Cara Membuat WA Bisnis untuk Pelaku UMKM

Januari

3

0 comments

JETE IndonesiaPara pelaku usaha UMKM kini semakin meningkat. Berdsarkan data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia melalui website resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, disebutkan jumlah UMKM hingga bulan Maret 2021 saja mencapai 64,2 juta. Dari angka tersebut menyumbang pendapatan negara hingga Rp8.573 triliun.

Di era pandemi, para pelaku usaha tersebut pada umumnya memaksimalkan pada channel atau platform online dalam promosi dan menawarkan produk. Salah satunya dengan menggunakan WhatsApp Business. Lantas, bagaimana cara membuat WA bisnis ini bagi pemilik UMKM agar mampu bersaing? Simak ulasannya di artikel ini JETE Lovers.

Cara Membuat WA Bisnis Mudah

cara membuat WA bisnis

Cara membuat WA bisnis sebenarnya bisa dilakukan di berbagai smartphone. Baik itu dengan sistem operasi Android maupun iOS. Adapun cara beserta langkah yang dapat dilakukan yakni:

  1. Download aplikasi WhatsApp Business melalui PlayStore maupun AppStore di smartphone.
  2. Install aplikasi tersebut dan tunggulah beberapa saat hingga terpasang. Bacalah peraturan dan klik persetujuan dari syarat WhatsApp Business.
  3. Untuk nomor yang akan digunakan, Anda dapat memilih menggunakan dan mendaftarkan nomor khusus baru atau dengan nomor pribadi selama ini. Apabila memilih nomor baru, Anda perlu klik “Use a Different Number”.
  4. Tunggu beberapa saat hingga pihak WhatsApp mengirim kode verifikasi sebanyak enam digit pada nomor yang didaftarkan.
  5. Langkah berikutnya ialah isilah profil usaha Anda di WhatsApp Business tersebut. Masukkanlah informasi yang memudahkan konsumen nantinya.
  6. Setelah pada tahap tersebut, akun WA bisnis sudah aktif dan bisa digunakan.
  7. Agar lebih dikenal, Anda perlu memasukkan profil lengkap. Mulai dari foto profil usaha misalnya logo usaha, nama pada tampilan, deskripsi usaha, dan alamat yang jelas. Jangan lupa foto produk atau jasa yang dijual pada fitur ‘Katalog‘.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menggunakan WhatsApp Multi Device

Fitur yang Ada di WA Bisnis

cara membuat WA bisnis - Fitur WA bisnis

Selain mengetahui cara membuat WA bisnis di atas, penting pula bagi Anda mengetahui beberapa fitur unggulan yang dimilikinya. Beberapa fitur utama dan kegunaan di WhatsApp Business ini adalah sebagai berikut:

  1. Pertama ada fitur katalog. Di mana pada fitur ini memiliki kegunaan memudahkan pengguna menampilkan barang maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga, pembeli lebih mudah melihatnya. Anda dapat memberikan keterangan atau menyembunyikan barang jika stoknya sudah habis.
  2. Kedua yakni fitur keranjang. Biasa digunakan oleh pelanggan untuk membeli produk yang diinginkan. Jadi, pembeli bisa memilih produk dengan mudah dan memasukkannya ke fitur tersebut dan tersambung di ruang obrolan pelaku bisnis.
  3. Ketiga, terdapat fitur label. Fungsinya untuk mengelola chat agar mudah dalam merespon calon pembeli atau konsumen. Kerennya, dengan fitur ini Anda bisa mengkategorikan berbagai pertanyaan dari konsumen lama maupun konsumen baru.
  4. Fitur yang keempat ialah profil bisnis. Di sini, Anda dapat mencantumkan informasi tentang usaha yang dijalankan. Misalnya situs web, email, link marketplace, dan sebagainya untuk meyakinkan calon konsumen atau pembeli.
  5. Terakhir WhatsApp Business memiliki fitur pesan otomatis. Fungsinya memudahkan pengguna dalam membalas pesan dengan pengaturan waktu khusus. Termasuk memberikan sapaan dan informasi lainnya.

Baca juga: 7 Fitur Baru WhatsApp Ini Diprediksi Rilis Tahun 2022

Penutup

01. whatsapp

Itu dia JETE Lovers, cara membuat WA bisnis yang bisa Anda coba. Khususnya bagi para pelaku usaha dan UMKM agar semakin maju dan berkembang di era digital. Terutama dalam merespon konsumen lebih cepat dan lebih baik. Kini, saatnya Anda membuat dan rasakan manfaatnya bagi penjualan.

Agar semakin nyaman menggunakan WhatsApp Business dalam menjalankan usaha, ada baiknya gunakan pula perangkat aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank untuk menjaga daya baterai tetap prima, headset dalam melakukan panggilan, holder, hingga pelindung layar.

Dapatkan segera di outlet resminya di berbagai kota di Indonesia atau bisa juga pembelian di marketplace resmi kami. Termasuk pembelian secara online di distributor utamanya seperti Doran Gadget yang memberikan banyak promo menarik. Kunjungi Instagram JETE Indonesia untuk melihat katalog dan promo menariknya.

Artikel terkait:

Februari 20, 2024

Februari 3, 2024

Februari 3, 2024

Januari 27, 2024

Januari 20, 2024

Januari 20, 2024

About the author, Irfantoni Listiyawan