Keyboard Hangul: Panduan Mengetik untuk Pemula

Januari

22

0 comments

JETE Indonesia – Hangul, atau dikenal juga sebagai huruf Korea, memiliki sistem penulisan yang unik dan menarik, sangat berbeda dengan huruf alphabet yang biasa kita kenal. Karena itulah, kamu harus menggunakan keyboard hangul khusus jika ingin menulis dalam Bahasa Korea. Namun sebelum itu, yuk intip cara mengetik hangul di bawah ini!

Hangul adalah sistem penulisan asli bahasa Korea yang diciptakan oleh Raja Sejong yang Agung pada tahun 1443. Sistem penulisan ini terdiri dari 14 konsonan dan 10 vokal yang dapat digabungkan menjadi blok kata. Untuk mengetik Hangul di keyboard laptop atau smartphone, kamu perlu mengatur bahasa masukan terlebih dahulu.

Cara Mengetik Hangul

sc: Youtube – Conversational Korean

Hangul, atau dikenal juga sebagai huruf Korea, memiliki sistem penulisan yang unik dan menarik.Salah satu hal yang membuat penulisan Korea menjadi rumit adalah bagaimana huruf Korea digabungkan sebagai campuran vokal dan konsonan. Ketika huruf Hangul digabungkan, biasanya mereka digabungkan secara vertikal sebagai satu suku kata.

Jika kamu tertarik untuk memahami cara mengetik Hangul, artikel ini akan memberikan panduan praktis untuk pemula. Mari kita jelajahi langkah-langkahnya!

1. Persiapkan Keyboard Hangul

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memastikan bahwa kamu memiliki keyboard Hangul. Keyboard ini memiliki karakter Hangul di atas tombol-tombolnya, memudahkan kamu untuk mengetik huruf Korea dengan mudah. Karena penulisan hangul berbeda dengan alphabet, pastikan kamu menggunakan keyboard yang telah dilengkapi denga huruf hangul untuk lebih memudahkanmu saat mengetik.

2. Aktifkan Pengaturan Bahasa Hangul di Komputer

Pastikan bahwa pengaturan bahasa pada komputer kamu telah diubah menjadi bahasa Korea. Ini akan memungkinkan kamu menggunakan keyboard Hangul dengan benar. Kamu dapat mengakses pengaturan bahasa ini melalui kontrol panel atau pengaturan sistem, tergantung pada sistem operasi yang kamu gunakan. Dengan menggunakan pengaturan bahasa ini, kamu bisa dengan mudah mengetik menggunakan huruf hangul.

3. Pahami Tatanan Keyboard Hangul

Sebelum mulai mengetik, penting untuk memahami tatanan keyboard Hangul. Karakter-karakter Hangul dikelompokkan berdasarkan konsonan dan vokal, dan ada metode khusus untuk membentuk suku kata. Pastikan kamu akrab dengan tatanan ini sebelum melangkah lebih jauh. Jadi pastikan kamu mengerti cara menulis dan cara membaca hangul sebelum mulai mengetik menggunakan huruf hangul. 

4. Gunakan Fungsi Konsonan dan Vokal

Ketika mengetik Hangul, kamu akan menggabungkan konsonan dan vokal untuk membentuk karakter. Biasanya, konsonan ditempatkan di bagian kiri dan vokal di bagian kanan. Cobalah untuk berlatih menggabungkan keduanya untuk membuat karakter Hangul yang diinginkan. Berbeda dengan Bahasa Indonesia yang tersusun rapi urut sesuai pilihan hurufnya, Bahasa Korea memiliki penggabungan beberapa huruf hangul untuk membentuk suatu kata atau kalimat. 

5. Gunakan Metode Input Hangul

Ada beberapa metode input Hangul yang dapat kamu pilih, termasuk metode romanisasi dan metode keyboard. Pilihlah metode yang paling nyaman bagi kamu dan terus latih penggunaannya. Gunakan juga “sugessting word” atau kata yang disarankan untuk memudahkanmu dalam menulis menggunakan hangul. 

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu akan segera dapat mengetik Hangul dengan lancar. Jangan ragu untuk berlatih secara teratur untuk meningkatkan kecepatan dan ketepatan kamu. Selamat menikmati petualangan mengetik Hangul!

Baca juga: Cara Menulis Arab di Laptop Windows Beserta Harakatnya!

Cara Mengatur Keyboard Hangul di Laptop

Untuk mengetik Hangul di keyboard laptop atau smartphone, kamu perlu mengatur bahasa masukan terlebih dahulu. Berikut adalah cara mengatur bahasa masukan di Windows 10:

  • Buka Settings.
  • Klik Time & Language.
  • Klik Language & Region.
  • Klik Add a language.
  • Pilih Bahasa Korea (Korea Selatan).
  • Klik Next.
  • Pilih Bahasa Korea (Korea Selatan) lagi.
  • Klik Install.

Panduan Menulis Hangeul

Hangul atau Hangeul ditulis secara horizontal dari kiri ke kanan, seperti bahasa Inggris dan Indonesia. Satu suku kata terdiri dari minimal satu huruf konsonan awal, satu huruf vokal tunggal atau gabungan, dan satu huruf konsonan akhir (jika ada). Suatu kata terdiri dari satu atau lebih suku kata. Hangeul juga memiliki aturan penggabungan antara huruf konsonan dan vokal untuk membentuk suara gabungan.

Penggunaan Hangeul dalam Kosakata. Hangeul digunakan dalam semua kosakata Korea, termasuk nama orang, nama tempat, nama profesi, dan masih banyak lagi. 

Berikut adalah tabel Hangul (huruf Korea) beserta pelafalannya:

Konsonan Awal Konsonan Akhir Vokal Tunggal Gabungan Vokal
ㄱ (g/k) ㅏ (a) ㅑ (ya)
ㄴ (n) ㅓ (eo) ㅕ (yeo)
ㄷ (d/t) ㄱ (g/k) ㅗ (o) ㅛ (yo)
ㄹ (r/l) ㄴ (n) ㅜ (u) ㅠ (yu)
ㅁ (m) ㄹ (l) ㅡ (eu)
ㅂ (b/p) ㅁ (m) ㅣ (i)
ㅅ (s) ㅂ (b/p)
ㅇ (ng) ㅅ (s)
ㅈ (j/ch) ㅇ (ng)
ㅊ (ch)
ㅋ (k)
ㅌ (t)
ㅍ (p)
ㅎ (h)

Catatan:

  • Konsonan akhir (batchim) hanya muncul pada akhir suku kata.
  • Gabungan konsonan akhir (ssang batchim) tidak tercantum pada tabel.
  • Gabungan vokal hanya terdiri dari dua huruf vokal tunggal atau gabungan.

Baca juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Keyboard Laptop Mengetik Sendiri!

Apa itu Konsonan Ssang Batchim?

Konsonan Ssang Batchim (쌍받침) adalah gabungan dua konsonan akhir (batchim) dalam bahasa Korea yang muncul pada akhir suku kata. Huruf-huruf yang dapat membentuk konsonan Ssang Batchim adalah ㄲ (kk), ㄸ (tt), ㅃ (pp), ㅆ (ss), ㅉ (jj).

Contoh kata-kata yang mengandung konsonan Ssang Batchim antara lain:

  • 꽃 (kkot) = bunga
  • 땀 (ttam) = keringat
  • 빨강 (ppalgang) = merah
  • 싫다 (ssitda) = tidak suka
  • 빨리 (ppalli) = cepat
  • 줍니다 (jum-nida) = memberikan (bentuk sopan dari 돕다/doepda)

Penggunaan konsonan Ssang Batchim biasanya diatur dalam aturan tata bahasa Korea, seperti dalam konjugasi kata kerja dan perubahan suku kata ketika disambung dengan partikel. 

Karena itu, penting bagi pelajar bahasa Korea untuk memahami penggunaan dan pelafalan konsonan Ssang Batchim dalam berbicara dan menulis. Berikut adalah tabel Ssang Batchim (Konsonan Akhir Ganda) dalam bahasa Korea beserta pelafalannya:

Konsonan Awal Konsonan Akhir Ganda Pelafalan Contoh
ㄱ (g/k) ㄲ (kk) K-k 꽃 (kkot) = bunga
ㄷ (d/t) ㄸ (tt) T-t 땀 (ttam) = keringat
ㅂ (b/p) ㅃ (pp) P-p 빨리 (ppalli) = cepat
ㅅ (s) ㅆ (ss) S-s 싫다 (ssitda) = tidak suka
ㅈ (j/ch) ㅉ (jj) Ch-ch 끓다 (kkotda) = mendidih

Catatan:

  • Konsonan Akhir Ganda (Ssang Batchim) hanya muncul pada akhir suku kata.
  • Huruf konsonan awal (Jongseong) memiliki pengaruh terhadap pelafalan konsonan akhir ganda.
  • Beberapa kata kerja dan kata sifat tidak memiliki bentuk Ssang Batchim.

Penulisan Angka dalam Bahasa Korea

Penulisan angka dalam bahasa Korea menggunakan sistem penulisan angka dengan huruf Korea (Hanja) dan sistem penulisan angka dengan huruf Latin (alfabet). Meskipun sistem penulisan angka dengan huruf Korea jarang digunakan, namun penting untuk dipelajari karena masih digunakan pada beberapa kesempatan formal seperti dalam dokumen resmi, kalender Korea tradisional (lunisolar), dan nama-nama tempat.

Berikut adalah daftar angka dari 1 sampai 10 dalam bahasa Korea dengan sistem penulisan angka menggunakan huruf Korea (Hanja) dan huruf Latin (alfabet):

Angka Huruf Korea (Hanja) Huruf Latin (Alfabet)
1 일 (一) il
2 이 (二) i
3 삼 (三) sam
4 사 (四) sa
5 오 (五) o
6 육 (六) yuk
7 칠 (七) chil
8 팔 (八) pal
9 구 (九) gu
10 십 (十) sip

Perlu diingat bahwa dalam bahasa Korea, angka dibaca secara berbeda-beda tergantung pada konteks penggunaannya. Misalnya, angka 1-4 (일, 이, 삼, 사) dibaca dengan cara yang berbeda ketika digunakan dalam hitungan bilangan atau jam. Selain itu, ada pula cara membaca angka dengan pengucapan khusus yang digunakan dalam pembacaan kalender Korea tradisional (lunisolar).

Dalam penulisan huruf Latin (alfabet), angka diawali dengan konsonan untuk menyatakan puluhan (sepuluh, dua puluh, tiga puluh, dan seterusnya) dan diikuti dengan huruf vokal untuk menyatakan satuan (satu, dua, tiga, dan seterusnya). Sebagai contoh, angka 27 ditulis sebagai 이십칠 (i-sip-chil) dan angka 48 ditulis sebagai 사십팔 (sa-sip-pal).

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Keyboard Hp Terbaik Anti Typo

Tips Mengetik Hangul

sc: youtube – Korean Unnie 한국언니

Menulis dan mengetik menggunakan hangul memang tidak semudah kelihatannya. Karena memahami huruf hangul cukup berat terutama bagi mereka yang baru belajar memahami Bahasa Korea. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk mengetik Hangul dengan lancar:

  • Belajarlah cara membaca dan menulis Hangul terlebih dahulu. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mengetik Hangul dengan benar.
  • Berlatihlah secara rutin. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin lancar kamu mengetik Hangul.
  • Gunakan aplikasi belajar Hangul. Ada banyak aplikasi belajar Hangul yang tersedia di internet. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu kamu untuk belajar Hangul dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel terkait:

Januari 19, 2024

Januari 11, 2024

Agustus 3, 2022

Januari 25, 2022

November 12, 2021

About the author, Arini Rizki Fauziah