Hati – Hati, Ini Ciri HP Anda Disadap Hacker

Agustus

18

0 comments

JETE Indonesia – Meskipun banyak klaim yang menyebutkan sebuah aplikasi atau sebuah ponsel tidak rawan disadap karena telah dilengkapi pengamanan yang mumpuni untuk membasmi berbagai jenis virus, spy, dan lainnya, namun masih selalu ada kemungkinan sebauh ponsel disadap. Apalagi ponsel yang memiliki data penting atau milik orang penting yang datanya bisa dicuri dan dijual di pasar gelap. Nah berikut ini adalah ciri-ciri HP disadap hacker yang harus kamu ketahui. 

1. HP Menjadi Lambat 

Ciri utama yang sering terjadi saat HP disadap hacker adalah performanya yang melambat. Karena ketika HP disadap maka akan sering macet atau aplikasi tertentu suka keluar dengan sendirinya. Hal ini disebabkan oleh malware yang berada pada ponsel membebani sumber daya ponsel secara berlebihan, bisa juga karena bentrok dengan aplikasi lain.

2. Iklan Pop-Up Aneh

Jika tiba-tiba ponsel mendapatkan iklan pop-up aneh dengan frekuensi yang sering bisa jadi smartphone Anda sedang disusupi adware yang merupakan sebuah malware yang mampu mencuri uang dan memanen klik. Jika hal ini terjadi, waspadalah dan cepat bersihkan HP untuk menjaga data agar tetap aman. Virus Trojan ini pernah menginfeksi sekitar 1,4 juta perangkat Android pada awal tahun 2016 kemarin. 

Baca juga: 6 Tanda HP Dibajak Orang Lain, Segera Cek Sekarang!

3. Baterai Cepat Habis

Kebanyakan HP yang disadap hacker baterainya jadi cepat habis karena ada aplikasi atau sistem yang terus bekerja tanpa terlihat, karena itulah performa semakin melambat dan baterai jadi cepat habis. Belum lagi untuk mengirim data dari HP Anda, aplikasi mata-mata terus berjalan di latar belakang dan membuat HP cepat panas dan boros baterai. 

4. Tiba-Tiba Restart atau Reboot

Tanda HP disadap lainnya adalah ponsel tiba-tiba restart atau reboot sendiri. Jika hal tersebut terjadi coba ditelusuri terlebih dahulu apa penyebab ponsel tiba-tiba restart atau reboot. Untuk lebih pasti Anda bisa membawanya ke service center untuk mengetahui apa penyebab pastinya. 

5. Kuota Cepat Habis 

Hal ini sering terjadi, sama penyebabnya dengan performa dan baterai ponsel yang diretas membuat aplikasi atau sistem bekerja dengan lebih extra. Untuk bisa mengirimkan data dari ponsel ke perangkat hacker membutuhkan kuota, paket data, atau WiFi yang banyak. Jika kuota cepat habis, maka Anda bisa mempertimbangkan apakah ponsel Anda sedang disadap. 

Baca juga: Pahami Cara Melindungi HP dari Penyadapan Hacker

Penutup

powerbank (1)

Itulah beberapa ciri HP Anda disadap hacker, pastikan untuk tidak menginstal aplikasi pihak ketiga diluar dari laman resmi PlayStore ataupun AppStore. Bagi Anda yang HPnya memiliki baterai yang mudah habis, Anda bisa menggunakan powerbank terbaik di JETE Indonesia. Semua produk JETE mendapatkan garansi resmi 2 tahun rusak ganti baru. 

Artikel terkait:

April 24, 2024

Maret 28, 2024

Maret 27, 2024

Maret 16, 2024

Februari 14, 2024

Februari 12, 2024

About the author, Arini Rizki Fauziah