Earphone Bluetooth vs Earphone Kabel: Mana yang Terbaik?

Juli

8

0 comments

JETE IndonesiaPerangkat audio saat ini memiliki pilihan yang beragam, baik itu earphone bluetooth maupun earphone kabel. Namun, tak sedikit masyarakat bingung memilih mana yang terbaik di antara keduanya. Sebab, keduanya sama-sama memiliki keunggulan maupun kekurangan tersendiri. Berikut ulasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber untuk Anda ketahui sebelum membelinya.

Spesifikasi Earphone Bluetooth

03. TWS, true wireless stereo, earbud TWS, TWS JETE

Apa saja spesifikasi earphone bluetooth yang beredar di pasaran saat ini? Setidaknya beberapa hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Kualitas Suara yang Dihasilkan

Sebagian pengguna menyebutkan jika earphone bluetooth memiliki kualitas suara yang tidak sebaik earphone kabel. Anggapan tersebut agaknya kurang tepat. Sebab, hal ini tergantung dari kualitas bluetooth yang dimilikinya. Jika earphone dilengkapi dengan fitur bluetooth terkini maka kualitas suaranya pun tak kalah baik. Begitu juga dengan jarak koneksinya, jika melewati jarak batas bisa saja suara menjadi terganggu, dan inilah yang menjadi kekurangannya.

2. Pengisian Daya

Jika earphone kabel bisa langsung digunakan ketika koneksi kabel jack terpasang dan tak perlu pengisian daya, beda halnya dengan earphone bluetooth. Di sini, diperlukan daya baterai yang cukup agar bisa digunakan. Tentu hal ini akan berimbas pada penggunaannya yang lebih terbatas dengan daya baterai. Oleh karena itu, Anda harus selalu mengecek sisa daya baterai pada earphone maupun sambungan perangkat seperti smartphone dan gadget lainnya.

3. Praktis dan Lebih Nyaman

Praktis dan nyaman adalah keunggulan tersendiri dari earphone bluetooth. Ini dimungkinkan karena Anda tak perlu mengecek dan meluruskan kabel yang kusut. Saat menggunakannya Anda tidak perlu khawatir tersangkut kabel, terlebih saat dipakai untuk aktivitas yang membutuhkan banyak gerak.

4. Kompatibilitas Penggunaan

Keunggulan lainnya earphone bluetooth lebih kompatibel digunakan di berbagai perangkat yang memiliki koneksi bluetooth. Jadi, Anda tak perlu repot lagi mencocokkan dengan lubang jack yang berbeda-beda. Akan tetapi, pastikan jaringan bluetooth pada perangkat dan gadget baik agar sinyal yang diterima lancar dan audio yang dihasilkan lebih jernih dan jelas.

Spesifikasi Earphone Kabel

02. earphone bluetooth, earphone kabel

Berbeda dengan earphone bluetooth, earphone kabel memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya yang perlu Anda ketahui:

1. Kualitas Suara

Bila dilihat dari segi suara, earphone kabel sebenarnya bisa dibilang lebih unggul. Hal ini dikarenakan kabel pada earphone mampu menghantarkan listrik dengan baik. Sehingga kualitas audio yang dihasilkan juga lebih baik. Lain halnya dengan earphone bluetooth yang terkadang tersendat karena koneksi terhalang. Beberapa earphone kabel pun kini dilengkapi dengan fitur mengganti kabel yang bisa digunakan sesuai keinginan.

2. Perhatikan Kabel

Mungkin ini bisa dibilang dari kekurangan earphone kabel. Ya, adanya kabel ini terkadang dirasa kurang praktis dan ribet. Terutama bila kabel kusut atau terlilit, perlu beberapa saat untuk meluruskannya kembali agar bisa digunakan. Selain itu, jika sering kusut maka kabel pun bisa cepat putus keseluruhan  yang tidak bisa digunakan lagi atau sebagian seratnya. Bila rusak atau putus di sebagian seratnya tentu akan berpengaruh pada kualitas audionya.

3. Kompatibilitas Penggunaan

Berikutnya adalah dari segi kompatibilitas atau penggunaan pada perangkat. Earphone kabel biasanya memiliki kabel jack 3.5 mm. Namun, ada pula kabel jacj yang berbeda. Oleh karena itu, Anda perlu perhatikan dengan baik mengenai kompatibilitas ini agar bisa digunakan dengan nyaman. Jangan sampai ketika Anda membelinya namun tidak cocok dengan ukuran kabel perangkat.

4. Harga yang Ditawarkan

Lalu, ketika berbicara mengenai harga yang ditawarkan di pasaran sebenarnya tidak jauh berbeda. Hanya saja yang membedakannya adalah fitur-fitur baru yang disematkannya. Khususnya fitur audio seperti deep bass, mode penggunaan hingga ketahanannya terhadap air dan debu sehingga berpengaruh pada tingkat keawetannya.

Baca juga: Tips Memilih Earphone Terbaik untuk Olahraga

Lalu, Bagaimana Memilih Earphone Bluetooth dan Earphone Kabel?

03. earphone bluetooth, earphone kabel

Bagaimana, sudah tahu spesifikasi kekurangan dan kelebihan antara earphone bluetooth dan earphone kabel? Sebenarnya, mana yang baik untuk Anda tergantung pada kebutuhan maupun penggunaannya. Bila Anda menggunakannya untuk beraktivitas yang banyak gerak seperti olahraga, maka earphone bluetooth bisa menjadi pilihan. Namun, jika Anda menggunakannya untuk aktivitas lain seperti gaming  ada baiknya untuk memilih earphone bluteooth. Sebab, kualitas suara lebih stabil dan jernih untuk komunikasi saat bermain game.

Jangan lupa, ketika membeli earphone tersebut pastikan hanya di tempat terpercaya. Selain itu, perhatikan brandnya. Salah satu earphone bluetooth maupun earphone kabel yang bisa Anda pilih adalah produk dari JETE. Terbuat dari bahan premium dan fitur terbaik, memberikan pengalaman maksimal saat mendengarkan audio dan musik favorit apapun aktivitas Anda.

Dapatkan produk JETE di outlet resmi terdekat kota Anda, atau dengan membeli di Doran Gagdet untuk mendapatkan harga terbaik dan promo lainnya. Informasi lebih lanjut, Anda bisa join di channel Telegram Doran Gadget.

Artikel terkait:

Agustus 30, 2023

Agustus 9, 2023

Juli 31, 2023

Juli 27, 2023

Juli 21, 2023

Juli 11, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan