Deratan Aplikasi Penghitung Zakat yang Wajib Anda Ketahui

JETE Indonesia – Sudah memasuki penghujung bulan Ramadhan, selain melainkan ibadah puasa, umat Islam juga diwajibkan untuk berzakat di bulan ini. Sudahkah Anda berzakat? Selain zakat wajib seperti zakat fitrah, ada zakat lainnya seperti zakat mal yang harus dikeluarkan. Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghitung besaran zakat yang harus dibayarkan, ada beberapa aplikasi penghitung zakat yang bisa Anda pakai. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Baznas

Lembaga pengelolaan zakat milik pemerintah ini juga memiliki kalkulator zakat yang diharapkan mampu mempermudah perhitungan jumlah zakat yang harus ditunaikan oleh setiap umat muslim sesuai dengan ketetapan syariah. 

Anda hanya perlu mengunjungi website resmi Baznas dengan cara klik di sini. Kemudian isi pilihan jenis zakat yang ingin dibayarkan (zakat penghasilan atau zakat mal). Isi semua kolom sesuai yang diinstruksikan, setelah itu pilih “Hitung Zakat” dan hasil besaran harta yang harus dikeluarkan akan muncul. 

Baca juga: 6 Cara Agar Bisa Bangun Sahur Tepat Waktu

2. Zakatpedia 

Aplikasi penghitung zakat ini dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Ada berbagai macam jenis zakat yang disediakan dalam aplikasi Zakatpedia ini. Mulai dari zakat fitrah, zakat penghasilan, zakat emas, dan lainnya. Sudah tersedia dengan hukum dan ketentuan dari masing-masing zakat. 

Untuk menghitung zakat, ada kalkulator zakat dalam aplikasi penghitung zakat satu ini. Selain itu, Anda juga bisa membayar zakat via online melalui aplikasi.

3. Tokopedia 

Semua ada di Tokopedia memang harus jadi tagline yang tepat untuk e-commerce ini. Karena selain bisa digunakan untuk urusan jual beli online, Tokopedia juga merupakan aplikasi penghitung zakat. Fitur ini terdapat pada menu ‘Halal Corner’, setelah itu klik opsi ‘Zakat’. Pilih antara zakat fitrah atau zakat mal untuk dibayarkan. Untuk menghitung zakat, Anda bisa memilih ‘hitung zakat’. 

Baca juga: 5 Aplikasi Sholawat untuk Membantu Ibadah di Bulan Ramadhan

4. Kalkulator Zakat Kompas.com

Platform berita online Kompas.com juga menyediakan pehintung zakat. Caranya cukup dnegan kunjungi situsnya melaluilink ini dan Anda tinggal mengisi kolom untuk memulia menghitung zakat dengan benar. Ada berbagai macam jenis zakat yang bisa dihitung seperti zakat penghasilan, zakat perdagangan dan zakat emas. 

5. KitaBisa

Aplikasi donasi ini juga merupakan salah satu aplikasi penghitung zakat yang bisa Anda gunakan. Ada fitur kalkulator zakat yang bisa Anda gunakan untuk menghitung besaran harta yang harus dikeluarkan untuk zakat. Untuk pembayarannya juga bisa dilakukan dengan bayar zakat online seperti bagaimana aplikasi KitaBisa biasanya digunakan. 

Itulah lima aplikasi penghitung zakat yang bisa Anda coba. Kini Anda tidak perlu bingung lagi tentang seberapa besar biaya zakat yang harus dikeluarkan. Selamat menunaikan ibadah puasa dan zakat fitrah! 

× Whatsapp