Bagaimana Cara Kerja Noise Cancelling pada Headphone?

Bagaimana Cara Kerja Noise Cancelling pada Headphone_

Headphone noise-cancelling atau peredam bising merupakan teknologi audio yang menciptakan keheningan, bukan kebisingan. Produk ini terasa sangat berguna ketika di pesawat, kantor yang ramai, dan tak menutup kemungkinan untuk mereka yang mencoba tidur nyenyak.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara kerja sepasang headphone dapat membuat suara sekitar menjadi hilang? Dalam artikel kali ini, kita akan mengupas tuntas fitur noise-cancelling.

Komponen pertama formula headphone noise-cancelling adalah kontrol kebisingan pasif. Pengontrol tersebut adalah teknologi yang sedikit lebih canggih yang setara dengan meletakkan tangan Anda di telinga Anda untuk menghalangi kebisingan yang masuk.

Ear buds atau headphone tertentu dibentuk secara khusus untuk tujuan secara fisik mencegah gelombang suara mencapai telinga Anda. Ini adalah tipe-tipe yang umumnya dipasarkan sebagai noise-isolating atau “pengisolasi kebisingan”.

Caranya adalah membuat segel eksternal yang lebih dekat di sekitar telinga Anda dan menggunakan bahan penyerap suara seperti busa berkepadatan tinggi, seperti pada headphone. Cara lainnya, yakni sekadar menyesuaikan bentuk saluran telinga Anda dengan lebih baik, seperti yang dilakukan ear buds dalam telinga, aksesori noise-isolating dapat memblokir hingga 20 desibel suara sekitar.

Ketika suara 20 desibel tidak akan cukup mengurangi ketenangan, headphone noise-cancelling masuk dengan kontrol derau aktif, atau ANC. Dipelopori oleh lulusan MIT dan pendiri Bose Corporation Amar Bose dan terinspirasi oleh suara mesin jet yang tidak tertahankan pada penerbangan trans-Atlantik, teknologi ANC adalah yang membedakan headphone noise-cancelling dan headphone noise-isolating.

Daripada hanya mencegah suara luar yang tidak diinginkan dari mencapai telinga pendengar, ANC menggunakan “gangguan destruktif” untuk meredam kebisingan sekitar. Proses ini melibatkan penempatan mikrofon sedekat mungkin ke tempat suara akan memasuki telinga, yang akan menangkap frekuensi suara yang masuk. Headphone kemudian akan menghasilkan frekuensi 180 derajat keluar dari fase dengan noise yang tidak diinginkan — output “anti-noise” yang secara langsung membatalkan input.

Sementara ANC paling efektif pada frekuensi yang lebih rendah, headphone noise-cancelling dapat mengurangi kebisingan keseluruhan hingga 80 desibel sehingga Anda bisa mendapatkan setidaknya sedikit kedamaian dan ketenangan dalam waktu lama.

Headphone noise-cancelling memang sangat cocok bagi mereka yang ingin berkonsentrasi dari kebisingan sekitar. JETE memiliki rekomendasi headphone noise-cancelling, seperti Extreme dan JETE-08. Tak hanya untuk headphone, fitur noise-cancelling juga sering dibutuhkan pada headset gaming, seperti JETE-G1, JETE-G2, dan JETE G-3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Whatsapp