Ini 4 Jenis Aplikasi yang Bikin HP Jadi Lemot

Maret

24

0 comments

JETE IndonesiaAplikasi yang bikin HP lemot memang cukup menyebalkan. Terlebih lagi pada saat digunakan untuk aktivitas yang memerlukan multitasking secara cepat. Hal itu akan mengganggu pengguna dan secara perlahan akan menghambat kinerja HP bahkan menyebabkan terjadinya lag. Apa saja aplikasi yang bisa bikin HP lemot tersebut? Berikut ulasannya!

Aplikasi yang Bikin HP Lemot

Sebenarnya, aplikasi yang bikin HP lemot bisa berasal dari aplikasi bikinan pihak ketiga maupun aplikasi bawaan dari pabrikan. Untuk lebih mengetahui jenis aplikasi apa saja, berikut di antaranya.

1. Aplikasi Game

aplikasi yang bikin hp lemot (1)

Pertama adalah jenis aplikasi game. Memang, game yang terpasang di HP dapat mengusir kepenatan. Akan tetapi beberapa jenis game tertentu memerlukan ruang yang cukup besar. Sebut saja Mobile Legends, PUBG Mobile, Call of Duty, dan sebagainya memerlukan memori berkapasitas besar.

Bila HP hampir penuh, dan dipaksa untuk membuka game tersebut maka kinerjanya akan menurun dan tidak optimal. Apalagi pembaruan-pembaruan di aplikasi game terkadang memerlukan daya dan ruang cukup besar pula. Tak hanya boros ruang saja, tetapi juga boros baterai.

2. Aplikasi Sosmed dan Pesan

01. whatsapp

Kedua, aplikasi sosmed maupun perpesanan juga disinyalir dapat membuat HP Android jadi makin lemot. Misalnya saja Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram, dan lainnya. Adanya pembaruan notifikasinya juga membuat kinerjanya semakin menurun.

Saat aplikasi terus mengirim notifikasi dan melakukan pembaruan yang ada pada latar belakang layar, tentu ini akan berdampak pada penggunaan memori HP cukup besar. Inilah yang membuat memori ponsel terus bekerja.

Baca juga: Download 5 Aplikasi Pelacak Nomor Tak Dikenal, Gratis!

3. Aplikasi yang Bikin HP Lemot Bisa dari Bawaan Pabrikan

aplikasi yang bikin hp lemot (2)

Ketiga, disadari atau tidak aplikasi bawan dari pabrikan ternyata juga bikin HP jadi lemot JETE Lovers. Biasanya, aplikasi ini dibawa oleh brand besar seperti Samsung dengan beberapa aplikasi seperti Samsung Link, Bixby Apps, Samsung Push, dan sebagainya.

Aplikasi tersebut dikenal dengan istilah bloatware, dengan artian aplikasi yang memenuhi memori namun penggunaannya jarang. Anda bisa menghapus atau menonaktifkan aplikasi tersebut. Dengan begitu, memori memiliki ruang yang cukup.

4. Pembersih Cache

aplikasi yang bikin hp lemot

Terakhir adalah aplikasi pembersih cache seperti Clean Master. Aplikasi tersebut menawarkan keunggulan untuk meningkatkan kinerja HP dengan menghapus data sementara (cache) dan menjadikan HP tidak lemot kembali. Namun apakah semua aplikasi tersebut bebas lemot karena menghpaus data sementara tak terpakai?

Tentu tidak, beberapa jenis aplikasi ini justru sebaliknya. Aplikasi itu akan terus berjalan pada latar belakang. Jika Anda tak jeli, terkadang aplikasi penghapus cache disusupi dengan malware. Apabila malware sudah menyebar di HP, maka akan dapat mengambil data penting.

Baca juga: 8 Rekomendasi Aplikasi untuk Pelajar, Wajib ada di HP!

Penutup

Setidaknya itu dia JETE Lovers untuk jenis aplikasi yang bikin HP lemot. Usahakan untuk gunakan aplikasi seperlunya saja ya sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas sehari-hari. Matikanlah aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat kapasitas penyimpanan maupun baterai hingga kuota data. Lalu, hapuslah cache secara berkala untuk meningkatkan kinerja.

Agar tetap nyaman menggunakan HP sepanjang hari, lengkapi pula kebutuhan Anda dengan aksesoris gadget terbaik dari JETE Indonesia. Mulai dari powerbank, headset, charger, hingga kabel data, serta pelindung layar. Termasuk holder untuk menikmati konten favorit.

Artikel terkait:

September 16, 2023

September 15, 2023

September 7, 2023

September 2, 2023

Agustus 28, 2023

Agustus 23, 2023

About the author, Irfantoni Listiyawan

× WhatsApp