Deretan Ukuran Bentuk Keyboard yang Wajib Anda Tahu

JETE Indonesia – Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau ternyata keyboard memiliki ukuran yang berbeda-beda. Tergantung dari jenis dan fungsinya, ada beberapa perbedaan dalam ukuran bentuk keyboard yang dijual di pasaran. Apa saja perbedaannya? Simak selengkapnya berikut ini!

Macam-Macam Ukuran Bentuk Keyboard 

Ada banyak pilihan ukuran bentuk keyboard yang dijual, namun yang paling umum adalah beberapa ukuran di bawah ini. Anda bisa memilih keyboard sesuai kebutuhan dan kenyamanan penggunaan. 

1. 60%

Ada keyboard berukuran 60%, keyboard ini tidak memiliki tombol panah dan angka. Menjadi keyboard mechanical 60% yang paling kecil dibandingkan lainnya. Keyboard ini meninggalkan semua tombol fungsi, navigasi, dan numpad. Sehingga cocok bagi Anda yang membutuhkan keyboard untuk menulis dokumen tanpa banyak angka. Ukurannya yang ringkas membuatnya mudah dibawa kemana-mana. Keyboard satu ini memiliki 61 tombol untuk standar Amerika dan 62 tombol untuk standar internasional.

Baca juga: Begini Cara Membersihkan Mousepad Tanpa Merusaknya!

2. 65%

Termasuk ukuran bentuk keyboard yang cukup langkah namun cukup populer. Pada keyboard ini tidak memiliki tombol fungsi dan tombol navigasi namun masih memiliki tombol panah. Hampr mirip dengan 60% namun sedikit lebih lebar dan besar. Keyboard satu ini masih bisa digunakan untuk bermain game namun tidak cocok digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan. 

3. 75%

Lebih besar dibandingkan 65%, keyboard ini merupakan peringkasan dari keyboard TKL. Sangat mirip dengan keyboard mechanical 80% karena sama-sama hanya meninggalkan tombol numpadnya. Perbedaan keduanya hanyalah jarak antar tombolnya, dimana fungsinya sama dengan TKL. 

Baca juga: 5 Perbedaan Keyboard Gaming dan Keyboard Komputer Biasa

4. TKL (Ten Key Less)

Keyboard TKL atau keyboard 80% ini mirip dengan 75% karena menghilangkan tombol numpad. Hilangnya tombol numpad ini memberikan ruang ekstra di samping keyboard untuk pergerakan mouse yang lebih luas. Disebut TKL (Ten Key Less) karena mengacu pada pengurangan 10 tombol numerik, meskipun sebenarnya ada 17 tombol yang dihilangkan. Namun karena mengacu pada tombol numeriknya saja karena itu disebut dengan TKL. 

5. Full Size

Full size keyboard adalah ukuran bentuk keyboard yang paling umum dan banyak digunakan. Keyboard dengan ukuran 100% ini sudah lengkap dengan tombol numpad, fungsi, navigasi, hingga tombol Fn. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Keyboard Laptop

Beli Keyboard Terbaik di JETE 

Itulah deretan ukuran bentuk keyboard yang wajib Anda ketahui. Apapun ukurannya, pastikan untuk memilih keyboard sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membeli keyboard gaming maupun keyboard untuk bekerja, kini Anda bisa membelinya di JETE Indonesia. Kunjungi official store kami di sini atau hubungi CS kami di sini untuk pertanyaan lebih lanjut. 

× WhatsApp