Bukan Hal yang Sama, Ini Perbedaan Telepon Seluler dan Smartphone

Maret

7

0 comments

JETE Indonesia – Saat ini perangkat telepon yang digenggam seringkali mendapatkan julukan yang sama, entah itu ponsel, handphone, atau smartphone. Padahal meskipun memiliki fungsi dan bentuk fisik yang hampir sama, namun sebenarnya ada perbedaan antara telepon dan smartphone. Apa saja perbedaan di antara keduanya? Simak selengkapnya berikut ini! 

Perbedaan Telepon dan Smartphone

 Perbedaan  Ponsel  Smartphone
 Tampilan UI  Sederhana  Kompleks dan rumit
 Keyboard  Ada keyboard fisik  Sudah Full Touch-Screen
 Sistem Operasi  Tidak ada  Ada
 Akses Internet dan Jaringan  Jaringan masih 2G  Jaringan sudah bisa hingga 5G
 Harga  Jauh lebih murah dari smartphone  Jauh lebih mahal dari telepon seluler

Baca juga: Mengintip Smartphone Android Pertama yang Muncul 13 Tahun Lalu

"JETE Special Offer" dapatkan Diskon up to 70% smartwatch, tws, headphone, speaker dan dapatkan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb [Klik Di sini]

Perbedaan Antarmuka Telepon dan Smartphone

Telepon seluler atau ponsel cenderung menggunakan keyboard fisik dan dari segi ukuran bodi perangkat, kebanyakan bentuknya lebih kecil daripada smartphone. Fitur dan antarmuka yang diberikan pada ponsel juga masih sederhana dan tidak rumit. Untuk jaringannya sendiri hanya mendukung sistem jaringan 0G-2G. 

Berbeda dengan smartphone yang memiliki bentuk lebih besar, perangkatnya memiliki fungsi yang lebih kompleks termasuk dengan desain antarmuka dan sistem operasi yang disematkan. Smartphone sudah full touchscreen dengan akses internet yang mendukung hingga jaringan 5G. 

Sejarah Ponsel & Sejarah Smartphone

Seperti yang diketahui, smartphone adalah bentuk perkembangan dari telepon seluler (ponsel) yang sudah ada sejak tahun 1940. Ponsel pertama yang diciptakan berasal dari brand asal Amerika Serikat, Motorola. 

Sedangkan smartphone pertama kali muncul pada tahun 1992, diciptakan oleh perusahaan asal Amerika Serikat, IBM. Smartphone pertama tersebut diberi nama SPC (Simon Personal Communicator). Namun smartphone menjadi terkenal sejak dirilisnya iPhone dari Apple. 

Hingga saat ini keduanya memang semakin membuat kemajuan. Smartphone yang mendominasi pasaran tentu saja dibuat dengan secanggih mungkin dengan berbagai fitur-fitur yang memudahkan manusia. Telepon seluler juga ikut berkembang. Kini ponsel telah dibekali dengan beberapa fitur tambahan seperti game, e-mail, kalender, dan lainnya. 

Baca juga: Wajib Dihindari, Ini 10 Hal yang Memicu Smartphone Terbakar

Semakin Banyak Varian Smartphone

Saat ini ponsel memang sudah jarang digunakan, banyak orang yang beralih menggunakan smartphone karena tuntutan jaman. Hampir semua orang beralih ke smartphone, terlebih lagi dalam tahun ini banyak provider jaringan yang akan menggencarkan sinyal 4G dan tidak lagi melakukan sinyal 3G yang artinya banyak orangyang akan beralih ke versi smartphone yang lebih maju. 

Ponsel memang identik dengan 2G, namun juga ada beberapa ponsel modern yang juga mendukung sinyal 3G. Namun karena smartphone bisa digunakan untuk sinyal 2G hingga 5G, membuat banyak orang mulai meninggalkan telepon yang sudah lama ada di pasaran. 

Baca juga: Cara Memilih Power Bank yang Bagus Untuk Smartphone

Beli Aksesoris Smartphone Terbaik di JETE Indonesia 

Ada banyak kemudahan ketika Anda menggunakan smartphone, mulai dari telepon, chatting, mendengarkan musik, menonton film, hingga bermain game. Agar lebih nyaman saat menggunakan smartphone, Anda bisa menggunakan aksesoris smartphone terbaik dari JETE.

Ada banyak pilihan aksesoris yang tersedia, mulai dari stand holder untuk meletakkan smartphone saat Anda ingin menonton film, ada headset dan tws yang bisa Anda gunakan untuk sekedar mendengarkan musik atau bermain game, hingga powerbank yang bisa membuat Anda bisa mengisi daya smartphone dimanapun dan kapanpun. Segera pilih aksesoris favorit Anda di outlet resmi JETE Indonesia atau melalui distributor resmi Doran Gadget.

Artikel terkait:

Februari 12, 2024

Januari 30, 2024

Januari 25, 2024

Desember 6, 2023

November 23, 2023

November 13, 2023

About the author, Arini Rizki Fauziah

"JETE Special Offer" - Diskon up to 70% smartwatch, headphone, tws, speaker dan Voucher Disc up to 200rb serta Bonus Senilai 300rb