6 Cara Merawat Earphone Murah Supaya Tetap Awet

Mei

22

0 comments

JETE Indonesia – Earphone murah sudah jadi bagian yang melekat dengan handphone. Mendengarkan sebuah audio dari handphone terasa lebih nyaman memakai earphone. Suara yang kita dengarkan tidak perlu mengganggu orang sekitar. Pemakaian aksesoris HP yang cukup sering harus dibarengi dengan perawatannya. Sudahkah Anda menjaga earphone agar berumur panjang? Simak tips terkait merawat earphone bawah ini.

6 Cara Merawat Earphone Murah Supaya Awet

Ada beragam jenis earphone yang bisa Anda pilih. Meski harganya murah, bukan berarti kualitasnya murahan. Sebagian besar menawarkan kualitas yang baik dan tahan lama. Namun, bukan berarti Anda melupakan cara untuk merawat earphone dengan baik. Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan:

JETE Amayzing Sale dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Baca juga:“Earphone Bluetooth vs Earphone Kabel: Mana yang Terbaik?”

1. Gulung Kabel dengan Teknik yang Tepat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah cara menggulung kabel dilakukan dengan teknik yang tepat. Bagaimana caranya? Gulung kabelmu mengikuti keempat jari yang telah disejajarkan. Gulunglah dengan benar sehingga kabelmu tidak kusut.

2. Hindari Volume Maksimal

01. cara menggunakan headset

Ketika mendengarkan audio, biasakan tidak menggunakan volume maksimal. Selain membahayakan gendang telinga, volume maksimal bisa merusak komponen earphone berakibat pada suara yang keluar menjadi pecah. Lagipula, mendengarkan lagu dengan volume suara secukupnya justru dapat dinikmati secara optimal.

3. Berhati-hati dalam Memakai Earphone

Kabel earphone murah biasanya didesain tipis berpotensi mudah rusak. Oleh karena itu, jangan menggunakannya terlalu jauh dari sumber suara guna mencegah timbulnya kerusakan. Pakai dengan hati-hati dan hindari menggunakan saat tertidur. Selain memicu kabel rusak, tertidur dengan earphone masih menyala dapat memengaruhi kesehatan telinga.

4. Jauhkan Earphone Murah dari Air

03. earphone bluetooth, earphone kabel

Alat elektronik, termasuk perangkat dengar tentu tidak bersahabat dengan air. Jauhkan earphone dari cairan atau air yang bisa menyebabkan korsleting. Hal tersebut dikarenakan tidak semua earphone murah memiliki fitur anti-air. Untuk mengatasinya, Anda bisa menyimpan earphone menggunakan tas yang anti-air. 

Baca juga: “5 Tips Memilih Earphone Terbaik untuk Olahraga”

5. Bersihkan Earphone dari Debu

Headset juga berpotensi kemasukan debu. Rajinlah membersihkan bagian ear buds-nya dengan cotton bud. Pastikan perangkat dengar selalu bersih dari debu agar kualitas suaranya tetap terjaga. Selain itu, kebersihan earphone juga memengaruhi kebersihan telinga. 

6. Jangan Biasakan Melempar Earphone 

01. earphone bluetooth, earphone kabel

Ketika sudah menggunakan earphone, letakkan dengan hati-hati. Jangan biasakan melemparnya, terlebih dari posisi yang tinggi. Akibatnya, perangkat dengar yang kamu miliki bisa mengalami kerusakan karena terbentur. Untuk mengatasinya, kamu bisa menyimpannya di tempat khusus menyimpan perangkat dengar. 

Dapatkan Earphone Murah & Berkualitas di JETE Indonesia!

JETE open ear 2, headset bluetooth

Itulah informasi mengenai cara untuk merawat earphone dengan baik. Apabila Anda berminat untuk membeli dan mendapatkan earphone yang berkualitas, percayakan saja kepada JETE Indonesia. Kami menyediakan beragam pilihan aksesoris HP, seperti: headset, earphone, TWS, hingga perangkat gaming. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan mengunjungi website resmi dan Instagram JETE Indonesia atau melalui Doran Gadget selaku distributor utama. 

Artikel terkait:

Oktober 18, 2022

Juni 6, 2022

Februari 11, 2022

Agustus 20, 2021

Juli 19, 2021

Juli 8, 2021

About the author, JETE Indonesia

"JETE Amayzing Sale" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb