartphone, cara mengatasi hp lemot

Istilah FOMO atau yang disebut dengan Fear of Missing Out merupakan keinginan seseorang untuk selalu  terhubung dengan internet melalui gadget, seperti ponsel atau tablet. Hal tersebut membuat seseorang bisa sangat kecanduan terhadap ponsel. Orang yang memiliki sindrom FOMO akan merasa gelisah ketika mereka tidak melihat ponsel karena takut ketinggalan informasi setiap saat.

Baca juga: Wajib Dihindari, Ini 10 Hal yang Memicu Smartphone Terbakar

3. Radiasi hingga Konsentrasi Menurun

Kemudian, yang tak kalah cukup berbahaya adalah radiasi yang ditimbulkan oleh ponsel. Radiasi elektromagnetik dikeluarkan oleh komponen-komponen mesin ponsel. Apabila smartphone diletakkan dekat kepala saat tidur, radiasi elektromagnetik dapat menyebabkan masalah pada organ area kepala hingga otak. Mulai dari pusing sampai menurunnya fungsi otak, sehingga berdampak pada menurunnya tingkat konsentrasi otak.

Bagaimana Menghindarinya?

ponsel, smartphone, anak (1)

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebiasaan meletakkan ponsel terlalu dekat saat tidur. Di antaranya adalah pertama, perhatikan jarak aman antara tubuh dengan ponsel agar tak terlalu dekat. Kedua, gunakan mode pesawat atau matikan ponsel dan tidak memainkannya saat menjelang tidur seperti di atas jam 10 malam. Ketiga, tetaplah fokus dan hindari gunakan ponsel terlalu sering saat kerja, rapat, dan aktivitas lainnya serta mulailah disiplin dengan diri sendiri.

Itulah bahaya meletakkan ponsel terlalu dekat saat tidur. Agar semakin aman dan nyaman, gunakanlah perangkat aksesoris gadget terbaik saat beraktivitas yang sudah memiliki standar kelayakan tinggi dan dari bahan premium. Mulai dari headset yang tidak membuat sakit di telinga, powerbank, pelindung layar agar mata tidak terlalu sakit, dan sebagainya dari JETE Indonesia. Anda bisa mendapatkannya di outlet dan mitra resmi, marketplace, maupun distributor utamanya seperti Doran Gadget.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

Juli 2, 2024

Juni 29, 2024

Juni 25, 2024

Juni 22, 2024

Juni 18, 2024

Juni 14, 2024

About the author, JETE Indonesia