5 Efek Konsumsi Kafein setelah Olahraga

konsumsi kafein setelah olahraga

JETE Indonesia – Bagi kamu yang memahami pentingnya olahraga dan gemar mengonsumsi kafein, kemungkinan bertanya-tanya mengenai boleh atau tidak mengonsumsi kafein setelah aktivitas berat. Sebab, sebagian orang memiliki kebiasaan minum kopi untuk memulihkan kembali tenaganya. Lantas, apa saja efek yang terjadi saat konsumsi kafein setelah olahraga? Berikut ulasannya!

5 Efek Konsumsi Kafein Setelah Olahraga

earphone terbaik, earphone olahraga

Setelah berolahraga, hal yang lumrah apabila Anda mencoba memenuhi kebutuhan energi dan cairan yang hilang. Misalnya, konsumsi minuman isotonik, makanan yang mengandung glukosa tambahan, dan minum kopi untuk memperbaharui energi.

Namun yang menjadi pertanyaan, apakah boleh konsumsi kafein setelah olahraga dan apa saja efeknya? Dilansir Journal of Applied Physiology, ada beberapa dampak yang ditimbulkan saat mengonsumsi kafein sebelum dan sesudah olahraga. Berikut ulasannya: 

1. Mengatasi Kelelahan

Journal of Applied Physiology menyatakan bahwa kopi membantu seseorang untuk segera pulih dari rasa lelah. Mengingat olahraga merupakan aktivitas berat yang menyebabkan seseorang kehilangan energi lebih cepat. Itulah sebabnya, konsumsi kafein setelah olahraga dibutuhkan untuk memulihkan tenaga. 

2. Kandungan Glikogen Lebih Tinggi

Studi turut menemukan bahwa atlet yang mengonsumsi kafein memiliki kandungan glikogen lebih besar, yakni 66% lebih cepat dibandingkan atlet lain yang mengonsumsi karbohidrat saja. Glikogen yang disimpan pada  tubuh berfungsi untuk mengatur segala sesuatu yang berkaitan pada glukosa. Misalnya, seseorang yang kekurangan glikogen berdampak pada fungsi dan kognisi otak. Karena sumber utama energi otak ada pada glukosa.

Baca juga: “5 Tips Memilih Earphone Terbaik untuk Olahraga”

3. Mengembalikan Energi yang Hilang

konsumsi kafein setelah olahraga

Manusia memenuhi kebutuhan energi dengan cara mengonsumsi karbohidrat. Sayangnya, tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mencerna makanan berkabohidrat. Itulah sebabnya, untuk mempercepat proses mengembalikan energi, seseorang memilih kafein sebagai salah satu opsi. Kafein memiliki fungsi untuk meningkatkan proses pengubahan karbohidrat menjadi energi. Apalagi jika aktivitas yang dilakukan adalah olahraga lari, penyerapan energi benar-benar dibutuhkan. 

4. Konsumsi Kafein Setelah Olahraga Mencegah Gangguan Tidur

Konsumsi kafein setelah olahraga juga membantu Anda menghindari efek samping yang merugikan, misalnya gangguan berupa susah tidur. Untuk mewujudkannya, konsumsi kefein dianjurkan dalam jumlah yang moderat, yaitu sekitar 400 – 600 mg atau setara dengan 4-6 cangkir. Minuman mengandung kafein tidak hanya ditemukan pada kopi saja, melainkan teh dan cokelat. 

5. Mempercepat Pemulihan Otot

Penelitian dari American Psychological Society menemukan bahwa mengonsumsi kopi dan pisang setelah olahraga dapat mempercepat pemulihan otot. Sehingga cocok dilakukan bagi Anda yang berolahraga berat dengan tujuan membentuk otot pada tubuh. Selain itu, efek juga ditimbulkan saat kafein dikonsumsi sebelum olahraga. Di antaranya adalah meningkatkan metabolisme, kinerja atletik, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi nyeri otot. 

Baca juga: “Headset Olahraga Terbaik Untuk Menunjang Aktivitas Outdoor”

Olahraga Lebih Seru dengan JETE Open Ear 2!

JETE open ear 2, headset bluetooth. konsumsi kafein setelah olahraga

Itulah informasi mengenai 5 efek konsumsi kafein setelah olahraga. Dapat disimpulkan bahwa olahraga dan kafein sama-sama bermanfaat. Asal diterapkan dan dikonsumsi sesuai dengan anjuran. Supaya olahraga semakin seru dan semangat, Anda bisa berolahraga sambil mendengarkan musik.

Salah satu produk andalan yang kami tawarkan adalah JETE Open Ear 2, yang memiliki beragam keunggulan yang bisa Anda baca di sini. Untuk informasi dan pemesanan, silahkan mengunjungi Instagram JETE Indonesia atau Doran Gadget selaku distributor utama. 

× Whatsapp