Layar Monitor Tidak Full? Ini Tips Mengembalikannya!

Oktober

21

0 comments

JETE Indonesia  –  Layar monitor bertugas untuk menampilkan semua proses melalui kartu grafis baik dalam bentuk visual, gambar dan juga video. Kenyamanan tampilan layar, nyatanya juga menjadi faktor penentu seseorang betah berlama-lama di depan layar. Lantas, bagaimana jika sewaktu-waktu tampilan layar monitor tidak full, apa yang sebaiknya dilakukan? 

Terbiasa bekerja dengan layar monitor, pasti kamu pernah atau sering mengalami kondisi dimana layar monitor tiba-tiba blue screen atau bahkan tampilannya tidak full baik pada layar laptop ataupun komputer. Tenang, kamu bisa mengetahui lebih lanjut mengenai pembahasan layar monitor tidak full pada artikel kali ini! 

Tips Mengembalikan Layar Monitor yang Tidak Full

layar monitor tidak full
source: freepik

Kendala yang seringkali dialami oleh kebanyakan orang adalah, tiba-tiba tampilan layar monitor tidak full. Tidak jarang kita mungkin tidak sengaja memencet tombol tertentu pada layar monitor ataupun keyboard dan membuat tampilan layar menjadi kecil tidak sesuai ukuran pada umumnya. 

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Nah, kamu tidak perlu panik sebab masalah tersebut bisa diatasi dengan mudah. Berikut tips mengembalikan layar monitor yang tidak full agar kembali ke tampilan normal seperti biasanya. Langsung praktekkan saja ya!

  • Klik tombol ctrl dan simbol tanda + pada keyboard secara bersamaan untuk membuat tampilan layar monitor lebih besar atau zoom 
  • Klik tombol ctrl dan simbol tanda – di keyboard, jika ingin memiliki tampilan layar monitor yang lebih mengecil
  • Cara selanjutnya adalah dengan klik kanan pada mouse di layar monitor, lalu pilih menu screen resolution
  • Tunggu beberapa saat windows akan membuka halaman baru berisi resolusi layar bisa kamu pilih sesuai keinginan 

Ada juga cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar monitor yang tidak full, berikut tahapannya: 

  • Jika perangkatmu menggunakan processor VGA AMD, kamu bisa menggunakan cara klik kanan dan pilih catalyst control center. 
  • Lalu, bukalah menu My Digital Flat Panels, yang mana adalah sebuah menu yang ada perangkat laptop yang memiliki processor AMD dan berguna untuk memunculkan panel screen yang bisa mengubah ukuran layar. 
  • Selanjutnya geser panel scaling hingga mentok sampai ke ujung kanan, lalu klik apply
  • Layar monitor yang tidak full, otomatis akan kembali menjadi layar normal 
  • Selesai 

Baca Juga : Mudah dan Aman, 5 Cara Membersihkan Keyboard Komputer

Tips Merawat Layar Monitor 

layar monitor tidak full
source: freepik

Sebelum membahas lebih lanjut cara mengembalikan layar monitor tidak full. Kita akan ajak lovers untuk memahami tips merawat layar monitor. Jangan salah, tidak hanya perangkat hardware saja seperti motherboard, fan dan yang lain yang wajib kamu bersihkan lho. Adapun layar monitor yang sebaiknya perlu kamu jaga dan pelihara. Berikut beberapa tips yang bisa JETE lovers lakukan guna memelihara layar monitor!

1. Matikan Saat Tidak Digunakan dan Hindari dari Matahari 

Tips pertama adalah matikan layar monitor saat sedang tidak digunakan, karena jika tidak dimatikan hal ini akan menguras daya baterai. Bahkan sekalipun monitor tetap di charger dan tidak digunakan ini akan merusak sistem yang ada di dalamnya. Juga, jangan biarkan layar monitor bertahan lama di bawah sinar matahari. Hal ini akan menyebabkan perangkat laptop atau komputer kepanasan dan bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

2. Hindari Tekanan Berat dan Jauhkan dari Debu

JETE lovers perlu di ingat ya, untuk jangan pernah meletakkan barang yang berat di atas layar monitor khususnya laptop ketika sedang di lipat. Meletakkan barang berat di atas monitor bisa berpotensi membuat layar rusak lho, malah bisa sampai blue screen. 

Kalau bisa lindungi juga layar monitormu dari debu, bahkan jika debu sudah terlihat menempel pada layar monitor, segera bersihkan menggunakan tisu atau lap kacamata yang bahannya lebih halus sehingga tidak mudah menimbulkan goresan pada layar.

3. Pakai Mode Hibernate dan Hindari Cairan Berbahaya 

Perawatan terakhir adalah gunakan mode hibernate, jika layar monitor sedang tidak digunakan. Umumnya memang banyak orang menggunakan mode sleep jika perangkat sedang tidak dipakai, namun ternyata cara yang tepat adalah menggunakan mode hibernasi pasalnya bisa membuat umur layar monitor lebih panjang dan menghemat banyak daya baterai. 

Perlu, JETE lovers ingat juga jangan sekali-kali membersihkan layar monitor dengan cairan sembarangan baik itu alkohol dan cairan keras lainnya. Karena layar monitor sangat rentan bila terkena sesuatu yang sifatnya cairan, dan bisa merusak layar monitor itu sendiri. Jadi, jika kamu ingin membersihkan layar cukup dengan mengusapnya pakai tisu ataupun lap kacamata. 

Baca Juga : Cara Download Windows 11 dengan Mudah di Komputer dan Laptop

Penutup

layar monitor tidak full
source: freepik

Nah, itulah pembahasan soal mengatasi tampilan layar tidak full. Jagalah layar monitormu dengan menerapkan beberapa tips yang sudah dijelaskan di atas. Sekarang,  kamu tidak perlu khawatir lagi, jika sewaktu-waktu layar menjadi mengecil atau membesar ukurannya sebab hal itu bisa diatasi dengan mudah dengan cara yang sudah dijelaskan di atas. 

Agar pekerjaanmu menggunakan layar monitor semakin menyenangkan, kamu bisa membeli perangkat pendukung seperti headset ataupun speaker yang bisa kamu beli dengan kualitas terbaik di JETE Indonesia. Kami menawarkan banyak produk pilihan yang akan memperlengkapi item hardwaremu. 

Jika kamu tertarik untuk membeli produk elektronik terbaru, kamu bisa menghubungi kamu lewat via WhatsApp atau DM Instagram JETE.

 

Penulis: Gabriella Sabatini
Editor: Arini Rizki Fauziah

Artikel terkait:

Mei 15, 2024

April 20, 2024

April 10, 2024

Maret 25, 2024

Maret 19, 2024

Maret 6, 2024

About the author, JETE Contributor

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb