7 Lagu Religi Ungu yang Cocok Temani Ramadanmu!

April

8

0 comments

JETE Indonesia – Di bulan ramadan yang penuh dengan berkah, akan lebih menarik jika sembari mendengarkan lagu religi yang membuat suasana menjadi lebih berwarna. Khususnya buat kamu yang menyukai lagu religi ungu. Mau tau apa saja lagu religi Ungu? Simak ulasan artikel berikut ini! 

Sekilas tentang Band Ungu

lagu religi ungu (1)
sc: Detik

Ungu sendiri adalah sebuah band musik asal Indonesia yang dibentuk pada tahun 1994 di Jakarta.Grup ini awalnya terdiri dari lima anggota, yaitu Pasha (vokal), Makki (gitar), Enda (gitar), Onci (drum), dan Rowman (bass). Namun sayangnya, pada tahun 2006, Rowman meninggalkan band ini dan digantikan oleh personel baru, yaitu Ari.

Musik religi yang dimainkan oleh Ungu cenderung beraliran pop rock dengan balada yang lembut dan lirik-lirik yang bernuansa religius. Beberapa lagu Ungu yang terkenal antara lain “Andai Ku Tahu”, “Tercipta Untukku”, “Surga Yang Kurindukan”, dan “Demi Waktu”. Grup ini juga telah merilis beberapa album, di antaranya adalah “Laguku” (2002), “Tempat Terindah” (2003), “Melayang” (2005), dan “Aku dan Tuhanku” (2007).

Promo "JETE THR" dapatkan Diskon up to 50% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Ungu telah menerima banyak penghargaan di industri musik Indonesia, termasuk “Grup Pop Terbaik” pada Anugerah Musik Indonesia tahun 2008 dan 2009. Ungu juga pernah menerima penghargaan internasional, yaitu “World Music Award” untuk “Grup Pop Terbaik Indonesia” pada tahun 2010. Selain itu, Ungu juga aktif dalam kegiatan sosial dan memiliki yayasan yang bernama “Ungu Hati” untuk membantu anak-anak penderita kanker.

Baca Juga: 7 Lagu Religi Terbaru di Ramadan Tahun 2023

Lagu Religi Ungu

Inilah beberapa deretan lagu religi terkenal dan terbaik yang diciptakan oleh Ungu:

1. Surgamu

lagu religi ungu (3)
sc: YouTube/SRC

Lagu ini berceritakan tentang seseorang yang merindukan tempat surganya, dimana Ia akan menemukan ketenangan dan kebahagiaan yang sejati. Dalam lirik ini, Ungu menggambarkan tempat surganya sebagai tempat dimana ia bisa beristirahat dan merasa aman, dimana ada cahaya yang menerangi kegelapan, dan dimana ia bisa bertemu dengan Tuhan.

Lagu ini memiliki makna yang dalam sehingga mengajarkan kita untuk selalu mencari kedamaian, kebahagiaan yang sejati, dan untuk selalu mempercayai keberadaan Tuhan dalam hidup kita kita.

Baca juga: 5 Aplikasi Sholawat untuk Membantu Ibadah di Bulan Ramadan

2. Dengan Nafasmu

Lagu ini bercerita tentang seseorang yang merasa lelah dan lemah dalam menjalani hidupnya. Ia merasa kesulitan untuk melangkah maju dan membutuhkan seseorang yang dapat memberikan kekuatan dan motivasi untuk terus berjuang.

Lagu tersebut menyampaikan pesan bahwa kekuatan dan motivasi itu dapat ditemukan dari Allah SWT. Dengan memohon pertolongan dan berusaha mengikuti jalan yang benar, seseorang dapat menemukan kekuatan dalam setiap nafas yang diambilnya.

3. Lagu Religi Ungu – Tuhanku

lagu religi ungu (4)
sc: YouTube/Trinity Optima Production

Lirik lagu ini mengungkapkan tentang rasa syukur dan kecintaan kepada Tuhan atas segala karunia yang telah diberikan kepada kita sebagai manusia. Lagu ini juga mengajak pendegarnya untuk selalu merenungkan kebesaran Tuhan dan memohon perlindungan serta bimbinganya dalam setiap langkah kehidupan.

Baca Juga: Hitungan Detik, Ini Cara Mudah Buat Ucapan Sambut Ramadan Menggunakan ChatGPT!

4.Doa untuk Ibu

Lagu Ungu yang satu ini memiliki lirik yang menyentuh, loh! Tentunya menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan seorang anak kepada ibunya atas segala yang telah dilakukan dalam hidupnya. Liriknya menggambarkan kebaikan dan keberanian ibu dalam mendidik dan membimbing anaknya, serta ketegaran dalam menghadapi tantangan dalam hidup.

Melodi dari lagu ini cukup menyentuh, dinyanyikan dengan lantang dan penuh emosi. Musiknya menggunakan Instrumen yang klasik dan simbolik, seperti biola dan piano yang memberikan kesan yang cukup sentimental dan meriah.

5. Syukur

lagu religi ungu (2)
sc: YouTube/Trinity Optima Production

Berbeda dengan lagu Ungu-Tuhanku, lagu ini menggambarkan rasa syukur dan kebahagiaan atas berkah dan karunia yang diterima. Liriknya mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kebahagiaan, cinta, dan kesuksesan yang diberikan, dan menunjukan keinginan untuk terus bersyukur dan menghargai setiap momen dalam hidup.

Lagu ini menjadi salah satu lagu yang populer dan diakui masyarakat Indonesia. Dalam acara perayaan atau acara yang bersifat keagamaan, lagu ini ini sering diputar sebagai ungkapan syukur dan rasa terima kasih.

Baca Juga: 7+ Lagu Lagu Jawa Terbaik yang Wajib Kamu Ketahui!

6. Di Ujung Hari feat Siti Nurhaliza

lagu religi ungu
sc: YouTube

Berikutnya sebuah kolaborasi antara band tanah air, Ungu, dan penyanyi Siti Nurhaliza, baru-baru ini merilis sebuah single religi yang berjudul “Di Ujung Hari”. Dengan lirik yang terinspirasi dari aktivitas di masa pandemi lalu, lagu ini menceritakan tentang sejauh apapun cobaan yang dihadapi hanyalah ujian dari Tuhan Yang Maha Esa agar makhluknya semakin kuat.

7. Bismillah Cinta feat Lesti

Sebelum berduet dengan Siti Nurhaliza, Ungu juga pernah merilis lagu religi dengan penyanyi dangdut Lesti Kejora. Lagu bertajuk Bismillah Cinta ini dirilis pada tahun 2021 dan sempat memuncaki trending YouTube Indonesia.

Lagu yang ditulis oleh Pasha, vokalis Ungu ini memiliki tiga pesan di dalamnya. Pertama, berisi tentang kebahagiaan para umat Muslim akan kehadiran bulan Ramadhan. Kedua, tentang pandemi yang membatasi banyak hal, dan terakhir tentang hubungan cinta jarak jauh. Namun, karena keyakinan yang kuat, keduanya sama-sama berjuang untuk melewati ujian yang ada.

Baca Juga: 5+ Lagu Galau Indonesia Siap Menemanimu yang Lagi Patah Hati

Penutup

Itulah daftar lagu religi Ungu serta penjelasannya yang bisa kamu coba dengarkan dimanapun. Untuk mendengarkan lagu-lagu religi tersebut makin syahdu, dapatkan juga seperti speaker, headset, maupun TWS. Kamu bisa mendapatkannya melalui official store JETE Indonesia di kotamu atau secara online. Semoga Bermanfaat!

Penulis: Christian Wongso Gunawan (Petra Christian University)
Editor: Irfantoni Listiyawan

Artikel terkait:

Maret 26, 2024

Februari 2, 2024

Desember 21, 2023

Desember 9, 2023

November 25, 2023

November 25, 2023

About the author, JETE Indonesia

"JETE THR" - Diskon up to 50% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb