Aplikasi Pengganti Twitter: Mastodon Vs BlueSky, Mana yang Lebih Baik?

JETE Indonesia –  Sejak Twitter diambl alih oleh Elon Musk ada banyak kontroversi yang terjadi. Beberapa waktu yang lalu sempat trending hastag #RIPTwitter dimana banyak yang mengira Elon akan menutup Twitter meskipun kenyataannya hingga saat ini Twitter masih baik-baik saja. Namun karena rumor tersebut, banyak pengguna yang mulai mencari aplikasi pengganti Twitter. 

Dari berbagai macam aplikasi pengganti Twitter, Mastodon dan BlueSky menjadi nama yang paling banyak disebutkan. Mastodon memiliki UI/UX yang mirip dengan Twitter versi lama sedangkan BlueSky merupakan platform buatan Jack Dorsey yang merupakan pendiri dan mantan CEO Twitter. 

Apa itu Mastodon?

Mastodon merupakan layanan media sosal gratis yang sangan mirip dengan Twitter. Kamu bisa mengirim tootst (mirip dengan sebutan untuk tweet), mengikuti orang, memarkah postingan (like), hingga boost (retweet) postingan orang lain. 

Bukan merupakan aplikasi baru, Mastodon telah dirilis pada Oktober 2016 lalu oleh Eugen Rochko yang merupakan CEO dan satu-satunya karyawan di Mastodon gGmbH. Platform ni bersifat open source sehingga pengguna bisa berkontribusi pada kode dasar Mastodon, memeperbaiki bug, menambah fitur b aru, dan lainnya. 

Untuk bisa menggunakanya kamu bisa mengunduh aplikasinya mellaui AppStore dan PlayStore. Cara daftar Mastodon juga mudah seperti daftar sosial media pada umumnya. Cukup masukkan username, email, password, dan pilih server untuk bisa menggunakannya. 

Baca juga: Harga dan Cara Menggunakan E-Meterai dengan Mudah

Apa Itu BlueSky?

Bagi yang belum tahu, mantan pendiri dan CEO dari Twitter yaitu Jack Dorsey membuat platform media sosial terbarunya. Saat ini kamu sudah bisa mendaftarkan email kamu untuk mengikuti pengujian versi beta yang akan diluncurkan dalam waktu dekat. Disebutkan sudah ada 30 ribu perndaftar yang akan mengikuti versi beta ini. 

Platform ini sebenarnya sudah diperkenalkan Jack Dorsey sejak ia masih menjabat menjadi CEO Twitter pada 2019 lalu. Sama seperti Mastodon, BlueSky juga dibangun menggunakan perangkat lunak opensource sehingga tidak akan ada perusahaan yang memilikinya. 

Untuk membuat BlueSky, Jack Dorsey menyewa tim yang terdiri dari 5 pembuat kode untuk membangun platform, membuat algoritam, dan mengontrol apa yang dilihat pengguna ketika mereka menggunakan platform. 

Sesuai dengan tema awalnya, BlueSky diharapkan menjadi platform media sosial yang tersedia saat ini dan di masa depan. Jadi bagi kamu yang memiliki akun di Facebook, Instagram, atau Twitter bisa berinteraksi dengan semua pengguna lainnya melalui BlueSky. 

Masih belum pasti kapan versi resmi BlueSky akan meluncur, namun mereka telah membuka pendaftaran bagi kamu yang ingin mencoba versi beta mereka. Dengan konsep desntralisasinya, BlueSky diprediksi mampu berdampak besar pada ekonomi data pribadi dunia dan akan menjadi pesaing bagi perusahaan manapun yang memiliki dasar-dasar yang mendasari media sosial. 

Baca juga: Apa Itu WA GB dan Perbedaannya dengan WA Biasa?

Penutup 

Setelah mengetahui apa itu BlueSky dan Mastodon, mana nih yang menurut kamu jadi aplikasi terbaik pengganti Twitter? Apapun pilihan kamu, jangan lupa gunakan powerbank dari JETE yang dijamin bakal bikin kamu betah main media sosial seharian tanpa takut baterai habis nih. Semua produk JETE bisa kamu dapatkan di sini atau hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut di sini. 

× WhatsApp