Facebook Ganti Nama Jadi Meta, Ini Alasannya

Oktober

29

0 comments

JETE IndonesiaRumor Facebook ganti nama menjadi Meta sempat ramai diperbincangkan sejak beberapa waktu lalu. Nampaknya, hal itu bukan sekadar rumor belaka dan perusahaan milik Facebook Inc milik Mark Zuckerberg ini benar-benar mengganti namanya di akhir Oktober ini. Lantas, apa alasan perusahaan mengganti nama? Berikut ulasannya JETE Lovers.

Pengumuman Resmi Facebook Ganti Nama Jadi Meta

facebook ganti nama

Pengumuman terkait Facebook ganti nama menjadi Meta ini diumumkan oleh Zuckerberg pada konferensi tahunan bertajuk Connect pada 28 Oktober 2021 waktu Amerika Serikat. Atau pada Jumat dini hari waktu Indonesia.

Meski begitu, adanya pergantian nama tidak berpengaruh terhadap aplikasi Meta. Misalnya untuk Facebook, WhatsApp, dan Instagram masih tetap digunakan menjadi nama sosial media besutannya. Termasuk pula para karyawan di perusahaan tersebut.

Dalam hal perubahan nama ini sebenarnya juga pernah terjadi sebelumnya pada perusahaan teknologi Google. Saat itu, Google melakukan struktur ulang perusahaannya yakni mendirikan Alphabet. Perusahaan itu selanjutnya menjadi perusahaan induk dari Google maupun perusahaan besar lainnya.

Alasan Facebook Ganti Nama

facebook ganti nama (1)

Sejak rumor Facebook ganti nama menjadi Meta bergulir, banyak pihak mulai berspekulasi mengapa memilih nama tersebut. Zuckerberg sendiri menilai perubahan itu mencerminkan sebuah tujuan besar yang sedang dibangun oleh perusahaan teknologi ini. ‘Metaverse’ mengacu pada gabungan antara dunia nyata dengan dunia virtual.

Selanjutnya, Zuckerberg ingin perusahaannya bisa terlepas dari citra sebagai perusahaan jejaring sosial. Padahal, Facebook Inc sendiri lebih dari itu dan nama tersebut tak cukup untuk merepresentasikan visi besar perusahaan ke depannya nanti.

Alasan lain terkait pergantian nama Facebook ini tak lain adalah untuk menghindari kebingungan ketika penggguna login di beberapa produk Facebook Inc (kini Meta). Sebab, beberapa produk jejaring sosial lainnya bisa masuk menggunakan akun Facebook.

Baca juga: Mode Gelap Facebook di Android Mulai Muncul untuk Beberapa Pengguna

Kode Saham Facebook Juga Berganti Nama

facebook ganti nama (2)

Tak hanya dari segi filosofis dan alasan saja, sejak Facebook ganti nama otomatis kode sahamnya juga berubah. Hal itu dapat dilihat dari lanta bursa saham. Sebelumnya, perusahaan ini memiliki kode ‘FB’, namun dipastikan akan berubah menjadi ‘MVRS’ per 1 Desember 2021 mendatang.

Pergantian nama kode saham tersebut rupanya tidak membuat saham Facebook menjadi turun kembali pasca beberapa waktu lalu beberapa aplikasi turunannya sempat down. Bahkan pada Kami pekan terakhir Oktober 2021 saham Facebook nampak menguat di kisaran 1.5 persen.

Apakah dengan Facebook ganti nama ini bakalan mampu menarik pengguna baru nantinya? Kita lihat saja ke depannya, JETE Lovers.  Agar semakin nyaman dalam bersosial media sehari-hari, Anda bisa menggunakan perangkat aksesoris gadget dengan kualitas premium dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, headset, serta produk lainnya yang bisa didapatkan di marketplace, outlet dan mitra resmi, maupun distributor utama seperti Doran Gadget.

Artikel terkait:

Juni 23, 2023

Juni 17, 2023

Juni 13, 2023

Juni 7, 2023

Mei 26, 2023

Mei 25, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp